Pesantren Nurul Fikri Serang | Tahfidz Quran, Biaya Wah Gizi Sip

Posted by

Pesantren Nurul Fikri Serang cukup dikenal di Indonesia. Apalagi kisah para santri penghafal al-qur’an yang selamat dari terjangan tsunami di pesisir Banten pada akhir tahun 2018 silam itu viral. 

Mereka lah santri-santri Nurul Fikri Boarding School Serang, Banten atau dikenal sebagai Pesantren Ibnu Salam Nurul Fikri dengan jenjang pendidikan SMP dan SMA Islam.

Seperti apa profil pondok pesantren para santri penghafal qur’an yang selamat dari terjangan tsunami yang sempat menghebohkan jagat raya itu? Berikut ulasannya. Kami himpun dari beragam sumber dan website resmi. 

Profil Pesantren Nurul Fikri Serang

Pesantren NurulFikri berada di bawah Yayasan Pesantren Ibnu Salam Nurul Fikri. Nurul Fikri Boarding School Serang dibangun pada 19 juli 1999 yang saat ini memiliki luas lebih dari 30 Ha.

pesantren nurul fikri serang

Pesantren Nurul Fikri Serang memiliki kesamaan yang tidak jauh berbeda dengan boarding school lainnya. Khas sekolah berasrama yang mengintegrasikan program pendidikan ilmu agama dengan ilmu umum. 

Nah, menariknya ponpes ini memiliki tahfidz al-qur’an. Tidak hanya menghafal al-qur’an saja, tetapi juga penyempurnaan dalam pelafalan al-qur’an dalam praktiknya. Artinya pesantren Nurul Fikri Serang memberatkan aspek Al Quran.

PanduanTerbaik.id

Tahfidz Quran di Nurul Fikri

Nurul Fikri Boarding School Serang bukan hanya mempersiapkan calon pemimpin bangsa yang berintelek, namun juga hafidz qur’an dengan sanad qiroah hafs.

Program tahfidz ini menurut kami cukup istimewa. Karena menurut kami, Pesantren Nurul Fikri Serang menawarkan program tahfidz dengan karantina 60 hari di Indonesia dan 120 hari di Turki.

Meskipun program ini tidaklah wajib, Nurul Fikri Boarding School Serang memberikan privilege bagi para santri yang mengikuti program tahfidz sanad qiroah hafs ini.

Bentuk privilege yang diberikan pun tidak main-main. Karena para santri mendapatkan akselerasi kurikulum SMA selama 1 tahun hanya dalam 5 bulan saja, selain itu para santri berkesempatan untuk memperdalam studi sains dan sejarah para ilmuan islam yang ada di Turki. 

Pemenang Adiwiyata Nasional

Berbicara mengenai sarana dan pra-sarana yang ada di Pesantren Nurul Fikri Boarding School Serang ini, maka keunggulan utamanya adalah memiliki letak geografis yang bersahabat dengan alam.

Suasana yang teduh, asri, bebas polusi, dan berhawa sejuk ini menjadikan Nurul Fikri Boarding School Serang sebagai tempat belajar yang nyaman untuk para santrinya. 

Pohon-pohon berjejer sepanjang jalan nan rindang dengan danau yang menjadi ikon Pesantren Nurul Fikri Serang. Hal ini memberikan efek sekolah yang ramah lingkungan dan juga menenangkan. Tidak lupa, para santri putera dan puteri memiliki lingkungan yang terpisah. 

Tidak heran, Pesantren Nurul Fikri ini mampu menyabet juara adiwiyata nasional pada tahun 2013 silam. Ini prestasi yang tidak banyak dimiliki sekolah nasional. 

Menu Makan Pesantren Nurul Fikri Banten

Satu hal lain yang menarik perhatian kami. Yakni menu makan para santri di Nurul Fikri Boarding School Serang. Sesuai dengan namanya, Nurul Fikri Boarding School Serang ini menyiapkan menu yang “modern”.

Jika biasanya pondok pesantren identik dengan menu makan sate “sayur-tempe tahu-terong”, Pesantren Nurul Fikri Serang lebih bervariasi bahkan memasukkan menu internasional di dalamnya.

Seperti spagheti, burger, dan kebab. Nurul Fikri Boarding School Serang bahkan menyiapkan tim dapur yang memiliki spesialisasi ahli gizi khusus yang bertugas mengawasi asupan gizi para santri disini.

Dengan demikian, orang tua dan wali santri tidak perlu takut lagi, anak yang di sekolahkan di Nurul Fikri Serang Banten kemungkinan besar akan betah dan nyaman. 

Pendaftaran dan Biaya Masuk 

Bagi orangtua dan wali santri yang ingin mendaftarkan anaknya di Nurul Fikri Boarding School Serang terdapat dua pilihan.

Yang pertama calon santri baru dapat melakukan pendaftaran secara mandiri atau via online melalui website resmi Nurul Fikri Boarding School Serang. Atau via offline dengan datang langsung ke Nurul Fikri Boarding School Serang. 

Untuk mendaftatarannya, Nurul Fikri Boarding School Serang terdapat dua gelombang. 

  • Gelombang pertama dimulai sekitar September hingga November
  • Gelombang kedua sekitar November hingga Januari

Berdasarkan informasi yang berhasil kami himpun baik melalui website resmi Nurul Fikri Boarding School Serang biaya masuk untuk calon santri baru sekitar 36 juta dan dikenakan biaya pendaftaran sekitar Rp. 550.000 ribu rupiah. 

Menurut kami biaya masuk pesantren ini cukup lumayan. Masuknya kelas Islamic Boarding School. Bisa dibandingkan dengan yang ada di Bogor, kami sudah mereview beberapa di sini disertai dengan biaya dan keunggulan. .

Alamat Lengkap

Nurul Fikri Boarding School Serang berlokasi di Jl. Pasta Kp. Cihideung RT. 16/05 Ds. Bantarwaru, Kec. Cinangka, Serang – Banten 42167. Jika bingung bisa ikuti Google Maps yang kami sediakan. 

Untuk informasi lebih lanjut hubungi +628 7777 8 33303. Atau info lebih valid bisa kunjungi website resmi Nurul Fikri Boarding School Serang di sini https://nfbs.or.id/ 

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *