pesantren terbaik di Bondowoso

7 Pesantren Terbaik di Bondowoso NU hingga Modern

Posted by

Pesantren terbaik di Bondowoso tidak sedikit. Bondowoso memang dikenal sebagai salah satu kota pesantren di Indonesia. Terlebih suasana Bondowoso tenang, cocok menjadi tempat pembelajaran agama bagi santri.

Oleh sebab itu PanduanTerbaik.id ingin mengulas beberapa pesantren terbaik di Bondowoso, dari Pesantren Tahfidz Quran, Pesantren Modern, Pesantren Tradisional, hingga pesantren unggulan terpadu. Pilihan kami jatuh berdasarkan review, rating, juga informasi lainnya yang berhasil kami himpun. Nomor bukanlah urutan.

Kriteria kami tentang pesantren terbaik bisa dibaca di sini.

Pesantren Modern Al Islah Grujugan

Tidak hanya di Bondowoso, pesantren Al Islah juga dikenal baik di wilayah Jawa Timur. Bahkan menjadi salah satu pesantren terbaik di Jawa Timur. Berdiri pada tahun 1970, pesantren ini memiliki wilayah pendidikan seluas sekitar 13 hektar dengan beragam jenjang pendidikan.

Pesantren Al Islah seperti menghidupkan kota Bondowoso yang tenang. Ribuan santri yang ada di dalamnya dari beragam kota di nusantara menjadikan Al Islah sebagai salah satu pesantren terbaik di Bondowoso.

Pesantren ini didirikan oleh Alumni Gontor. KH. Ma’sum. Sehingga beberapa aspek mengikuti Gontor, seperti kurikulum KMI, disiplin yang tinggi, sistem pendidikan modern, dan tidak lupa adalah bahasa komunikasi Arab dan Inggris.

Pesantren Al Islah juga menambah porsi pendidikan. Setiap santri ketika lulus wajib menghafal Al Quran 8 Juz. Kemudian hebatnya pesantren ini sudah menjalin kerjasama dengan universitas besar di Indonesia, seperti Universitas Islam Negeri, Universitas Muhammadiyah Malang, terutama Universitas terbaik di Jawa Timur.

Pesantren Al Islah juga memiliki pengaruh kuat di Jawa Timur. KH. Ma’sum memiliki relasi yang cukup bagus di antara pengusaha, birokrat, dan politisi. Bahkan pesantren ini selalu menjadi kunjungan tokoh-tokoh besar di tanah air. Bahkan ketika Qurban, mampu menyembelih hingga 1550 kambing dan 106 sapi.

Untuk biaya pendidikan di pesantren ini terjangkau, Pendaftaran sekitar Rp4.000.000 dengan SPP bulanan sebesar Rp700.000-an. Info lengkap di alislah.ponpes.id

Darul Istiqomah Maesan

Satu lagi salah satu pesantren terbaik di Bondowoso adalah Daarul Istiqomah Maesan. Pesantren ini didirikan pada tahun 1994 oleh KH. Masruri Abd Muhit. Warna pendidikannya mirip dengan Al Islah karena sama-sama pesantren Alumni Gontor, yaitu yang didirikan oleh alumni pesantren Gontor.

Dari kurikulum menganut sistem KMI, yaitu sistem pendidikan yang mengkombinasikan antara depag, diknas, plus ilmu agama Islam dalam satu ramuan yang diajarkan di dalam kelas menggunakan metode modern, sistem kelas. Disiplin diajarkan dengan sangat ketat, pola komunikasi menggunakan bahasa Arab dan Inggris.

Pesantren Daarul Istiqomah menurut kami tergolong pesantren unik di Bondowoso. Dengan luas lahan tiga hektar, namun pesantren ini memiliki nuansa begitu sejuk, asri, dan hijau. Seperti pesantren alam. Sehingga ketika datang ke pesantren ini kita merasa betah dan nyaman.

Biaya pendaftaran ke pesantren ini sekitar Rp3.000.000-an, dengan SPP perbulan Daarul Istiqomah Maesan sebesar Rp500.000 sudah termasuk makan 3 kali sehari, biaya asrama dan lain sebagainya. Info lengkap di darulistiqomah.id

Manbaul Ulum Wonosari

Manbaul Ulum Wonosari Bondowoso merupakan pesantren dengan nuansa Nahdhatul Ulama yang sangat kental. Oleh sebab itu pesantren ini memiliki model yang mirip dengan pesantren-pesantren tradisional khas Jawa Timur.

Pesantren Manbaul Ulum memiliki pendidikan formal yang banyak, dari tingkat jenjang menengah, hingga atas seperti SMK. Sedangkan untuk pendidikan keislaman di pesantren menggunakan metode sorogan dan bandongan melalui kajian kitab kuning.

Yang istimewa dari pesantren ini adalah pengaruh kuatnya di Kabupaten Bondowoso. Pertama, pengasuh pesantren ini juga Bupati dari Bondowoso, yaitu Drs. KH. Salwa Arifin. Kedua, pesantren ini menjadi daftar rutin kunjungan tokoh-tokoh nasional jika ke Bondowoso selain ke Al Islah, seperti KH. Ma’ruf Amin, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Bondowoso.

Untuk biaya masuk pesantren Manbaul Ulum Wonosari tergolong murah, Rp500.000-an. Namun nantinya ada pendaftaran lain untuk SMP, Mts, MA, SMK.

Pesantren Al Irsyad Bondowoso

Pesantren terbaik di Bondowo alternatif lainnya adalah Pesantren Al Irsyad Bondowoso. Pesantren ini nuansanya berbeda dengan Al Islah yang cenderung dengan sistem modern, atau Pesantren Manbaul Ulum. Ini merupakan pesantren dengan kiblat Al Quran dan Sunnah.

Hal ini tercermin dari pola kehidupan sehari-hari. Biasanya pesantren dengan model demikian memiliki kelebihan menonjolkan dalam aspek pengamalan sunnah di kehidupan keseharian. Seperti contohnya adab berpakaian, pembiasaan tahajud, kemudian adab bergaul dan lain-lain. Juga diikuti dengan standard hafalan hingga belasan juz. Yang kami ketahui 18 juz untuk jenjang aliyah.

Adapun secara keilmuan lebih condong kepada pendidikan formal. Seperti MTS dan MA yang banyak berprestasi khususnya di tingkat Kabupaten. Seperti lomba pidato bahasa Inggris tingkat kabupaten Bondowoso di tahun 2019.

Santrinya masih ratusan, namun demikian salah satu keunggulannya adalah, pesantren ini terletak di tengah kota. Dekat dengan terminal, sehingga akses untuk transportasi sangat mudah. Santri di pesantren ini rata-rata berasar dari Jawa Timur, terutama wilayah tapal kuda.

pesantren terbaik di Bondowoso
Kelas di Pesantren Darul Falah Bondowoso

Pesantren Darul Falah

Pesantren terbaik di Bondowoso selanjutnya adalah pesantren Daarul Falah. Pesantren ini khas NU. Pesantren tradisional dengan pembelajaran bermodel sorogan bersama kyai. Pesantren yang berdiri pada tahun 1943 yang dimulai dengan pendidikan Al Quran di surau.

Seiring berjalannya waktu, pesantren ini berkembang dan menjelma dengan sistem pendidikan madrasah. Hingga kini pendidikan pesantrennya tetap fokus pada aspek kajian kitab kuning dengan pendalaman nahwu dan sorf. Kemudian ada ekstra tahfidzul Quran.

Untuk pendidikan formal, pesantren ini cukup lengkap, dari jenjang PAUD, Mts, MA, dan Sekolah Tinggi. Oleh sebab itu di Bondowoso pesantren ini tergolong memiliki jenjang yang lengkap. Oleh sebab itu pendidikan di pesantren ini modelnya pagi sekolah, sore dan malam adalah pendidikan pesantren.

Untuk info lengkap bisa kunjungi websitenya di ppdarulfalah.net

Nurut Taqwa Cermee

satu lagi pesantren terbaik di Bondowoso yaitu pesantren Nurut Taqwa. Pesantren ini berdiri pada tahun 1976, tergolong pesantren tua di wilayah Bondowoso. Hingga kini pesantren Nurut Taqwa cukup eksis dengan pendidikan khas NU.

Pesantren ini bahkan menjadi tuan rumah Bahsul Masail u-17 se-Karisidenan Besuki. Oleh sebab itu pesantren ini memiliki peran cukup penting di Bondowoso, terutama dalam pendidikan kajian kitab kuning. Metode pendidikan pesantrennya juga berkiblat pada pola sorogan dan pendalaman pada kitab-kitab klasik.

Pesantren ini memiliki jenjang cukup lengkap, dari Madrasah Ibtidaiyah, hingga jenjang Aliyah dan SMK. Pesantren ini juga memiliki lembaga khusus tahfidz Quran. Oleh sebab itu salah satu kelebihan pesantren Nurut Taqwa adalah variasi lembaga pendidikan yang sangat lengkap. Informasi lengkap di nuruttaqwa.net

Inilah beberapa pesantren terbaik di Bondowoso. Tentu pilihan kami mengandung subjektivitas. Namun harapan kami informasi ini bisa membantu para pencari lembaga pendidikan pesantren favorit, pesantren unggulan di Bondowoso. Jika ada kekeliruan informasi mohon dicantumkan di kolom komentar, kami akan segera memperbaiki.

Nomor tujuh sengaja kami kosongkan agar mendapatkan usulan dari pembaca di kolom komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *