Pesantren Baitul Quran Maribaya Murah dan Ada Beasiswa

Posted by

Pesantren Baitul Quran Maribaya Purbalingga merupakan salah satu lembaga pendidikan terbaik. Pesantren ini pun sudah berhasil mencetak para santri penghafal al qur’an yang tidak hanya berakhlakul karimah namun juga memahami ilmu sains dan teknologi di era ini.

Maka dari itu, kami  sangat tertarik untuk mengulas lebih jauh tentang ponpes ini. Di antaranya informasi tentang profil singkat hingga sistem pendidikan di pesantren ini.

Pesantren Baitul Quran Maribaya

Pondok Pesantren Baitul Quran Asy Suyuti ini berada di sebuah desa bernama Maribaya, tepatnya di daerah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Di bawah asuhan Ustadz bernama Yasin Yusuf Eva Nurdiyanto.

Pondok yang memadukan antara pendidikan formal dan pesantren ini sangat menekankan aspek adab dan sikap yang bercermin dari diri Rasulullah SAW sebagai tauladan yang berlandaskan pada al qur’an dan sunnah.

Pesantren Baitul Quran Maribaya

Pendidikan di Ponpes Baitul Quran Maribaya

Pesantren Baitul Quran Maribaya Purbalingga mendirikan sebuah sekolah resmi dengan sistem boarding school tingkat MTs atau setara dengan SMP bernama MTs Saintect Al Qur’an pada tahun 2020 lalu. 

Ponpes ini menekankan pada 3 aspek paling penting pada santrinya yaitu ilmu adab yang berlandaskan pada al qur’an dan sunnah. Seperti menghormati guru, menghormati orang tua, menjadi pembiasaan.

Sehingga para santri pesantren Baitul Quran Asy Suyuti juga diajarkan bagaimana bisa menjadi penghafal qur’an yang memiliki pribadi yang qur’ani.

Tahfidz Quran di Marabaya Purbalingga

Selian pendidikan formal, di Pesantren Baitul Quran Marabaya juga fokus pada tahfidz Quran. Metode yang digunakan adalah Yanbu’a yaitu cara mempelajari membaca, menulis dan menghafal al qur’an dengan cepat, mudah dan tetap sesuai ilmu tajwid-nya, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Ini sudah pasti sangat membantu para santri dalam proses hafalannya. Karena metode Yanbu’a yang berasal dari Kudus sangat terkenal sekali. Juga cukup ketat.

Lulusan Ponpes Asy Suyuti Purbalingga

Adapun target lulusan yang telah ditetapkan oleh pesantren sesuai dengan program yang diikuti santri di antaranya:

  • Takhassus 1: Hafal al qur’an 30 juz dalam waktu 1-2 tahun
  • Takhassus 2: Hafal al qur’an  30 juz dalam waktu 1-2 tahun

Adapun kelas reguler memiliki target sebagai berikut. Untuk kelas Ula’ ( siswa hafal kitab Aqidatul Awam, kitab Hidayatus Sibyan, kitab Ta’lim Muta’alim dan al qur’an 30 Juz

Sedangkan Wustho (siswa hafal kitab Nadhom Jurumiyah Indonesia, kitab Nadhom Sorof Indonesia dan al qur’an 30 Juz).

Para santri Pesantren Baitul Quran Pubalingga juga diajarkan ketrampilan secara teori maupun praktik. Seperti bercocok tanam dan memanfaatkan teknologi YouTube sebagai sarana dakwah.

Kegiatan Bulanan Baitul Quran

Kegiatan bulanan untuk para santri berupa muhadhoroh 3 bahasa yang diadakan pada Kamis malam, kalaman dan simaan al qur’an di hari Jumat, dan olahraga jama’ah di hari Ahadnya.

Fasilitas dan Eskul Pesantren Purbalingga

Fasilitas yang tersedia di Pesantren Baitul Quran Marabaya sudah memenuhi standar boording school pada umumnya yaitu asrama, ruang kelas bertingkat, masjid, hingga sarana olahraga.

Sedangkan untuk kegiatan ekstrakulikulernya cukup beragam seperti pencak silat, Muhadhoroh, Qira’ah, Rebana, dan Olahraga.

Selain itu ada juga kegiatan ekskul seperti Arabic Class, dan English Development Skill yang bertujuan untuk mengasah kemampuan bahasa para santri terutama dalam berbahasa Arab dan Inggris.

Keunggulan Pesantren Baitul Quran Maribaya

Pondok ini termasuk juga sebagai lembaga sosial anak yang mengambil peran dalam menyetarakan dan mensejahterakan para santri dari kalangan yatim, maupun dhuafa. Bahkan menerima anak terlantar untuk menjadi bagian dari santri ini.

Ada program beasiswa yang diadakan untuk para santri yatim, dhuafa  dan tentu saja yang berprestasi seperti Hafidz dan Hafidzah, minimal 15 Juz.

Selain program bahasa Arab dan Inggris, masih banyak program unggul lainnya seperti Amsilati yaitu metode belajar membaca kitab kuning dengan lancar hanya dalam waktu 3-6 bulan saja. Kemudian ada Dakwah Milenial yang memanfaatkan media sosial dan YouTube sebagai media dakwah para santri.

Terakhir ada program entrepreneur guna membimbing santri agar memiliki jiwa berwirausaha yang mandiri dan islami.

Pendaftaran dan Biaya Masuk

Jika berminat, pesantren ini sedang membuka pendaftaran untuk tahun ajaran baru 2022-2023. Tapi sayangnya kami masih belum menemukan rincian untuk biaya masuknya.

Tapi untuk biaya bulanannya hanya sebesar Rp350.000, sudah termasuk makan tiga kali sehari. Menurut kami ini tergolong murah.

Jika ingin melihat pesantren lainnya di Purbalingga bisa kunjungi link ini. Kami sudah sediakan informasi lengkap dan biaya masuk sebagai bahan pertimbangan.

Alamat Lengkap Baitul Quran Purbalingga

Anda bisa mengunjungi website resminya di sini untuk mendaftar dan mengisi formulir via online. Atau hubungi langsung pihak pesantrennya ke nomor ini 0857 9937 9336 (putra) dan 0821 1336 18155 (putri) untuk mendapatkan info lebih lengkap serta valid.

Dan jika ingin mengunjungi langsung pesantren, silakan datang ke  RT 1 RW 3, Dusun Karang Tengah, Desa Maribaya, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga. Gunakan Google Map supaya memudahkan perjalanan ke sana. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *