Pesantren Mawaridussalam Deli Serdang | Kurikulum Gontor dan Biaya

Posted by

Pesantren Mawaridussalam Deli Serdang merupakan salah satu pesantren yang cukup eksis di wilayah Sumatera Utara. Padahal tidak banyak pondok pesantren modern di wilayah tersebut, terutama di Kabupaten Deli Serdang.

Oleh sebab itu kami akan merangkum informasi penting terkait Pesantren Mawaridussalam Deli Serdang berdasarkan website resmi pesantren, brosur, serta beragam informasi lainnya di internet. Di antara yang akan kami ulas adalah kurikulum pendidikan dan biaya masuk.

Pesantren Mawaridussalam Deli Serdang

Pesantren Mawaridussalam Deli Serdang berdiri pada tahun 2010. Didirikan oleh sebuah tim yang sangat erat kaitannya dengan pondok pesantren Gontor Ponorogo. Bahkan sebelum mendirikan, sowan terlebih dahulu ke KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, salah satu pimpinan Gontor.

Salah satu kelebihan utama dari ponpes modern di Deli Serdang ini adalah statusnya yang sudah diwakafkan, artinya tidak dimiliki oleh individu atau golongan tertentu. Kedua, pesantren ini juga tidak terafiliasi dengan organisasi tertentu. Netral.

Pesantren Mawaridussalam Deli Serdang

Memang dalam banyak aspek, bahkan secara keseluruhan sangat identik pondok pesantren modern Gontor, baik dari falsafah yang dimilikinya, cara berpakaian, bahkan kegiatan yang dimilikinya. Sehingga bisa dikatakan sebagai pesantren alumni Gontor di Deli Serdang.

Pendidikan di Pesantren Mawaridussalam

Masih sama dengan Gontor, dalam unsur kurikulum pendidikan juga demikian. Namanya KMI, yaitu kurikulum yang didisain dan sudah menggabungkan antara pendidikan umum dan diniyyah menjadi satu dengan metode klasikal. Sistem kelas, ada target pendidikan dan ujian.

Sistem ini bersumber dari Gontor yang didisain dengan menekankan pada penguasaan ilmu Islam, sekaligus ilmu umum. Pelajaran seperti Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Geografi menjadi materi utama.

Begitu juga dengan pendidikan diniyyah juga diajarkan dalam kelas. Materi-materinya seperti Hadist, Ulumul Hadist, Ushul Fiqh, Balaghoh, Nahwu, Shorof, Mahfudhot, Mutholaah, dan lain sebagainya menjadi unsur penting.

Kurikulum ini setahu kami sudah mendapatkan pengakuan dari kemenag. Nantinya mendapatkan ijazah mu’adalah. Kami sudah menulis lengkap di sini. Pendidikan di pesantren Mawaridussalam Deli Serdang setara dengan tingkatan SMA.

Namun demikian setiap siswa harus belajar selama enam tahun. Kalau lulusan SD akan masuk kelas biasa, enam tahun. Tapi kalau lulusan SMP akan masuk kelas intensif, durasinya empat tahun. Karena ada pematangan bahasa arab dan lainnya yang harus dikejar.

Kelebihan Ponpes Mawaridussalam

Menurut kami ada beberapa kelebihan yang patut diperhatikan. Pertama, pertumbuhan pesantren ini sangat cepat sekali. Di tahun 2017 saja, jumlah santrinya sudah mencapai kurang lebih 1.500-an putra dan putri. Hanya dalam waktu sekitar delapan tahun.

Kedua, kawasan pesantren ini cukup luas, 10.5 hektar. Dengan demikian ruang gerak santri leluasa. Hal ini juga membuat kegiatan di pesantren berjalan dinamis. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Deli Serdang.

Kemudian pesantren dengan sistem Gontor memiliki kelebihan yang utama dalam pengembangan dua bahasa, yaitu arab dan inggris. Yang mana dua bahasa tersebut berusaha diterapkan sebagai bahasa komunikasi harian santri.

Terakhir kelebihan pesantren Mawaridussalam Deli Serdang adalah ekstrakurikuler yang cukup banyak sehingga membuat betah santri. Seperti jurnalistik, pertanian, perkebunan, tahfidz Quran, komputer, dan lain sebagainya.

PanduanTerbaik.id

Pendaftaran Pesantren

Bagi yang ingin masuk ponpes Mawaridussalam Sumatera Utara, yang perlu dipersiapkan adalah ujian masuknya. Karena bagi yang ingin masuk harus melewati ujian yang sudah disiapkan.

Ujian lisan meliputi psikotes, praktek ibadah, doa sehari-hari, membaca Al Quran. Adapun ujian tulis adalah Matematika, Bahasa Indonesia, dan menulis arab dengan dikte, atau biasanya disebut dengan imla’.

Semua santri baik putra atau putri tinggal di asrama. Atau istilahnya mukim di pesantren Mawaridussalam Deli Serdang. Adapun persyaratan administrasi yang harus dipenuhi di antaranya adalah,

  • Rapid Antigen 1×24 jam sebelum mukim
  • FC hasil ujian 3x
  • FC NISN
  • FC Kartu Keluarga
  • Foto 3×4 dan 4×6 semuanya 3x
  • Materai

Biaya Masuk Pesantren

Adapun biaya masuk pesantren Mawaridussalam Deli Serdang adalah sebesar Rp7.690.000 bagi lulusan SD dan Rp7.490.000 bagi lulusan SMP atau MTs. Informasi ini kami lihat untuk tahun ajaran 2021-2022.

Biaya tersebut sudah termasuk SPP bulanan. Menurut kami biaya ini tergolong standar untuk pesantren berasrama. Bisa dibandingkan dengan pesantren lain di Sumatera di link ini. Kami sudah sajikan keunggulan masing-masing dan biaya untuk dibandingkan.

Alamat lengkap Pesantren Modern

Bagi yang ingin datang ke lokasi bisa ke alamat lengkap berikut Jalan Pringgan Dusun III Desa Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Atau jika bingung bisa ikuti Google Maps yang kami sediakan di bawah ini.

Jika ingin informasi yang lebih lengkap, update, dan valid, bisa kunjungi website resmi pesantren di sini, atau bisa komunikasi dengan 0853-6266-4482. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para orang tua yang ingin mendapatkan pendidikan pesantren terbaik untuk anaknya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *