5 Pesantren Terbaik di Magetan | 22.000 Santri dan Digital Marketing

Posted by

Pesantren Terbaik di Magetan | Magetan dikenal sebagai wilayah di kaki gunung Lawu. Maka jika Anda masuk ke daerah Magetan, sudah hampir bisa dipastikan naik turun jalannya. Tapi di sisi lain juga mengundang kenyamanan alam.

Wilayah demikian biasanya memiliki banyak pesantren. Terbukti beberapa pesantren terbaik di Jawa Timur berada di Magetan, seperti Al Fattah Temboro. Oleh sebab itu kami akan membahas pesantren terbaik di Magetan versi PanduanTerbaik.id. Dasar kami di antaranya adalah rating Google, review di internet, subjektivitas kami, dan beberapa hal lainnya.

Pesantren Al Fattah Temboro

CNNIndonesia menyebut bahwa santri di pesantren terbaik di Magetan ini mencapai 22.000. Santrinya juga berasal dari banyak negara, tidak hanya Indonesia. Jumlah ini sangat fantastis. Melebihi jumlah santri Gontor. Ini memang pesantren cukup besar.

Salah satu yang menyebabkan besarnya santri di pesantren ini adalah jama’ah tabligh. Pesantren ini memang dikenal sebagai salah satu pusat jama’ah tabligh yang terhimpun dari bermacam daerah di Indonesia, juga negara.

Kelebihan lainnya adalah pesantren ini banyak mendidik tentang akhlaq, juga tentang tauhid dan mempraktekkannya dalam kehidupan keseharian. Sehingga menciptakan lingkungan yang nyaman. Bahkan Temboro disebut dengan kampung Madinah, karena dikenal secara berpakaian dan berperilaku seperti layaknya umat Islam.

Di pesantren ini santri juga harus menghafal hadist. Ini yang menjadi kelebihan selanjutnya. Hafalan hadist menjadi cukup penting di pesantren ini karena misinya adalah ingin kembali kepada sunnah.

Oleh sebab itu pesantren ini diulas hingga 880-an lebih orang di Google. Biaya masuk pesantren Al Fattah Temboro antara 2-3 juta rupiah, ada kriterianya.

Pesantren Sabilul Muttaqien Takeran (PSM)

Jika berbicara pesantren tertua di Magetan, mungkin Pesantren Sabilul Muttaqien adalah jawabannya. Pesantren ini berdiri pada tahun 1880-an. Usianya lebih tua dari beberapa pesantren di Jawa Timur. Pesantren ini juga sering dikenal sebagai Pesantren Takeran.

Pesantren ini adalah sebuah saksi dari sejarah. Terutama sejarah pemberontokan PKI, karena di wilayah inilah PKI merajalela. Seringkali sejarah kekejaman PKI bisa diulas dari sumber-sumber di pesantren ini. Pesantren ini juga cukup berpengaruh di Magetan, sehingga seperti kampanye presiden, salah satu objek yang didatangi adalah pesantren ini.

Pesantren takeran memiliki metode salafiyah di mana pembelajaran kitab kuning aktif dilakukan. Kemudian tahfidz Quran, pembelajaran bahasa, baik arab atau inggris, pramuka, dan beberapa ekstra kurikuler lainnya. Oleh sebab itu pesantren ini menjadi salah satu pesantren terbaik di Magetan.

pesantren terbaik di Magetan
Pesantren Temboro

Pesantren Internet Marketing Sintesa

Ini merupakan pesantren yang memiliki fokus jelas. Yaitu menguasai seluk beluk internet dengan tidak melupakan pendidikan keislaman. Masa belajarnya satu tahun full. Tapi kalau mau belajar sekaligus sekolah disediakan untuk derajat SMA.

Untuk pendidikan agamanya terfokus pada dua hal, yaitu ibadah wajib, plus Al Quran dan hafalannya. Minimal dalam satu tahun menghafal dua juz. Sehingga santri benar-benar terinternalisasi nilai Islam.

Fokusnya pesantren ini yang keren. Pertama adalah pembangunan website, yang kedua adalah SEO Marketing, ketiga adalah Facebook Marketing, dan terakhir adalah Google Adsword. Ilmu-ilmu ini di era millenial sangat dibutuhkan sekali.

Targetnya selepas pendidikan adalah memiliki website dengan kunjungan minimal 1000 sehari. Kedua minimal mendapatkan pendapatan antara 2-5 juta perbulan. Keren kan. Nah, untuk biaya pendaftarannya sebesar Rp7.000.000 yang reguler. Tapi ada juga gratis full selama satu tahun.

Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sintesa.net. Tapi kuotanya terbatas ya, hanya sekitar 20-an.

Pesantren Putri Tahfidz Quran Magetan Nurul Huda

Pesantren tahfidz Quran di Magetan sesungguhnya banyak. Namun rata-rata hanya menjadi salah satu program. Sedangkan yang khusus tahfidz Quran tidak banyak. Salah satunya adalah pesantren Nurul Huda di bawah naungan yayasan Muhyiddin.

Pesantren ini hadir khusus putri. Belum begitu besar. Namun memang fokus hanya untuk tahfidz Quran putri. Jenjangnya adalah SMP. Kuotanya pun terbatas. Memang tidak banyak. Oleh sebab itu seleksinya cukup lumayan.

Program unggulannya adalah hafal 30 juz dalam waktu 3 tahun saja. Di samping itu juga ada pendidikan formal. Sehingga santri tidak khawatir selepas dari pesantren, ada ijazah. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Magetan.

Biaya masuknya juga murah. Uang pangkalnya gratis. Hanya saja ada pilihan biaya bulanan, dari 300.000 hingga pilihan lain kelipatan dari ratusan ribu, Rp400.000 dan seterusnya. Info lengkap bisa klik info lengkap di muhyidin.com

Pesantren Modern di Magetan Badrussalam

Satu lagi pesantren terbaik di Magetan yaitu Badrussalam. Pesantren ini memiliki model pendidikan modern. Maksudnya adalah pendidikan agama dan pendidikan formal diajarkan menjadi satu di kelas.

Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum pesantren Gontor. Sehingga banyak hal dari pesantren ini sangat mirip polanya dengan Gontor. Baik dari segi kurikulum pendidikan, kehidupan sehari-hari, ataupun yang lainnya.

Berdiri pada tahun 1990. Pesantren ini hingga sekarang masih terus eksis untuk mengadakan lembaga pendidikan. Salah satu kelebihannya adalah pendidikan bahasa Arab dan Inggris, plus ektra kurikuler bagi santri. Bagi kami ini merupakan pesantren alternatif di Magetan.

Inilah beberapa pesantren terbaik di Magetan versi panduanterbaik.id. Jika ada usulan tambahan cantumkan di kolom komentar. Atau email ke affany1986@gmail.com info lengkap tentang pesantren.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *