pesantren terbaik di situbondo

11 Pesantren Terbaik di Lampung | NU Gontor Hidayatullah

Posted by

Pesantren terbaik di Lampung | Lampung merupakan wilayah yang sangat unik, karena terdiri dari beragam suku. Oleh sebab itu Lampung dijuluki dengan Sai Bumi Ruwa Jurai, artinya adalah dua golongan masyarakat berada di satu bumi. 

Selain itu Lampung juga dikenal memiliki banyak pesantren terbaik. Seperti pesantren tahfidz Quran, pesantren salafiyah, pesantren tradisional, islamic boarding school, pesantren modern dan lain sebagainya. Berikut kami sajikan beberapa pesantren terbaik di Lampung versi Panduanterbaik.id.  

Salafiyah Darussalamah Way Jepara

Pesantren ini memiliki sifat salafiyah, yaitu pendidikan yang memegang teguh pada kajian kitab-kitab kuning. Beralamat di Way Jepara Lampung Timur, pesantren ini memiliki santri ribuan. 

Salah satu yang membuat pesantren terbaik di Lampung ini kami bahas adalah kedudukannya yang istimewa di Lampung, pesantren penting. Buktinya adalah setiap ada safari politik, hingga presiden, pesantren ini menjadi objek kunjungan. 

Sisi lain yang menjadi aspek penting adalah pimpinan pesantren ini mursyid Thariqah Naqsabandiyah. Jika demikian penekanan pada akhlaq dan akidah menjadi perhatian penting. 

Bisa dikatakan pesantren ini merupakan salah satu pesantren salafiyah terbesar di Lampung. Bisa menjadi pilihan untuk pendidikan, terutama pendalaman kitab kuning dengan metode sorogan dan bandongan. 

Pesantren Al Hikmah Bandar Lampung

Pesantren ini dikenal sebagai pesantren di tengah kota. Alamatnya Jalan Sultan Agung, Gang Raden Saleh, Way Halim Bandar Lampung. Padahal biasanya pesantren berada di pedalaman. 

Mungkin karena di tengah kota itu pula santrinya rata-rata berasal dari Lampung, tidak banyak yang dari luar wilayah. Jenjang yang tersedia ada empat, dari RA hingga Madrasah Aliyah. 

Untuk pendidikan non formalnya khas salafiyah, yaitu diniyah Awaliyah dan Wustho. Yang menarik, pesantren ini memfasilitasi santri yang ingin mendalami keilmuan khusus, seperti Ilmu Falaq, Balaghah dan lain sebagainya.

Jumlah santrinya 400-an, sedangkan luas pesantren sekitar 10 hektar, sangat luas sekali. Untuk anak yatim, atau yatim piatu gratis. Sedangkan biaya bulanan di pesantren ini sebesar Rp600 ribuan. Oleh sebab itu kami masukkan sebagai salah satu pesantren terbaik di Lampung.  

Pesantren Darussaadah Gunungsugih

Pesantren ini berdiri sejak tahun 1986. Beralamat di Kampung Mojoagung, Kecamatan Gunungsugih, Lampung Tengah, pesantren ini memiliki kedudukan sangat penting terutama untuk NU. Salah satunya ditunjuk menjadi tuan rumah muktamar NU ke-34, 2020.

Pesantren ini khas salafiyah dengan pembelajaran diniyah setelah pendidikan formal. Pola pembelajarannya adalah kitab kuning dengan model sorogan dan bandongan. Adapun pendidikan formalnya tersedia MTS dan MA.

Menurut kami yang menarik dari pesantren ini adalah ekstra kulikulernya yang cukup banyak. Bahkan ada pembelajaran bahasa Jepang, selain tentunya pembelajaran bahasa Arab dan Inggris.

Meskipun santrinya belum terlalu banyak, tapi layak menjadi salah satu pilihan pesantren terbaik di Lampung.

Pesantren Gontor Kalianda

Pesantren terbaik di Lampung selanjutnya adalah Gontor 9 yang beralamat di Kubupanglima Desa Tajimalela Kecamatan Kalianda Lampung Selatan. Ini memang cabang Gontor yang di Ponorogo. Oleh sebab itu semuanya sama.

Kurikulum Gontor berbeda dengan diknas atau depag. Kurikulumnya sudah menyatukan antara umum dan agama dalam pendidikan di kelas. Hanya tersedia untuk jejang selepas sekolah dasar. Namanya KMI, lengkapnya di sini.

Gontor memiliki kelebihan di sisi disiplin yang tinggi. Juga komunikasi menggunakan bahasa Arab dan Inggris. Juga alumni-alumninya yang cukup banyak berkiprah di masyarakat. Seperti Din Syamdudin, Hasyim Muzadi, dan lain sebagainya. 

Untuk pendaftaran Anda harus mengeluarkan biaya sekitar 5 jutaan. Sedangkan untuk SPP setiap bulan sebesar 640-an. Lumayan standard. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, Gontor.ac.id

Pesantren Al Mujtama Jati Agung

Jika sebelumnya adalah cabang Gontor, kali ini pesantren Al Mujtama’ adalah pesantren alumni Gontor. Yaitu pesantren yang dirikan oleh santri Gontor yang beralamat di Karangayar, Jatiagung, Lampung Selatan.

Secara kurikulum masih sama, yaitu KMI dan Diknas. Kurikulum mandiri yang sudah menggabungkan antara pendidikan umum dan agama dalam kelas. Namun demikian di pesantren ini ditambah dengan unsur tahfidz Quran 20 juz. 

Di atas lahan seluas 3 hektar, pesantren ini menjadi salah satu pesantren terbaik di Lampung. Jenjang pendidikan dari selepas SD hingga sekolah tinggi agama. Cukup lengkap. 

Biaya masuk perlu diperhatikan, antara putra dan putri berbeda jauh. Putra hanya 3.5 jutaan, sedangkan putri mencapai 8 jutaan. SPP bulanan juga berbeda, putra 600, putri 750an. Info lengkap bisa kunjungi website resmi di sini.

Pesantren An Nida Jati Agung

Pesantren ini menyebut di brosur sebagai pesantren modern di Lampung. Beralamat di dusun Tegal Lega, Karanganyar Jati Agung, pesantren ini memiliki model seperti Islamic boarding school. 

Yaitu pendidikan berasrama dengan penekanan kepada jenjang SMP dengan nilai lebih pada tahfidz Quran. Untuk jenjang SMP, target hafalannya 3 juz. Jenjang SMA, hafalannya 6 juz. 

Ada juga program khusus tahfidz Quran, yaitu hafal 30 juz dalam jangka waktu 6 tahun. Tidak hanya itu disertai kemampuan bahasa arab dasar. Yang unik setiap masa pendaftaran ada kuotanya. Untuk SMP hanya tiga kelas, SMA hanya satu kelas (30-an), sedangkan khusus tahfidz hanya 20. 

Biaya pendaftarannya sebesar 8 jutaan dengan SPP bulanan sekitar 1 jutaan. Informasi lengkap bisa diakses di website resminya di sini.

pesantren terbaik di Lampung
ilustrasi pixabay.com

Hisbullah Al Fatah Natar

Pesantren ini beralamat di Al-Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan. Memiliki sejarah pendidikan yang bermula pada tahun 1976. Kemudian berkembang dan bertransformasi hingga sekarang.

Menurut kami kelebihan pesantren yang satu ini terletak pada variasi program pendidikan. Ada tahfidz Quran, kitab kuning, dan lembaga bahasa. Oleh sebab itu pesantren ini menyebut identitasnya sebagai perpaduan antara tahfidz quran, pesantren salafiyah dan modern. 

Dilihat dari kegiatan harian, dimulai dari pukul 3:00 dan selesai pukul 22:00. Satu jam di pagi untuk tahfidz, dan satu jam selepas magrib untuk tahfidz. Setiap tahun pendaftaran baru animonya mencapai 500-an. Santrinya sudah mencapai ribuan. 

Biaya masuknya lumayan mahal, sekitar 10 jutaan, sedangkan untuk SPP sekitar 1 jutaan. Informasi lengkap di sini.

Ulul Albab Jati Agung

Pesantren terbaik di Lampung pilihan kami selanjutnya adalah Ulul Albab. Pesantren ini lumayan luas, tapi sederhana. Santrinya juga tidak terlalu banyak, tapi bisa menjadi pilihan karena beberapa hal.

Terutama adalah pilihan pendidikan yang disediakan. Pertama ada jenjang Madrasah Tsanawiyah, ini seperti lembaga pendidikan pada umumnya. Kedua ada i’dad lughowi, yaitu persiapan bahasa untuk jenjang setelah SMP, dan terakhir adalah KMI yaitu untuk lulusan SMP. 

Menurut kami kelebihannya di pesantren ini ada tiga, yaitu praktek bahasa, pembiasaan. Kedua jam’iyyatul Quran, yaitu ada tahfidz dan tahsin, terakhir adalah pembelajaran menjadi da’i. 

Untuk biaya masuknya sebesar 8 jutaan, sedangkan untuk bulanannya sekitar 1 jutaan. Website resmi bisa dikunjungi di sini.

Nurul Huda Pesantren SMK

Sebenarnya pesantren ini memiliki jenjang pendidikan yang beragam. Namun demikian kalau bicara pesantren SMK di Lampung, menurut kami pesantren Nurul Huda rekomendasi kami.

Alasannya SMK di pesantren ini beberapa kali juara, seperti, juara short movie tingkat Kabupaten, Juara photo contest tingkat provinsi 2017. Jurusannya pun ada beragam, Multimedia (MM), Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), & Teknik Pendingin dan Tata Udara.

Sedangkan pesantrennya memiliki pendidikan yang mendasar, yaitu kelas bacaan pegon, kelas makna yaitu tafsir hadist dan beberapa materi penting lainnya. Sehingga kombinasi SMK dan pesantren menjadi pilihan terbaik.

Biaya pesantren yang beralamat di Jl. Sebajadi, Pemanggilan, Natar, Lampung Selatan ini tidak terlalu mahal, untuk pesantren dan pendidikan formal sekitar 4 jutaan. Sedangkan pesantren dan SMK sekitar 5 jutaan. Informasi lengkap di sini.

Pesantren Hidayatullah

Pesantren terbaik di Lampung selanjutnya adalah Hidayatullah yang berpusat di Balikpapan. Ini khusus putri, tergolong jarang pesantren yang khusus putri. Oleh sebab itu kami masukkan sebagai pilihan.

Pesantren Hidayatullah memiliki karakter sebagai pesantren dengan Tauhid yang kuat, terutama sebagai pegangan hidup, dan keseharian. Plus identitasnya adalah mengamalkan sunnah dalam keseharian. 

Untuk jenjang pendidikan ada pilihan, SMP integral 3 tahun, atau khusus tahfidz Quran hanya tersedia 10 orang. Pesantren ini memang santrinya tidak begitu banyak, tapi pendampingannya cukup baik. 

Info lengkap bisa mengunjungi website resmi di sini.

Pesantren Terbaik di Lampung

Inilah beberapa pesantren terbaik di Lampung versi panduanterbaik.id. Kekeliruan atau tambahan informasi bisa dicantumkan di kolom komentar. Semoga bisa menjadi peta bagi para orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya masuk pesantren.

Jika ada lembaga pendidikan yang ingin direview cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986 at gmail.com. Usulan pesantren terbaik di Lampung bisa dicantumkan di komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *