pesantren terbaik di NTB

5 Pesantren Terbaik di Ngawi | Gontor Putri dan Rehabilitasi

Posted by

Pesantren terbaik di Ngawi | Ngawi dikenal sebagai kota ambyar setelah tugu gading menjadi simbol lagu Jawa “Kartonyono Medot Janji”. Namun di sisi lain kota di ujung Jawa Timur ini juga memiliki pesantren yang bisa dijadikan pilihan tujuan pendidikan orang tua untuk anak didiknya.

Oleh sebab itu kami akan sajikan beberapa pesantren terbaik di Ngawi. Dasar pemilihan kami adalah review di internet, rating di Google, ketersediaan informasi dan website, juga beberapa review lainnya yang memang menjadi dasar subjektif kami.

Pesantren Gontor Putri

Jika Anda melewati jalan raya Ngawi, sudah hampir bisa dipastikan Anda akan melihat pesantren di sebelah selatan jalan. Pesantren ini sangat besar, panjang. Itulah pesantren Gontor putri. Dari Gontor Putri 1, Gontor Putri 2, dan Kampus Universitas Gontor Putri.

Nama Gontor memang cukup besar di dunia kepesantrenan. Seperti laiknya Tebu Ireng, Langitan, atau Sidogiri yang menjadi trademark pesantren. Di Ngawi berdiri megah pesantren khusus putri. Bahkan ada juga di Widodaren Gontor Putri 3.

Pesantren yang satu ini besar karena alumni-alumninya yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Banyak yang menjadi tokoh. Karena itulah pesantren ini dipercaya banyak masyarakat. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Ngawi.

Pesantren ini memiliki kurikulum sendiri, namanya KMI. Antara pendidikan agama dan umum menjadi satu di kelas. Identitas lain adalah bahasa Arab dan Inggris yang menjadi alat komunikasi sehari-hari. Juga ektrakulikuler yang melimpah, plus disiplin yang memang dikenal sangat tinggi.

Untuk biaya masuk sekitar 7.5 juta. Sedangkan bulanannya sekitar Rp700.000-an. Info lengkap bisa mengunjungi website resminya di Gontor.ac.id

pesantren terbaik di Ngawi
Gontor Putri Ngawi

Pesantren Ar Rohmah Kedunggalar

Satu lagi pesantren terbaik di Ngawi yaitu pesantren Ar Rohmah Kedunggalar. Pesantrennya secara geografis tidak begitu besar. Namun memang karena pendidikan yang khusus untuk putri dan identitasnya cukup kuat menjadikan pesantren ini laik menjadi salah satu pilihan.

Pesantren ini menggunakan kurikulum KMA, kulliyatul mu’allimat al Islamiyah. Yaitu jenjang selepas SD. Jika ada yang masuk selepas SMP atau MTS dan non pesantren akan ada satu tahun khusus untuk persiapan.

Sebenarnya kalau dari pendidikan sangat mirip dengan Gontor. Baik dari ektra kulikuler dan bahasa arab inggris, juga latihan pidato dan lain sebagainya. Namun demikian salah satu perbedaannya adalah adanya tahfidz Quran yang minimal mencapai 10 juz.

Karena berkaitan dengan santri putri, maka ada beberapa program tambahan tata boga, jahit menjahit, halaqoh tahfidz, dan lain sebagainya. Untuk biaya pendaftarannya sebesar Rp3.525.000. Sedangkan untuk bulanannya sebesar Rp500.000. Website resminya bisa dikunjungi di arrohmahngawi.com.

Pesantren Rehabilitasi Condromowo

Ada satu pesantren bagus di Ngawi. Pesantren ini bukan tahfidz Quran, atau pesantren modern. Ini merupakan pesantren yang mayoritas santrinya justru hadir untuk rehabilitasi karena gangguan jiwa, atau mengalami stres yang cukup berat.

Berdirinya di tahun 1984, terletak di lereng gunung Lawu, berdekatan dengan Air Terjun Srambang. Sehingga nuansanya memang cuku indah. Namun jika Anda masuk ke pesantrennya merasakan satu hal yang unik, karena beberapa aspek yang memang tidak biasa.

Pesantren ini mendekati santri dengan doa, ruqyah dan lain sebagainya. Bahkan sudah banyak yang sembuh selepas hadir di pesantren ini. Jika bertanya berapa lama waktu yang harus dibutuhkan, maka tergantung masing-masing, ada yang bisa cepat, kurang dari enam bulan. Ada juga yang memang butuh waktu lama.

Namun demikian, tidak banyak pesantren yang seperti ini, oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Ngawi.

Pesantren Al Hidayah Kendal Ngawi

Pesantren terbaik di Ngawi selanjutnya adalah Al Hidayah di Kendal Ngawi. Pesantren ini didirikan oleh sosok yang sudah menimba ilmu selama 16 tahun di Bahrul Ulum, Tambakberas Jombang. Sehingga pendidikan pesantren di dalamnya khas dengan pesantren-pesantren Jawa Timur.

Di pesantren yang dihuni oleh sekitar 500-an santri mukim ini memiliki jenjang lembaga pendidikan formal yang beragam. Dari MI, MTS, dan MA. Oleh sebab itu modelnya adalah pagi masuk pesantren sore masuk madrasah diniyah, atau pendidikan pesantren.

Prestasinya cukup lumayan, terutama di wilayah Ngawi, seperti juara 2 olimpiade PAI tingkat Provinsi 2012. Juara 1 olimpiade fisika tingkat kabupaten Ngawi tahun 2012. Program unggulannya adalah tahfidz Quran dan kajian kitab kuning secara mendalam.

Pesantren Modern Al Hijrah

Meskipun di Ngawi merupakan tempat pesantren Gontor putri yang begitu besar, namun ada pula pesantren alumninya yang sudah tumbuh. Yaitu pesantren modern Al Hijrah. Pesantren ini memang sangat mirip dengan Gontor.

Beberapa di antaranya adalah aspek kurikulum yang menggunakan KMI, yaitu pendidikan enam tahun selepas SD, dan empat tahun selepas SMP. Di dalamnya antara pendidikan umum dan agama digabung menjadi satu.

Biasanya pesantren ini menjadi alternatif bagi santriwati yang belum lulus ujian masuk Gontor putri. Mukim di pesantren ini hingga nanti ujian kembali di Gontor. Bahasa, disiplin juga berusaha sama dengan pesantren Gontor.

Salah satu kelebihannya adalah adanya tahfidz Quran untuk setiap santri. Sehingga mereka memiliki bekal ketika sudah menjadi alumni pesantren Al Hijrah. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Ngawi.

Inilah beberapa pesantren terbaik di Ngawi. Jika ada usulan bisa dicantumkan di kolom komentar. Atau perbaikan informasi bisa juga dicantumkan di kolom komentar. Apa yang kami cantumkan ini hanyalah versi panduanterbaik.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *