Pesantren Darussalam Mekar Agung Madiun | Biaya dan Keunggulan

Posted by

Pesantren Darussalam Mekar Agung dikenal sebagai salah satu pesantren ternama di wilayah Madiun dan sekitarnya. Terutama karena kiprahnya yang sudah cukup lama di dunia pondok pesantren. Sudah cukup berpengalaman.

Oleh sebab itu kami akan mengulas informasi penting terkait pesantren Darussalam Mekar Agung Madiun yang bersumber dari website resmi. Di antara yang akan kami ulas adalah profil, pendidikan di pesantren, serta biaya masuk. semoga bermanfaat.

Pesantren Darussalam Mekar Agung Madiun

Pesantren Darussalam Mekar Agung Madiun berdiri pada tahun 1982, pendirinya adalah  KH. Muhammad Thohir Besyari. Hingga sekarang pesantren ini berkembang dengan cukup baik dan terus menarik minat masyarakat.

Terutama karena faham yang dianut adalah ahlus sunnah wal jama’ah, penekanannya pada aspek akhlaq, ilmu diniyyah, disertai dengan pendidikan formal. Sehingga pendidikannya sudah lengkap antara agama dan diknas.

Pesantren Darussalam Mekar Agung Madiun

Pendidikan di Pesantren

Tersedia pendidikan formal di pesantren, yaitu MTs dan MA Walisongo, atau jenjang setara dengan SMP dan SMA. Masing-masing durasi pendidikan selama tiga tahun. Jadi total enam tahun seperti umumnya di pesantren.

Tersedia untuk putra dan putri. Namun demikian, di pesantren ini ada dua jenis santri, yang mukim yaitu yang tinggal di asrama, serta ada yang non mukim yaitu yang sekolah di pesantren, kemudian tinggal di rumah. Dulu dikenal dengan sebutan santri kalong.

Program di Darussalam Mekar Agung Madiun

Di pesantren ini juga tersedia beberapa program unggulan. Di antaranya adalah kajian Al Quran dan Tahfidz Al Quran, yang artinya pendidikan itu bertahap, dari pembelajaran, tahsin, hingga tahfidz.

Kedua adanya pendidikan kitab-kitab salaf, atau biasa disebut dengan pendidikan kitab kuning. Materinya dari aqidah akhlak, fiqih, hadist, adab, nahwu, shorof. Sehingga santri bisa menguasai keilmuan islam dengan baik.

Di sisi lain ada yang namanya ketrampilan hidup seperti agro edukasi. Yang intinya sebagai bekal untuk bisa mandiri di masa yang akan datang. Ini ciri khas pondok pesantren Darussalam Mekar Agung Madiun.

PanduanTerbaik.id

Ekstra Kurikuler Menarik

Salah satu sisi yang cukup menarik adalah ekstrakurikuler. Mungkin karena santrinya sudah banyak, jadi cukup variatif. Mulai dari kaligrafi, pidato, bahsul masail di mana santri akan membahas masalah hukum kontemporer dari sisi keilmuan kitab kuning yang sudah dikaji mendalam.

Juga ada beberapa yang modern, seperti multimedia, musik dan paduan suara, bahkan tersedia agribisnis pertanian dan holtikultura, serta ada perikanan air tawar. Bahkan untuk santri milenial ada desain komunikasi visual. Menurut kami pesantren Darussalam Mekar Agung Madiun sangat lengkap.

Ciri Khas Pesantren Darussalam Mekar Agung

Secara kehidupan, menurut kami pesantren ini lebih identik dengan pesantren klasik. Di antaranya adalah putri dengan menggunakan kain jarit. Kerudung putih. Dan sangat memperhatikan akhlaq kepada kyai. Untuk putra menggunakan sarung, peci, dan kemeja atau koko.

Untuk gedung-gedungnya menurut kami standar pesantren, tidak mewah, tapi sudah rapi. Bisa dilihat dari video yang kami sertakan di bawah ini.

Pendaftaran Pesantren

Bagi yang ingin mendaftar ke pesantren Darussalam Madiun, maka perlu diperhatikan beberapa syarat. Di antaranya adalah NISN, kartu keluarga, KTP orang tua, di awal minimal pembayaran sebesar Rp1.500.000.

Yang menarik, pendaftaran bisa melalui website. Sudah menggunakan sistem online. Kalau bingung bisa komunikasi dengan 0822-2526-6829. Nanti akan dipandu dan diarahkan. Atau bisa datang langsung ke lokasi.

Biaya Masuk Darussalam Madiun

Sedangkan yang ingin masuk ke pesantren, biaya masuknya berbeda-beda. Yang kami sajikan adalah tahun ajaran 2021-2022. Biasanya dimulai dari bulan Januari. Rinciannya adalah sebagai berikut.

Putra Pondok dan MTsRp2.381.000
Putri Pondok dan MTsRp2.967.000
Non Mukim Putra MTsRp1.421.000
Non Mukim Putri MTsRp1.555.000
Putra Pondok dan MARp1.639.000
Putri Pondok dan MARp3.007.000
Putra Non Mukim MARp1.461.000
Putri Non Mukim MARp1.595.000

Masih ada ketentuan biaya lebih murah jika yang mendaftar adalah alumni dari pesantren tersebut. sedangkan untuk SPP bulanan termasuk makan antara Rp400.000-Rp420.000. Tergantung jenjang.

Menurut kami biaya ini tergolong terjangkau. Bisa dibandingkan dengan biaya pesantren lain di Madiun di link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing. Semoga bisa menjadi pertimbangan.

Alamat Lengkap Pesantren

Alamat lengkap pesantren berada di Jalan Kali Buntung No.122, Ringinanom, Pucanganom, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun. Kalau bingun ikuti saja Google Maps yang kami sediakan di bawah ini, tinggal klik saja.

Untuk informasi lebih lengkap, update, dan valid bisa kunjungi website resminya di sini. Jika ada pertanyaan bisa layangkan langsung ke pihak pesantren. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *