pesantren terbaik di NTB

5 Keistimewaan Pesantren Krapyak Al Munawwir Yogyakarta

Posted by

Pesantren Krapyak Al Munawwir  | Jika Anda belum familiar dengan nama pesantren Krapyak Yogyakarta, di artikel ini kami akan mengajak Anda untuk mengenal beberapa keistimewaan pesantren di Bantul yang menarik untuk disimak. 

Pondok Pesantren (Ponpes) Al Munawwir adalah sebuah pesantren yang terletak di Desa krapyak Al Munawwir Kulon, Yogyakarta. Pesantren ini berdiri pada tahun 1990 dengan pendirinya adalah seorang ulama bernama Kyai Haji Ali Maksum. 

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang pesantren ini, mari simak beberapa keistimewaan pesantren Al Munawwir yang kami sajikan di bawah ini:

Sejarah Pondok Pesantren Krapyak Al Munawwir

Pondok Pesantren Ali Maksum krapyak Al Munawwir adalah lembaga pendidikan sekaligus sosial keagamaan di bawah naungan Yayasan Ali Maksum krapyak Al Munawwir Yogyakarta.

Berdiri pada tahun 1990, pondok pesantren ini menjadi badan hukum pelanjut amal usaha almarhum Kyai Haji Ali Maksum dalam kiprah perjuangannya selama hidup. 

pesantren krapyak Al Munawwir Yogyakarta

KH. Ali Maksum  adalah seorang ulama yang memiliki peran besar dan berwibawa dalam mengelola pondok pesantren ini. Sebagai pemimpin, KH. Ali Maksum melakukan pengembangan ajaran-ajaran Islam yang sebelumnya dianggap kurang di pondok pesantren ini. 

Kemajuan pun terjadi dengan pesat, terlihat dari didirikannya Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, Madrasah Diniyah, Taman Kanak-Kanak, Pendidikan Al-Qur’an bil hifdzi dan bil ghaib (menghafalkan Al-Qur’an), dan TPA.

Identitas Pendidikan di Ponpes Krapyak Yogyakarta

Pondok Pesantren Krapyak Bantul ini memiliki visi dan misi utama untuk mentransformasikan kebudayaan pesantren ke dalam ummat dan masyarakat.

Transformasi itu dijalankan dengan tetap berpegang pada keyakinan bahwa agama merupakan satu-satunya wasilah untuk mendapatkan ridha Allah bagi kebahagiaan dunia dan akhirat.

Secara strategis, hal ini dicapai dengan menyiapkan generasi yang alim wa mutafaqqih fiddin dan masyarakat santri yang religius, berwawasan luas, dan senantiasa menjadi rahmatan lil’alamin bagi lingkungannya.

Kurikulum di Pondok Pesantren Krapyak Al Munawwir

Pondok Pesantren Al Munawwir adalah lembaga pendidikan yang menerapkan sistem salaf dan hingga saat ini mampu bertahan dan terus berkembang dalam kiprahnya. 

Tak hanya mengkhususkan pendidikannya dalam bidang Al-Qur’an saja, Pondok Pesantren Tradisional ini juga mempelajari bidang lain, seperti kitab-kitab kuning (kutubussalaf assholih). Perkembangan tersebut kemudian disusul dengan penerapan sistem madrasah (klasikal).

keistimewaan pesantren Krapyak Yogyakarta adalah bagaimana Al-Qur’an selalu dirayakan dengan semarak, seperti melalui pengajian talaqqi secara tahqiq setiap pagi bersama Mbah Najib, sorogan bacaan Al-Qur’an (binnazhar) di komplek masing-masing, dan juga setoran hafalan (bilhifzhi) di komplek-komplek tahfizh

Selain itu, setiap pekan juga ada simakan tartilan Al-Qur’an yang bisa diikuti tiap Sabtu Wage. Oleh sebab itu pesantren ini dikenal sebagai salah satu pesantren terbaik di Yogyakarta. Bahkan tercatat di banyak sejarah pesantren di Indonesia karena pendirinya nyantri di pesantren ini. 

Kelebihan Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta

Salah satu keistimewaan pesantren Krapyak Al Munawwir adalah prestasi-prestasi yang berhasil ditorehkan oleh para santri dari pondok pesantren ini. Salah satunya adalah lomba Musabaqoh Qiroatil Kutub (MQK) V di Jambi.

Pada ajang perlombaan tersebut, Pondok Pesantren ini berhasil mengirimkah 15 santri terbaiknya mewakili Provinsi DIY dalam ajang bergengsi tahunan Kementrian Agama ini dan mendapatkan 5 gelar. 

Diantaranya yaitu juara 2 putri dan juara 3 putra di bidang tarikh (sejarah) tingkat Ulya. Selain itu juga didapatkan juara 3 bidang ushul-fiqh ulya dan juara 3 bidang hadits wutsha, dan juara harapan 1 di bidang balaghah ulya. Sehingga sampai sekarang banyak santri berasal dari seluruh Indonesia

Suasana di Pesantren Krapyak Putra Putri Al Munawwir

keistimewaan pesantren krapyak Al Munawwir yang terbaik selanjutnya adalah suasana dari pondok pesantren ini sendiri. Terletak di tengah-tengah perkampungan, para santri diajarkan tentang kesederhanaan dan bagaimana membaur serta dekat dengan masyarakat sekitar.

Anda tentu mengetahui bagaimana indahnya suasana Yogyakarta yang menjadi salah satu destinasi wisata, dan kota untuk tempat para pensiun di Indonesia. Maka santrinya pun nyaman. 

Alamat Lengkap Pesantren di Bantul

Pondok Pesantren Al Munawwir beralamatkan di Jl. KH Ali Maksum krapyak Al Munawwir Kulon, Panggungharjo, Sewon, Bantul, D.I. Yogyakarta. Tidak sulit untuk sampai di pesantren ini. 

Anda juga bisa memperoleh informasi dan kegiatan yang lebih lengkap dengan mengakses website resmi dari Pondok Pesantren krapyak Al Munawwir di krapyak di sini.

Biaya Pondok Pesantren Krapyak Al Munawwir

keistimewaan pesantren Al Munawwir Yogyakarta. yang selanjutnya adalah rincian biaya pendidikan beserta fasilitas lengkap yang diberikan. Tahun pertama (daftar ulang) MTs adalah Rp2.000.000 (IPP), Rp5.800.000 (PPKP), dan Rp2.700.000 (Syahriyah 3 bulan). 

Sedangkan untuk tingkat MA, rincian biayanya adalah Rp2.000.000 (IPP), Rp6.300.000 (PPKP), dan Rp2.700.000 (syahriyah 3 bulan). Untuk wilayah Yogyakarta termasuk standard. 

Paket Penunjang Kegiatan Pendidikan (PPKP) terdiri dari uang pangkal, 4 stel seragam madrasah, seragam asrama, kitab pengajian, dana kesehatan, dan dana kesehatan santri. 

Sedangkan IPP adalah Infaq Pengembangan dan Pembangunan. Selanjutnya, biaya bulanan atau syahriyah baik untuk MTs maupun MA adalah Rp900.000, termasuk biaya madrasah, asrama, pengajian, makan 3 kali sehari dan cuci pakaian.

Demikian tadi adalah keistimewaan pesantren Al Munawwir yang menarik untuk disimak. Semoga beberapa informasi di atas dapat menjadi pertimbangan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

Referensi: website resmi pesantren dan wikipedia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *