Pesantren Turus Pandeglang | Pendidikan Lengkap Biaya Terjangkau

Posted by

Pesantren Turus Pandeglang merupakan salah satu pesantren tertua di Indonesia yang didirikan sebelum kemerdekaan adalah Pesantren Turus Pandeglang.

Oleh sebab itu tergolong pesantren legendaris. Sehingga kami tertarik untuk merangkum informasi pentingnya. Sumber kami adalah brosur pesantren di akun resmi Ponpes Turus Pandeglang.

Pesantren Turus Pandeglang

Berdiri pada tahun 1942, pesantren ini memiliki lahan seluas 3,5 hektar. terletak di kelurahan Kabayan, kecamatan dan kabupaten Pandeglang.

Lokasi tepatnya kurang lebih 2,5 kg dari kota Pandeglang ke arah tenggara menuju Rangkasbitung. Kini, Pesantren Turus menjadi salah satu pesantren yang banyak mengeluarkan alumnus terbaik.

Pesantren Turus Pandeglang

Sejarah Singkat Pesantren Turus Pandeglang

Pesantren Turus merupakan keinginan luhur KH. Tubagus bin Idrus untuk mewujudkan generasi muda yang taat beribadah, berakhlaqul karimah dan mampu beramal sholeh demi kemajuan masyarakat sangat besar.

Santrinya kemudian bertambah banyak, alumninya pun telah menyebar di berbagai wilayah. Pesantren akhirnya memutuskan untuk membuat lembaga yang berbadan hukum resmi, terbentuklah yayasan pondok pesantren Turus Pandeglang (YPP-Turus).

Seluruh santri wajib tinggal di asrama yang disediakan, kecuali santri dari TK dan MI yang kebanyakan berasal dari masyarakat sekitar.

Pendidikan Formal di Ponpes Turus

Lembaga pendidikan terdini yang dimiliki Pesantren Turus Pandeglang adalah TK di pagi hari dan MDA (madrasah diniyyah awwaliyah) di sore hari.

Sedangkan untuk anak-anak usia SD, pesantren Turus membangun madrasah ibtidaiyah. TK, MDA dan MI ini untuk masyarakat sekitar.

Bagi santri-santri yang sudah remaja, pesantren Turus membangun beberapa sekolah seperti Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, Madrasah Diniyah Awaliyah dan Madrosatul Quran Turus.

Keempat unit sekolah ini merupakan fasilitas pendidikan formal dan pendidikan agama tambahan bagi seluruh santri pesantren.  Jadi fasilitas pendidikan di pesantren Turus Pandeglang lengkap.

Pendidikan Diniyyah

Di pesantren Turus untuk pendidikan Islam, atau diniyyah dilakukan di waktu sore dan malam. Pembelajarannya lengkap, mulai dari kitab kuning, materi Tauhid, Tafsir, Hadist dan lain sebagainya.

Kegiatan Harian

03:30 – 05:30Shalat malam dan Subuh Berjamaah
05:30 – 06:30Pengajian MTQ & Kitan
06:30 – 07:15Makan dan Persiapan KBM
07:15 – 12:00KBM
12:00 – 13:00Istirahat dan Jama’ah dhuhur
13:00 – 15:00Ekstrakurikuler
15:30 – 17:00Ashar dan Diniyya
17:00 – 18:00Makan dan Magrib Jama’ah
18:00 – 19:30Isya’aini
19:30 – 20:00Shalat Isya
20:30 – 22:00Diniyyah

Ekstra Kurikuler Ponpes Turus

  • Pramuka
  • Komputer
  • Public speaking
  • Fahmil Quran
  • Syahril Quran
  • Qiraatul kutub
  • Kaligrafi
  • Qosidah rebana, marawis
  • Marhaban, sholawat, hadroh
  • Olahraga.

Kegiatan Mingguan & Bulanan

Sementara itu, kegiatan mingguan adalah rowian, barzanji dan khutbatutthasili di malam Jumat. Pada Jumat paginya, santri mengikuti kuliah subuh, senam santri dan olahraga, dan pengembangan tilawatil quran.

Adapun kegiatan bulanan adalah pengajian bulanan di Banten pada malam rabu awal bulan Hijriyah. Istighosah diadakan pada malam sabtu awal bulan masehi, sedangkan kunjungan orang tua diadakan pada hari ahad, minggu pertama bulan masehi.

Pendaftaran Pesantren Turus

Bagi anda yang berminat untuk mendaftarkan putra anda untuk mondok di Pesantren Turus dapat melengkapi beberapa kelengkapan administrasi pendaftaran. Bisa melalui  online

  • Foto copy ijazah dan SKHUN yang telah dilegalisir
  • Foto copy kartu ujian
  • Foto copy kartu NISN
  • Foto copy akta kelahiran dan KTP orang tua/wali
  • Surat keterangan baik dari sekolah asal
  • Foto bagi calon santri laki-laki bekemeja putih dan berpeci
  • Calon santri perempuan memakai kerudung putih dan gamis putih.

Pesantren Turus setahu kami tidak menerima santri pindahan yang ingin naik langsung ke kelas akhir di MTs atau MA, kecuali jika calon santri bersedia untuk kembali ke kelas sebelumnya atau kelas 2.

Biaya Masuk 2022-2023

Sebagai informasi tambahan, kami akan sertakan besaran biaya masuk pesantren Turus Pandeglang 2022-2023. Bagi biaya formulir pendaftaran adalah Rp 200.000. Sedangkan biaya untuk santri baru cukup variatif.

JenjangBiaya MasukSPP Bulanan
MIRp4.105.000Rp560.000
MTsRp6.905.000Rp630.000
MARp6.925.000Rp640.000
MA dari MTs TurusRp3.395.000 

Menurut kami biaya masuk Pesantren Turus tergolong terjangkau. Bisa disurvey dengan pesantren lainnya di Pandeglang melalui link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Alamat lengkap berada di Jalan Raya Rangkasbitung KM 2,5 PO BOX 02 Pandeglang 42212 Banten. Atau bisa ikuti Google Maps yang kami sertakan.

Untuk informasi lengkap, update, dan valid bisa kunjungi website resminya di sini. Atau ke (0253 – 205099) – 0813 8136 7445. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *