Pesantren Az Ziyadah Jakarta Timur | Tradisi Kitab Kuning dan Biaya

Posted by

Pesantren Az Ziyadah Jakarta Timur merupakan pondok pesantren legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1930. Jauh sebelum bangsa Indonesia merdeka. Oleh sebab itu tergolong lembaga pendidikan yang sudah mapan.

Berada di bawah naungan Yayasan Husna Waziyyadah, jumlah santrinya pun mencapai ribuan dan berasal dari seluruh penjuru daerah di Indonesia. Dengan demikian, kami tertarik untuk mengulas seluk beluk pondok legend ini.

Kami akan rangkum berdasarkan website resmi pondok, artikel, dan informasi lainnya yang ada di internet. Di antaranya adalah sejarah pesantren Az Ziyadah, Kurikulum Pendidikan, hingga pendaftaran dan biaya masuk. 

Sejarah Berdiri Pesantren Az Ziyadah Jakarta

Sejarah pesantren ini sangat unik. Berawal dari sebuah halaqoh di masjid Al-Husna sekitar tahun 1913-an. Yang kemudian kegiatan ini dilestarikan oleh penerusnya yakni KH. Ahmad Zayadi Muhajir dan kini dipimipin oleh KH. A. Muhajir Zayadi. 

pesantren az ziyadah jakarta timur

Dulunya identitas pondok pesantren ini adalah salafiyah, yang kental dengan ngaji sorogan dan bandongan. Tahun demi tahun, Pesantren Az Ziyadah mengalami kemajuan yang cukup pesat, sehingga konsep pondok ini dimodernisasi. 

Bekerjasama dengan Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami Pesanggrahan, mutu pendidikan di pesantren ditingkatkan dengan menambahkan kurikulum tarbiyatul mu’alimin – mu’alimat al-islamiyah (program pendidikan tsanawiyah dan aliyah 6 tahun). 

Kurikulum Pendidikan dan Pembinaan Santri

Meskipun mengadopsi program tarbiyatul mu’alimin – mu’alimat al-islamiyah, pondok pesantren ini juga menggunakan kurikulum kemenag dan kemendikbud. 

Jadi santri tetap mengikuti ujian nasional negara dan mendapatkan ijazah muadalah. Tersedia juga program paket A, B, dan C. Artinya jangan khawatir dengan pendidikan formal di ponpes Az Ziyadah Jakarta. 

Nah, pesantren ini mempunyai 2 sistem pembinaan santri yang dibimbing oleh bagian pengasuhan, mukim dan kalong. Ada santri mukim (berasrama) 24 jam di pondok, dan ada santri kalong (pulang – pergi). Jadi 12 jam di pondok, 12 jam lainnya di rumah. 

Pondok Pesantren Tertua di Jakarta Timur

Berdiri hampir 91 tahun, Pondok Pesantren Az Ziyadah Jakarta Timur tidak lekang dimakan usia. Masih terus mensyiarkan agama Islam melalui pendidikan pesantren. Bisa dikatakan salah satu pesantren tertua di Jakarta Timur. 

Lantas, apa keunggulan yang dimiliki pondok pesantren ini sehingga masih bisa terus eksis? 

Dilansir dari akurat.co, Pondok Pesantren Az Ziyadah ternyata tidak meninggalkan identitas aslinya. Maksudnya adalah pendidikan salafiyah tetap menjadi prioritas utama.

Kegiatan ngaji kitab kuning, fathulqorib, fathu muin, jurumiyah, alfiyah, hingga kitab-kitab tasawuf dan fiqih lainnya masih terus dilestarikan. Sorogan dan wetonan pun tidak pernah hilang. 

Inilah istimewanya Pondok Pesantren Az Ziyadah Jakarta Timur, meskipun sudah dimodernisasi tetap tidak meninggalkan pendalaman kitab kuning bagi santrinya. Apalagi hal tersebut di pesantren justru mulai banyak yang meninggalkan.  

PanduanTerbaik.id

Pendidikan Bathiniyah dan Pengembangan 

Selain sibuk belajar dan mengaji, para santri juga mendapatkan pendidikan bathiniyah. Pendidikan ini dilakukan secara rutin, kegiatannya pun macam – macam. Di antaranya mujahadah ke makam para auliya, khotmil qur’an, dan masih banyak lagi. 

Di pesantren Az Ziyadah Jakarta timur juga ada kegiatan pengembangan diri. Yakni membantu santri dan santriwati menemukan potensi yang dimilikinya. Sehingga mereka bisa menyelesaikan tantangan yang kelak muncul saat bermasyarakat. 

Seperti apa bentuk kegiatannya? Bentuknya adalah bimbingan konseling, istighotsah, munaqosah, do’a bersama, dan yang lainnya. 

Kegiatan ini dimasukkan ke dalam sesi pelajaran santri, dan dibimbing oleh guru beserta konselor. Sangat jarang bukan menemukan pondok pesantren yang mengadakan jam kelas khusus pengembangan diri? 

Pendaftaran Pesantren Az Ziyadah PPDB

Syarat pendaftaran pesantren Az Ziyadah Jakarta PPBD untuk peserta didik baru yakni mengisi formulir registrasi, selain itu ada beberapa berkas yang harus dilengkapi, di antaranya : 

  • Fotocopy akta kelahiran / kartu keluarga (KK) 
  • Fotocopy KTP ayah / ibu 
  • Fotocopy NISN
  • Fotocopy ijazah terakhir santri (yang sudah terlegalisir) 

Dan bagi santri / santriwati pindahan, jangan lupa membawa surat pindahan beserta rapor semester 1 dan 2. Ini pendaftaran di tahun 2021 2022.

Untuk sistem pendaftarannya, Pondok Pesantren Az – Ziyadah tidak menargetkan kapan batas akhir penerimaan santri baru. Artinya, jika kuota sudah penuh maka sistem pendaftaran segera ditutup. 

Biaya Masuk Pesantren Az Ziyadah 2021 2022

Adapun biaya masuk Pesantren Az Ziyadah 2021 2022 yang perlu dipersiapkan sekitar 2.4 juta rupiah. Meliputi biaya formulir, registrasi, uang kegiatan khutbatul arsy, dan LDKS. 

Selain itu masih ada biaya tambahan lainnya sekitar 5 juta rupiah untuk jenjang pendidikan MTs, dan sekitar 5.3 juta untuk Aliyah. Biaya masuk tersebut sudah mencakup biaya seragam, rapor, KTP santri, uang kesehatan, uang kas, biaya haflatul ikhtitam, dan biaya lainnya.

Sedangkan untuk biaya asrama santri, Anda perlu mengocek sekitar 1.2 juta. Dengan rincian : 

  • Uang makan 3x sehari Rp. 550.000 ribu
  • Kepengasuhan Rp. 500.000 ribu
  • Biaya tawakuf Rp. 150.000 ribu

Jika ditotal, biaya masuk Pondok Pesantren Az – Ziyadah sekitar 8.7 juta rupiah. Tergolong standar meskipun biaya asrama perbulannya cukup berat. Jika ingin pesantren lain di Jakarta bisa kunjungi link kami di pesantren terbaik di Jakarta

Atau menginginkan daftar pesantren yang gratis di Jakarta, juga bisa mengunjungi link kami di 5 Pesantren Gratis dan Bagus di Jakarta. 

Alamat lengkap Pesantren Az Ziyadah Jakarta Timur 

Anda bisa mengunjungi Pondok Pesantren Az – Ziyadah yang beralamat lengkap di Jalan Madrasah No. 1, Kampung Tanah 80, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur. 

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi bagian administrasi pondok di nomor telepon +62 813 8267 4621 (Ust. H. Abdul Wadud).  Atau klik website pondok di sini.

Jika ada kekeliruan informasi mohon dicantumkan di kolom komentar. Agar segera kami perbaiki. Jika ada lembaga pendidikan yang ingin direview cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *