7 Pesantren Terbaik di Grobogan | Salafiyah Biaya Terjangkau

Posted by

Pesantren Terbaik di Grobogan | Nama kota ini tidak begitu populer, begitu juga dengan pondok pesantren di wilayah terluas kedua di Jawa Tengah. Banyak pondok pesantren terbaik tapi sayangnya sedikit yang dikenal secara nasional.

Oleh sebab itu kami ingin mengulas beberapa pesantren terbaik di Grobogan, dasar kami adalah review, rating Google, dan beberapa aspek lain yang melengkapi informasi dasar tentang pesantren di Grobogan dan Purwodadi. 

Pesantren Darut Taqwa Purwodadi

Ini merupakan salah satu pesantren terbaik di Purwodadi, alamatnya di Jl. Kol. Sugiono Jl. Jajar Barat No.64, Jajar, Purwodadi. Pesantren ini sederhana, dengan identitas khas pesantren-pesantren NU di wilayah Jawa Tengah. Berdiri sejak tahun 1952. Letaknya di tengah kota Purwodadi.

Memiliki pendidikan formal di jenjang MTS dan MA. Pesantren ini tidak terlalu besar, namun demikian di sore dan malam hari ada madrasah diniyah untuk pendidikan agama Islam. Sehingga pagi sekolah, sore pesantren, istilahnya demikian. Metode sorogan dan bandongan juga sering digunakan. 

pesantren terbaik di Grobogan

Namun yang cukup identik dari pesantren ini adalah Majelis Thariqah Qodiriyah Naqsabandiyah yang melekat dalam pendidikan pesantren. Sehingga unsur-unsur amalan untuk mendekatkan diri kepada Allah begitu terasa. Pesantren ini juga menyediakan pendidikan untuk putra dan putri. 

Muhammadiyah SMK Boarding School Modern

Berbeda dengan pesantren-pesantren sebelumnya, kali ini lahir dari organisasi Muhammadiyah. Alamatnya di Jl. KH. Ahmad Dahlan Nomor 1, Desa Kalongan, Kecamatan Purwodadi. Lembaga pendidikan ini lebih identik dengan Islamic Boarding School.

Fokus pendidikannya di SMK, jurusannya bermacam-macam. Dari teknik komputer dan jaring, akuntansi, bisnis daring dan pemasaran, dan tata kelola perkantoran. Sedangkan untuk asramanya yang paling identik adalah pembinaan bahasa.

Kampusnya sudah semuanya bisa mengakses internet. Di samping itu juga ada pendidikan tahfidz Quran. Sehingga tidak hanya menyiapkan siswa yang ahli di bidangnya, tapi juga yang berakhlaq Al Quran. Uniknya, banyak prestasi justru di bidang olah raga, seperti Volly dan Bulu Tangkis. 

Ponpes Ki Ageng Serang Penyembuh Orang Gila

Menurut kami ini merupakan pesantren terbaik di Grobogan, terutama karena layanannya tidak biasa, yaitu menyebuhkan orang gila. Alamatnya di Desa Cingkrong, Kecamatan Purwodadi. Pesantren ini prihatin dengan banyaknya penderita ganguan jiwa di wilayah Grobogan.

Pesantren ini menggunakan terapi Al Quran dan ibadah, istilahnya adalah dengan ruqyah. Maka terapinya berupa dibacakan ayat-ayat suci Al Quran dengan cara yang sistematis, mulai dari pagi, siang, sore, dan malam. Cukup telaten sekali. 

Tidak hanya itu, metode secara panti sosial, atau di asramakan juga cukup bagus. Yang perempuan dan laki-laki dipisah. Sehingga tidak hanya terapi ruhani, tapi juga jasmani dilaksanakan dengan baik. Faktanya banyak yang sembuh.

Namun daya tampungnya tidak banyak. Oleh sebab itu jika ada yang kelebihan rizki, mohon luangkan untuk pesantren terbaik di Grobogan yang satu ini. Perjuangannya sungguh luar biasa. Tidak banyak yang bisa melakukan hal demikian. 

Ponpes Hidayatul Mubtadi’in Purwodadi

Satu lagi pesantren terbaik di Grobogan, yaitu Hidayatul Mubtadi’in, alamatnya di Tumenggungan, Genuksuran, Kec. Purwodadi. Pesantren ini berkiblat pada Lirboyo, salah satu pesantren terbaik di Kediri

Sehingga model pendidikannya lebih identik dengan salafiyah, yaitu berbasis kitab kuning dengan penguasaan ilmu alat yang kuat. Bahkan tradisi-tradisi seperti makan bersama khas pesantren tradisional juga dilaksanakan di pesantren ini.

Untuk pendidikan formalnya tersedia jenjang SMP dan SMK. Untuk madrasahnya ada ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah. Di pesantren ini kegiatan-kegiatan semacam shalawatan, ziarah kubur, menjadi salah satu menu yang selalu dibiasakan. 

Untuk biaya masuknya cukup terjangkau, hanya sekitar 1.7 juta rupiah dengan biaya SPP bulanan sebesar 350.000-an. Informasi lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, https://m2phm.blogspot.com/

Pesantren Terbaik Tahfidz Quran Sirajut Tholibin

Satu lagi pesantren terbaik di Grobogan Purwodadi, yaitu pesantren Sirajut Tholibin. Alamatnya di desa Brabo kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Pesantren ini secara identitas adalah salafiyah, mirip dengan model Sidogiri Pasuruan.

Ada tiga jenjang pendidikan, yaitu salafiyah murni. Di mana santri khusus belajar kitab kuning. Kemudian jenjang pendidikan formal namun sore dan malam harinya masuk ke diniyah. Semacam model ula, wustho, dan ulya. Sehingga semua mampu mendalami keilmuan islam.

Nah yang ketiga adalah tahfidz Quran. Menurut kami yang ketiga ini cukup istimewa. Sehingga kami beri judul pesantren tahfidz Quran. Ada jenjangnya, pertama hafal juz amma, kedua adalah membaca tartil bin nadzor sampai khatam. Terakhir baru diizinkan untuk menghafalkan 30 juz dengan pengawasan ketat dari guru di pesantren.

Untuk biaya masuknya juga tidak mahal, sekitar 1.5 juta. Jika kos dan makan, hanya sekitar 160-an ribu setiap bulan. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, https://sirojuth-tholibin.net/.

Ponpes Salafiyah Al Maram Brati

Secara usia mungkin pesantren ini tertua di Grobogan, berdiri sekitar 1900-an, lebih tua dari Gontor Ponorogo (1926). Alamatnya di desa Menduran, Kecamatan Brati, Grobogan. Pesantren ini dari dulu hingga sekarang identitasnya tetap salafiyah murni.

Santrinya lumayan, ada sekitar 115 yang menetap, sedangkan yang sekolah di madrasah sekitar 370-an. Santrinya berasal dari banyak daerah, dari Jakarta hingga Papua. Yang menarik model pendidikannya disamping salafiyah adalah tiga unsur utama, ngaji, jamaah, dan khidmat.

Maksud dari khidmat adalah pengabdian ke masyarakat. Hubungan dengan masyarakat begitu erat, sehingga mereka berlatih berkomunikasi untuk terjun langsung dengan warga. Ini kelebihan yang jarang dimiliki oleh pesantren-pesantren lainnya. Sehingga seperti diciptakan sebagai seorang dai dan kyai di masyarakat. 

Pesantren Tradisional Fadlul Wahid Grobogan

Yang satu ini merupakan pesantren dengan lahan yang cukup luas, 7 hektar. Letaknya di perkampungan, dulunya adalah area pesawahan. Alamatnya di Ngangkruk Bandungsari Ngaringan, Grobogan.

Fokus pembelajarannya adalah salafiyah dari pagi hingga malam. Jenjangnya ada Ibtidaiyah ditempuh dalam jangka waktu dua tahun, Tsanawiyah ditempuh tiga tahun, dan Aliyah juga tiga tahun. Namun ini adalah jenjang kajian kitab.

Meskipun demikian banyak ekstrakulikuler yang bermanfaat. Seperti jurnalistik, mujawwadah, rebana, latihan dakwah santri dan lain sebagainya. Sehingga peminat pesantren ini tidak sedikit. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Grobogan. 

Prestasi dalam kajian kitab kuning juga mentereng. Seperti juara 1 nasional kitab alfiyah, kemudian juara I se-Jateng baca kitab Fathul Mu’in di UIN Semarang. Finalis nasional di Jakarta untuk baca buku Fathul Qorib. 

Daftar Pesantren Bagus di Grobogan Purwodadi

Inilah beberapa pesantren terbaik di Purwodadi Grobogan. Tentu masih banyak pesantren bagus lainnya, seperti Mambaul A’la. Namun demikian karena keterbatasan informasi menjadikan kami hanya mengulas beberapa pesantren.

Memang hampir mayoritas pesantren di Grobogan bernuansa khas salaf dengan kelebihan masing-masing. Tidak banyak pesantren modern di sini.

Jika ada lembaga pendidikan yang ingin direview, kirimkan saja brosur dan biaya pendidikan ke affany1986 at gmail.com. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *