SMK Darma Plus Lamongan

SMK Pesantren Terbaik – Darma Plus – Jawa Timur

Posted by

SMK Pesantren Terbaik artinya adalah kombinasi yang bagus antara SMK dan Pondok Pesantren di dalamnya. Tidak hanya pendidikan SMK saja, namun juga pendidikan kepesantrenan yang memadai. Sehingga mampu mendidik siswa tidak hanya siap kerja, tapi juga memiliki akhlaq untuk bekerja.

Kali ini panduanterbaik.id akan membahas salah satu SMK Pesantren Terbaik, yaitu Darma Plus, Lamongan, Jawa Timur.

Profil SMK Pesantren Terbaik – Lamongan

SMK Pesantren Terbaik yang kami bahas kali ini adalah SMK Darma Plus Lamongan. SMK ini memiliki basis pesantren yang cukup kuat, yaitu pesantren Darul Ma’arif yang berdiri pada tahun 1940, Pondok pesantren ini termasuk tertua di sekitar wilayah Solokuro, Lamongan..

Pesantren ini didirikan oleh KH. Abdurrohman Musthofa Putra ke delapan KH. Musthofa Abdul Karim dari sepuluh bersaudara.

Kemudian dilanjutkan generasi selanjutnya yaitu KH. Ahmad Rofie’ Rohman putra kedua yang fokus pada pengajian-pengajian rutinan dengan masyarakat setempat dan hanya beberapa santri yg mukim di Pondok.

Namun seiring berkembangnya kebutuhan zaman, pihak pesantren mendirikan SMK pada tahun 2006, dengan nama SMK Darma Plus. Pembangunan ini atas dasar kebutuhan dunia kerja yang tinggi, namun tidak diimbangi SDM dengan akhlaq yang baik, terutama kejujuran.

Kami memahami Plus dalam nama tersebut berarti bukan sekadar SMK biasa, namun ada tambahan pada aspek tahfidz Quran. Artinya siswa yang hadir di SMK Pesantren ini bisa menempuh sekaligus pendidikan kejuruan dan kepesantrenan.

Maka berdirinya SMK Darma Plus pada hakikatnya lebih kuat nilai kepesantrenan, karena berdiri lebih dahulu dari pada SMK-nya

santri putri sima’an Al Quran di SMK Pesantren Darma Plus

Pendidikan Pesantren di SMK Darma Plus – Lamongan

Pesantren di Darul Ma’arif memiliki model pesantren salaf, seperti layaknya pondok pesantren di Jawa Timur. Kyai dan para pengasuh tinggal di dalam pesantren, sedangkan santri tinggal di asrama yang satu lingkungan dengan kyai dan pengasuh.

Bahkan yang membuat kami kagum, tempat tinggal pengasuh, mushala, dan asrama menyatu menjadi satu. Gedungnya sangat sederhana. Hanya tersedia kamar-kamar untuk tempat tinggal, tidak banyak fasilitas besar.

Kami sempat sowan ke rumah Kyai bersama kepala sekolah SMK, ust. Eko, beliau jelaskan bahwa pesantren ini ingin mendidik santri dengan sungguh-sungguh. Terutama untuk menjadi hafidz Quran. Karena memang pengasuh alumni Mamba’ul Ma’arif, Denanyar Jombang.

Pendidikan yang ada di dalamnya berbentuk kajian kitab kuning, di luar kewajiban tahfidz Quran. Kajian kitab kuningnya khusus, ada beberapa kitab yang menjadi menu wajib. Di antaranya adalah,

–           Jawahirul Kalamiyah ( aqidah )

–           Ta’limul Muta’allim ( akhlaq )

–           Sittina masalah ( fiqh )

Bahkan syarat kelulusan adalah mampu membaca kitab “Fathul Qorib” dengan maknanya. Jika hal ini dilakukan untuk siswa madrasah tsanawiyah dan Aliyah, kami memaklumi, namun hal ini diberikan kepada siswa SMK, maka menjadi hal yang istimewa.

Untuk siswa SMK, maka kitab yang dipelajari tidak terlalu banyak, yang ditekankan adalah tahfidz Quran. Kami pun merasa, jika terlalu banyak, justru tidak fokus dengan SMK-nya.

Tahfidz Quran di SMK Darma Plus Lamongan

Kami ketika berkunjung ke SMK Darma Plus bertemu dengan santri yang menghafal Quran, ketika itu kami tanya, “Kenapa ke pesantren ini?” mengingat fasilitasnya biasa. Jawabannya sederhana, “Mau menghafal Quran.”

Ternyata ia memang hadir di pesantren fokus hanya menghafal Quran, tidak dengan pendidikan formal, atau SMK. Jika seperti ini, maka ia membutuhkan waktu sekitar 1-2 tahun untuk menghafal penuh Al Quran. Karena memang di pesantren ini disediakan tempat khusus bagi para penghafal Quran.

Tapi jika hadir di pesantren namun juga masuk di pendidikan SMK, pola pendidikan kurikulumnya menjadi berbeda. Setiap santri akan mendapatkan target untuk menghafal satu tahun 10 Juz. Sehingga 3 tahun, setiap siswa akan mendapatkan kesempatan menghafal 30 juz.

Salah satu praktek tahfidz yang bagus adalah, menjadi imam masjid sekitar di waktu Ramadhan, dengan bacaan satu bulan 30 juz. Awalnya kegiatan ini dilakukan oleh sang kyai, namun kemudian diberikan kepada santri, masjidnya pun cocok.

SMK Pesantren Terbaik
Santri Putra Sima’an Al Quran di SMK Pesantren Darma Plus

Kompetensi SMK Pesantren Terbaik – Darma Plus

Salah satu alasan mengapa SMK Darma Plus dilabeli menjadi salah satu SMK Pesantren terbaik adalah kombinasi pesantren tahfidz, serta jurusan SMK yang ada di dalamnya. Jurusan-jurusan yang tersedia sangat sesuai dengan kebutuhan zaman sekarang.

SMK Pesantren – Programmer

Pertama adalah Programmer. Jurusan ini menjadi favorit saat ini karena dunia modern membutuhkan programmer. Meskipun tidak melahirkan seorang ahli, tapi di SMK Darma Plus diberikan materi dasar menjadi programmer.

Salah satu alumninya, Rizki, menjadi programmer di PT. Pelindo III Surabaya.

SMK Pesantren – Service Komputer dan Laptop

Kompetensi selanjutnya adalah Service Komputer dan Laptop. Di SMK Pesantren ini ada jurusan yang memang fokus pada hardware komputer. Kerjasama untuk praktek dengan salah satu outlet service di Hi Tech Mall. Sehingga bisa langsung praktek.

Kompentensi ini juga sangat dibutuhkan di era sekarang, di mana komputer dan laptop menjadi kebutuhan setiap orang. Sehingga kompetensi ini sangatlah penting.

SMK Pesantren –Marketing Online

Kompetensi di SMK Pesantren selanjutnya adalah marketing online. Kemampuan ini sangat dibutuhkan di era millennial. Karena pemasaran rata-rata menggunakan marketing online. SMK Darma Plus menyediakan kompetensi ini.

SMK Pesantren – Servis Otomotif Sepeda Motor

Kompetensi selanjutnya siswa SMK Pesantren Darma Plus adalah otomotif. Keahlian ini sangat dibutuhkan karena pertumbuhan dunia otomotif terus berkembang. Terlebih untuk sepeda motor. Di SMK ini kerjasam resmi sudah dilakukan dengan bengkel Honda, Yamaha, dan Suzuki. Sehingga siswa mampu mengenali mesin dari variasi produsen.

Biaya SMK Pesantren Darma – Lamongan

Untuk biaya termasuk pesantren hanya membutuhkan dana Rp. 950.000. Dana ini sudah termasuk pendaftaran pendidikan di pesantren tahfidz, juga pendidikan di SMK. Bahkan dengan dana yang demikian sudah mendapatkan makan tiga kali sehari.

Untuk bulanannya Rp. 550.000.

Biaya demikian menurut kami cukup murah untuk masuk di SMK Pesantren dengan tambahan pendidikan pesantren dan tahfidz quran. Dengan pendampingan kyai intensif, salah satu SMK pesantren terbaik ini bisa dijadikan rujukan pendidikan.

Anda bisa menghubungi 0856-0446-0517, ustadzah Eli. Komunikasikan saja jika ada pertanyaan, atau langsung mendaftar di nomor tersebut.

Kekurangan SMK Pesantren Darma Plus

Tentu tidak ada kesempurnaan. SMK Pesantren Darma Plus Lamongan ini memiliki kekurangan dalam fasilitas. Fasilitasnya tergolong biasa. Maklum biayanya murah. Jika Anda pernah lihat umumnya pesantren di Jawa Timur, bisa dikatakan mirip.

Kamarnya diisi almari untuk beberapa orang. Begitu juga makan bersama-sama. Tidak eksklusif seperti sekolah-sekolah mahal.

Dengan segala kekurangan, menurut kami SMK Darma Plus merupakan salah satu SMK Pesantren terbaik di Jawa Timur.  

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *