5 Kelebihan SMK Pesantren Darma Plus Lamongan

Posted by

SMK Pesantren di Indonesia belum begitu banyak. Kalaupun ada biasanya bisa dihitung dengan jari di setiap kota. Kali ini kami akan membahas salah satu SMK terbaik di Lamongan. Salah satu alasannya basis pendidikan pesantren yang dimilikinya.

Namanya SMK Darma Plus Lamongan. Terletak di Solokuro. SMK tersebut tampak sangat biasa, kami pun ketika masuk ke dalamnya belum merasakan hal yang istimewa, namun ketika kami bertukar pikiran dengan kyai dan kepala sekolah, dari situlah kami menyimpulkan beberapa kelebihan SMK Pesantren Darma Plus yang patut diketahui.

Berikut lima kelebihan SMK Pesantren Darma Plus Lamongan.

SMK Berbasis Pesantren

SMK Darma Plus Lamongan sebenarnya adalah sebuah pesantren bernama Darul Ma’arif. Berdiri pada tahun 1940 oleh KH. Abdurrohman Musthofa, pesantren ini terus mengajarkan ilmu agama di wilayah sekitar.

Kemudian pada tahun 2006, pesantren ini mengembangkan salah satu jenjang pendidikan, yaitu SMK. Pertimbangannya adalah kebutuhan masyarakat dalam SDM yang siap kerja, namun memiliki akhlaq karimah.

Maka dibuatlah SMK. Yang bagus, pendidikan pesantrennya tetap kental mewarnai santri yang tinggal di dalam. Bahkan ada kewajiban mengkhatamkan kitab-kitab semacam Jawahirul Kalamiyah (Aqidah). Dalam sudut pandang kami, hal ini tidak banyak dilakukan oleh siswa SMK.

Asrama pun berada di sekitar rumah kyai dan para abdi pengasuh pondok. Maka jika ingin SMK bernuansa pesantren, kami rekomendasikan SMK Darma Plus.

Tentu saja hal ini menjadi kelebihan SMK Pesantren Darma Plus Lamongan yang pertama.

Jurusan Yang Dibutuhkan

Kelebihan SMK Pesantren Darma Plus yang kedua adalah terletak pada jurusan yang tersedia. Tiga jurusan yang ada di dalamnya merupakan jurusan yang sangat dibutuhkan di era modern seperti sekarang.

Pertama adalah jurusan teknik komputer dan jaringan. Jurusan ini sangat dibutuhkan di era internet seperti sekarang. Juruan teknik komputer dan jaringan bahkan bisa menjadi basis sebagai seorang programmer. Kenyataannya, alumni dari SMK ini ada yang menjadi programmer di PT. Pelindo III Surabaya, Rizki, alumni 2013.

Kedua, adalah jurusan mekanik otomotif. Jurusan ini menanamkan keahlian tentang dunia otomotif, terutama motor. Ketika siswa berada di asrama, maka keahlian akan tumbuh berkembang. Kenyataannya dunia otomotif terus berkembang, dan kebutuhan di dunia ini tidak pernah berhenti.

Ketiga, adalah jurusan pemasaran. Bisa dikatakan adalah entreupener. Jurusan ini lebih kepada bagaimana teknik pemasaran. Oleh sebab itu siswa dilatih dalam dunia kerja. Bahkan pesantren memiliki lini usaha yang langsung bisa menjadi objek praktek santri.

SMK Plus Tahfidz Quran

Menurut kami, kelebihan SMK Pesantren Darma Plus yang paling menonjol adalah aspek pesantren tahfidz Quran yang ada di dalamnya. Pesantren ini memiliki kurikulum tahfidz Quran selama tiga tahun, 30 juz.

Sebenarnya jika Anda tidak mengambil sekolah formal, hanya masuk pesantren, pendidikan tahfidz Quran di pesantren ini bisa ditempuh dalam waktu satu tahun. Namun jika Anda masuk sebagai santri sekaligus menjadi siswa SMK, maka lebih baik memilih tahfidz Quran regular, yaitu 3 tahun.

Setiap tahun santri memiliki kewajiban 10 juz. Tidak berat jika melihat kondisi yang ada di pesantren. Bimbingannya langsung kepada kyai yang tempat tinggalnya menyatu dengan asrama santri.

Kelebihan SMK Darma Plus lainnya adalah praktek menjadi imam di masjid selama Ramadhan. Bukan imam biasa, tapi imam 30 juz Al Quran. Tentu hal ini sangatlah istimewa, siswa SMK bisa menjadi imam masjid adalah hal bagus untuk kemajuan bangsa.  

Kerjasama Dunia Kerja

SMK Darma Plus Lamongan Jawa Timur juga memiliki banyak kerjasama dengan lapangan kerja. Dalam dunia komputer memiliki kerjasama dengan Mikrotik, dalam dunia otomotif kerjasama dilakukan dengan bengkel Honda, Suzuki, dan Yamaha.

Tentu hal ini menjadi keuntungan bagi siswa. Mereka tidak hanya belajar, tapi langsung terjun ke dunia kerja dan mempraktekkannya. Akibatnya, keahlian yang dimiliki siswa SMK Darma Plus menjadi lebih matang dan siap masuk dalam dunia kerja.

Biaya Sangat Murah

Kelebihan SMK Pesantren Darma Plus Lamongan yang paling istimewa adalah biayanya yang sangat murah. Untuk pendaftaran hanya sebesar Rp. 950.000. Hal ini sudah termasuk dengan pendaftaran pondok pesantren.

Anda hanya tinggal memilih program tahfidz, dan jurusan yang ada di dalamnya.

Untuk bulanannya hanya dikenakan Rp. 550.000. Biaya ini sudah termasuk biaya pendidikan di SMK, juga makan tiga kali setiap hari.

Ketika kami telisik, mengapa biaya bisa semurah ini, ternyata pesantren memiliki tiga unit usaha yang menopang kebutuhan santri. Pertama adalah pembuatan rak dan pintu, fotocopy, dan transportasi.

Namun demikian untuk fasilitas, tentu tidak mewah, seperti pesantren salaf yang ada di Jawa umumnya.

Dengan beberapa kelebihan yang sudah kami jelaskan, SMK Pesantren ini menjadi rekomendasi SMK Pesantren di Lamongan, dan Jawa Timur.

Jika ingin mengetahui lebih dalam, atau info lebih lanjut, atau ingin mendaftar bisa menghubungi 0856-0446-0517, ustadzah Eli. Anda bisa bertanya-tanya, insya Allah akan dijawab dengan ramah.

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *