Pesantren Qodratullah Palembang | Keunggulan dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Qodratullah Palembang sebenarnya terletak di kabupaten Banyuasin, tapi lebih populer justru dengan embel-embel kota Palembang. Mungkin karena alamatnya di Jalan Palembang Jambi KM. 35. Tapi pesantren ini memang cukup dikenal luas.

Terutama di wilayah Sumatera Selatan. Santrinya datang dari bermacam-macam daerah. Oleh sebab itu kami akan mengulasnya berdasarkan website resmi dan brosur yang berhasil kami dapatkan. Di antara yang akan kami bahas adalah pendidikan di pesantren dan biaya masuk.

Pesantren Qodratullah Palembang

Pesantren Qodratullah Palembang bisa dikatakan sebagai salah satu pesantren tertua, karena dalam catatan sejarah berdiri pada tahun 1972. Awalnya hanya madrasah ibtidaiyah dari tokoh bernama Kiyai M. Madani bin Abdul Somad. Waktu itu belum banyak pondok pesantren di Banyuasin.

Kini pesantren Qodratullah Banyuasin diasuh oleh H. A. Syafiq Hidayatullah, Al Hafizh. Perkembangannya cukup pesat dengan model pendidikan formal dan diniyyah dengan sistem pondok pesantren selama dua puluh empat jam.

pesantren qodratullah Palembang

Pendidikan di Ponpes Qodratullah Langkan

Ponpes Qodratullah Langkan memiliki pendidikan yang cukup lengkap. Untuk pendidikan formalnya tersedia dari madrasah Ibtidaiyah, atau setingkat SD, ada juga MTs, dan Madrasah Aliyah.

Rujukan kurikulum yang digunakan adalah kemenag. Sedangkan untuk jenjang MA, memiliki dua program utama, yaitu Keagamaan, dan IPA. Seperti layaknya SMA di mana ada fokus pada sains. Sayangnya kami tidak berhasil mendapatkan informasi akreditasi.

Adapun jenjang pendidikan lain adalah Madrasah Diniyah. Atau jenjang pendidikan di mana santri mengkaji kitab-kitab salaf, biasanya adalah kitab-kitab kuning mu’tabar yang mempelajari ilmu-ilmu syar’i.

Di pesantren Qodratullah Palembang ini disediakan pendidikan untuk putra dan putri. Jadi cukup lengkap. Apalagi kombinasi pendidikannya tidak sebatas diniyyah, juga ada umum. Sehingga bisa disebut dengan pesantren modern di Banyuasin.

PanduanTerbaik.id

Ekstrakurikuler di Pondok Pesantren

Ada beberapa ekstrakurikuler yang akan membuat santri memiliki kegiatan yang menyenangkan. Seperti hadrah marawis, rebana, kaligrafi, qosidah modern, olahraga dengan beragam jenisnya, juga dilatih lebih dini untuk berorganisasi.

Sedangkan ekstrakurikuler unggulan adalah tahfidz Quran. Pesantren ini menjadikan tahfidz Quran sebagai salah satu bagian kegiatan yang tidak terpisahkan dengan model bertahap, dari Tahsin terlebih dahulu. Tidak langsung menghafal.

Keunggulan Pesantren Qodratullah Banyuasin

Menurut kami ada beberapa keunggulan pesantren Qodratullah Banyuasin. Di antaranya adalah fasilitas yang memang sudah mapan. Bukan mewah, tapi sudah cukup lengkap. Baik fasilitas akademik, maupun untuk santri. Tempatnya memang cukup luas.

Kedua, ada satu aturan yang jika kami sebagai wali murid sangat menyenangi. Yaitu tentang rokok. Di pesantren ini rokok menjadi satu hal yang sangat dilarang. Bahkan untuk masuk pun disyaratkan tidak merokok.

Jika sudah menjadi santri dan kedapatan merokok, di pesantren Qodratullah Banyuasin akan mendapatkan aturan dikeluarkan atau diberhentikan dari pondok. Aturan ketat seperti ini jarang ada di pesantren.

Pendaftaran Pesantren

Pesantren Qodratullah Palembang biasanya mulai membuka pendaftaran di bulan April. Nanti bisa dilihat kepastian tanggalnya. Bisa datang langsung. Yang paling penting adalah harus menyiapkan syarat-syaratnya. Yaitu,

  • FC Ijazah dilegalisir 3 lembar
  • FC SKHUN dilegalisir 3 lembar
  • FC NISN 3 lembar
  • FC Akte dan KK 3 lembar
  • FC Ktp ayah dan Ibu 3 lembar
  • Surat keterangan lulus atau nomor UAN 3 lembar
  • Foto warna 3×4 sebanyak 5 lembar
  • Foto putra harus memakai baju putih peci hitam
  • Foto putri harus memakai jilbab putih baju putih
  • Surat keterangan Kesehatan dari dokter

Biaya Masuk Pesantren

Adapun untuk biayanya tergantung jenjang dan jenis santri. Kami sajikan menggunakan tabel agar lebih mudah. Biaya masuk pesantren Qodratullah Palembang yang kami dapatkan adalah tahun 2021-2022.

MTs PutraRp9.000.000
MTs PutriRp9.500.000
MA PutraRp9.500.000
MA PutriRp10.000.000
SPP Bulanan MTsRp950.000
SPP Bulanan MARp1.000.000

Namun demikian masih ada satu biaya lagi yang harus ditanggung, yaitu seragam. Untuk putra sebesar Rp1.220.000, sedangkan untuk putri sebesar Rp1.140.000. Jadi total biaya masuk sekitar sebelas jutaan.

Menurut kami biaya ini tergolong cukup. Tidak terlalu mahal, juga tidak tergolong murah. Bisa dibandingkan dengan pesantren lain di Sumatera di link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat lengkap

Adapun alamat lengkap pondok pesantren modern ini berada di jalan Palembang-Jambi KM. 35, Langkan, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan. Atau jika kebingungan bisa ikuti Google Maps yang kami sediakan di bawah ini.

Informasi lebih lengkap dan update bisa kunjungi website resmi pesantren di alamat https://ppqodratullah.com/, atau bisa ditanyakan ke 0812.7111.6621. Semoga informasi ini bermanfaat bagi calon santri di wilayah Banyuasin dan sekitarnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *