Pesantren Darul Muttaqien Bogor | Biaya, Fasilitas dan Keunggulan

Posted by

Pesantren Darul Muttaqien Bogor merupakan salah satu pesantren favorit dengan model pendidikan modern. Letaknya di Parung, cukup strategis. Sehingga banyak menarik minat masyarakat Jabodetabek. Oleh sebab itu kami tertarik mengulasnya lebih jauh.

Kami akan merangkum informasi dari website resmi, brosur yang kami dapatkan, ditambahkan bebeberapa komentar dari kami. Di antara yang kami bahas adalah profil pendidikan, fasilitas ponpes Darul Muttaqien Parung, serta biaya pesantren. Semoga bermanfaat

Profil Pesantren Darul Muttaqien Parung

Pesantren Darul Muttaqien Parung didirikan pada tahun 1988. Pesantren ini secara sejarah masih memiliki kaitan erat dengan pesantren Darunnajah Jakarta, karena dua tokohnya ikut serta dalam proses pendirian.

Pesantren ini berkembang cukup pesat, memiliki banyak jenjang pendidikan, dari RA, SDIT hingga SMP, serta TMI. Jenjang terakhir adalah khusus untuk pondok pesantren. Kami di ulasan ini lebih fokus kepada jenjang TMI pesantren Darul Muttaqien Bogor.

pesantren darul muttaqien bogor

Pendidikan di Darul Muttaqien Bogor

Di ponpes Darul Muttaqien Parung ini sistem pendidikan yang dianut adalah TMI, singkatan dari Tarbiyatul Mu’allimin Al Islamiyah. Yaitu sistem pendidikan yang menyatukan kurikulum umum dengan pesantren dalam satu sistem dengan model pembelajaran di kelas.

Sistem ini rujukannya adalah kurikulum KMI yang berasal dari Pesantren Gontor Ponorogo. Darul Muttaqien memang dikenal sebagai pesantren alumni Gontor. Oleh sebab itu banyak aspek yang mirip dalam sistem pendidikan.

TMI Darul Muttaqien menerima siswa dari lulusan SD atau sederajat dengan pendidikan selama enam tahun. Adapun jika lulus SMP dan sederajat akan mendapatkan pendidikan selama empat tahun. Ada satu tahun tambahan untuk bimbingan bahasa agama dan lain sebagainya.

Ijazahnya juga akan diterima di banyak perguruan tinggi di Indonesia. Kalau di pesantren lain bernama Ijazah Mu’adalah yang sudah diakui oleh pemerintah Indonesia. Oleh sebab itu banyak yang masuk pesantren Darul Muttaqien Bogor.

Keunggulan Ponpes Darul Muttaqien

Keunggulan pesantren di Parung Bogor ini menurut kami yang utama adalah tempatnya yang sangat luas dengan suasana cukup hijau. Walaupun tidak di pegunungan tapi suasananya teduh sekali. Bayangkan luas lahannya sekitar 39 hektar. Wow. Pesantren besar lainnya biasanya hanya 10-15 hektar.

Sehingga pergerakan santri leluasa. Kami pernah hadir di pesantren ini dua kali. Cukup indah dengan tata ruang yang bagus di antara pepohonan seperti di tengah hutan sejuk.

Kedua, meskipun lahannya cukup luas, tapi santrinya masih belum begitu banyak dibanding luasnya. Sehingga cukup sunyi, dan nyaman untuk belajar. Menurut kami keunggulan yang utama dari Pesantren Darul Muttaqien Bogor adalah hal tersebut.  

PanduanTerbaik.id

Review Kegiatan Harian

Kegiatan santri akan dimulai pada 03:45, dari shalat Sunnah, hingga membaca Al Quran secara mandiri sampai 05:15, selanjutnya adalah materi bahasa di asrama selama lima belas menit.

Adapun kegiatan belajar mengajar cukup dominan sekali, dari pagi 07:00 hingga menjelang ashar. Nantinya sebelum dan selepas ashar ada membaca Al Quran atau halaqah dengan durasi sekitar tiga puluh menit.

Sore hari tersedia waktu untuk ekstra selama satu jam. Kemudian sebelum magrib ada kegiatan membaca Quran kembali, sedangkan selepas magrib ada halaqoh. Di sini terlihat membaca Al Quran begitu dominan.

Porsi bahasa akan ada kembali di waktu malam, sekitar lima belas menit. Dari kegiatan ini tampak bagaimana pendidikan di kelas dan di luar kelas berjalan dengan teratur di pesantren Darul Muttaqien Bogor.

Fasilitas Pondok Pesantren

Menurut kami untuk fasilitas pondok pesantren standard, tidak begitu mewah seperti boarding school. Kamar diisi beberapa orang, bersama. Fasilitas standard tersedia dengan dengan baik, masjid, kelas, lapangan luas, dan lain sebagainya.

Pendaftaran Tahun 2021

Pendaftaran pesantren dimulai dari 15 September dan ditutup kalau kuota sudah terpenuhi. Nanti kalau daftarnya bisa langsung kunjungi website resminya. Yang perlu disiapkan adalah tes masuknya.

Ada kesehatan, ada tes pengetahuan dasar seperti Matematika, Bahasa Arab, dan pengetahuan umum. Administratif standard, yang terpenting maksimal usia 14 tahun jika lulus SD, dan 17 tahun jika lulus SMP. Biaya pendaftaran sebesar Rp500.000.

Biaya Masuk Pesantren  

Biaya Pesantren Darul Muttaqien Bogor di tahun 2021-2022 sebesar Rp23.600.000, tapi belum termasuk seragam buku, dan uang kegiatan. Sedangkan untuk SPP bulanan sebesar Rp1.650.000 sudah termasuk biaya pendidikan, makan, laundry, dan asrama.

Namun demikian masih ada biaya tambahan seragam dan lainnya sekitar 3.5 jutaan. Artinya kalau ditotal biaya masuk sekitar 27 jutaan. Menurut kami biaya ini cukup lumayan. Bisa dibandingkan dengan pesantren terbaik di Bogor lainnya di link ini. Kami sudah sajikan keunggulan dan biayanya.

Alamat Lengkap Pondok Modern

Adapun alamat Ponpes Darul Muttaqien berada di Jalan Jakarta – Bogor No.KM. 41, Jabon Mekar, Kec. Parung, Bogor, Jawa Barat. Cukup strategis, berada tepat di pinggir jalan. Bisa ikuti google maps yang kami sediakan.

Jika ada pertanyaan, atau informasi yang lebih valid bisa kunjungi website resmi di https://darul-muttaqien.com/ nantinya kalau ada pertanyaan atau informasi tambahan bisa dicantumkan di kolom komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *