7 Panduan Terbaik Memilih Sepeda Motor Listrik

Posted by

Motor listrik sedang ramai. Apalagi terkait dengan gerakan ramah lingkungan yang memang menjadi perhatian dunia demi keseimbangan alam. Ditambah lagi harga BBM tidak pernah turun, cenderung naik.

Jika dihitung, untuk satu bulan rata-rata orang Indonesia membutuhkan sekitar 450.000 untuk bensin motor. Belum pajak kendaraan. Dan motor listrik berlawanan dengan itu. Membawa penghematan begitu besar bagi para penggunanya.

Namun demikian, perhatikan beberapa hal berikut sebelum memilih motor listrik. Jangan asal beli. Karena belum banyak pengguna, terkadang tidak banyak yang memperhatikan. Berikut 7 panduan terbaik memilih sepeda motor listrik.

Jarak Tempuh Sepeda Motor Listrik

Perhatikan jarak tempuh sepeda motor listrik terbaik. Sepeda motor listrik punya kelemahan jarak tempuh yang tidak jauh. Biasanya 30-50 km. Jarak tempuh sejauh itu tidak cukup jika digunakan untuk aktivitas seharian orang Indonesia. Kalau motor cukup ke pom bensin, isi selesai. Tapi sepeda motor listrik berbeda.

Meskipun ini kendaraan terbaik untuk masa depan, namun belum banyak stasiun pengisian listrik. Oleh sebab itu anjuran penjual pasti setelah memakai langsung dicas. Lihat saja bagaimana Migo. Sampai di stasiun selanjutnya ganti sepeda baru yang sudah dicas.

Maka jika anda ingin membeli sepeda motor listrik, panduan terbaik memilih sepeda motor listrik adalah mencari jarak tempuh yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Saran kami cari yang minimal memiliki jarak tempuh 50 km.

Durasi Cas Sepeda Motor listrik

Pasti Anda pernah cas handphone, tidak mungkin seperti ngisi bensin yang langsung penuh. Bahkan terkadang harus ditinggal tidur untuk menunggu penuh. Durasi cas sepeda motor listri terbaik juga demikian. Butuh waktu yang tidak sebentar, bahkan sampai 5 jam.

Bayangkan jika dalam perjalanan, ternyata baterai habis. Jauh mencari stasiun pengisian, sudah ketemu, ternyata nunggu minimal satu jam. Pasti tidak enak kan. Maka cari yang mampu mengisi baterai sepeda motor listrik terbaik lebih cepat.

Beberapa kini sudah mampu mengisi dalam durasi 2 jam. Bahkan ada yang lebih cepat lagi. Tergantung, merek. Maka carilah yang mampu mengisi dengan lebih cepat. Maka ada juga sepeda motor listrik terbaik yang menggunakan baterai swap. Atau ganti baterai.

Dealer Service Sepeda Motor Listrik

Siapa pun yang memiliki kendaraan pasti ingin tahu bagaimana fasilitas untuk service. Khawatirnya ketika ada kerusakan justru motor listrik terbengkalai. Maka Anda harus tahu di mana dealer resmi dari merek tersebut. Karena pasti ada sarana servicenya.

Oleh sebab itu cari dealer-dealer yang besar. Agar Anda tahu di mana service yang tersedia. Oleh sebab itu panduan terbaik memilih sepeda motor listrik adalah perhatikan sarana service. Sehingga motor listrik biasanya hanya tersedia di kota-kota besar.

Tanyakan Harga Baterai Sepeda Motor Listrik

Jika ingin memiliki sepeda motor listrik terbaik, maka tanyakan berapa harga baterai jika baterainya rusak. Baterai dalam sepeda motor listrik adalah komponen yang paling vital. Seperti mesin di motor biasa.

Panduan Memilih Sepeda Motor Listrik Terbaik

Maka tanyakan berapa harga baterainya. Karena ada sepeda motor listrik yang harganya murah, tapi ternyata baterai masih kosong. Ketika ditanya harga baterainya, buat geleng-geleng kepala, hampir setengah dari harga motor.

Memang kualitas baterai motor tersebut adalah kualitas terbaik. Namun kita juga harus berpikir kesehatan kantong kita. Inilah panduan terbaik memilih sepeda motor listrik.

Kemudahan Merawat Sepeda Motor Listrik

Anda pasti terbiasa dengan perawatan motor biasa. Tapi tidak dengan sepeda motor listrik terbaik. Sehingga tanyakan cara terbaik untuk merawatnya. Bisa jadi sangat berbeda. Tidak seperi motor yang setiap sekian kilo ke bengkel.

Kalau susah, mending jangan beli saja. Hehehee.

Hati-hati Musim Hujan

Banyak yang tidak sadar bahwa motor listrik memiliki komponen listrik yang vital. Maka musuh utamanya adalah air. Biasanya di brosur tidak tercatat bagaimana harus menghadapi air di musim hujan, namun Anda harus menanyakannya.

Ada yang hanya bisa sampai 20cm, karena kelistrikannya ada di bagian bawah. Jangan sampai tahu-tahu lewati banjir, kemudian motor Anda langsung konslet. Selesailah sepeda motor listrik terbaik Anda, bukannya berhemat, malah Ambyarrrr.

Merk Terbaik Sepeda Motor Listrik

Nah, berkaitan dengan panduan terbaik memilih sepeda motor listrik yang terakhir adalah, carilah merek yang familiar. Di Indonesia sudah banyak beredar motor listrik seperti dari Selis, Viar, U Winfly, dan macam-macam merek lainnya.

Kami sendiri pernah memiliki sepeda listrik saat belum tren sepeda motor listrik terbaik seperti sekarang. Hemat, dan mudah. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *