pesantren terbaik di salatiga

7 Pesantren Terbaik di Purwokerto | Modern, Mahasiswa, dan Salafiyah

Posted by

Pesantren Terbaik di Purwokerto | Purwokerto berbeda dengan Purwakarta. Jangan sampai salah ya. Kalau Purwokerto terletak di Jawa Tengah. Kota ini dikenal berada di kaki gunung Slamet, gunung yang tertinggi di Jawa Tengah. Oleh sebab itu sebagian tempatnya berada di dataran tinggi dan memiliki cuaca yang amat sejuk.

Di sinilah mengapa banyak pesantren berada di wilayah Purwokerto. Meskipun tidak ada pesantren yang sangat besar, seperti layaknya di Pacitan ada Tremas, di Ponorogo ada Gontor, namun demikian banyak pesantren terbaik di Purwokerto.

Kami akan mengulas pesantren terbaik berdasarkan review di internet, rating Google, dan juga unsur subjektivitas tim panduanterbaik.id yang akan memudahkan wali murid mencari informasi. Bisa dibaca kriteria pesantren terbaik di sini.

Pesantren Darussalam Purwokerto

Salah satu pesantren terbaik di Purwokerto ini terletak di Dukuhwaluh, Kembaran, Purwokerto. Berdiri pada tahun 2003, pesantren ini berkembang cukup bagus, bahkan sudah pernah dikunjungi presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Pesantren ini memiliki beberapa jenjang, namun rekomendasi kami adalah yang jenjang Aliyah. Juga beberapa santri dari mahasiswa. Terutama karena diperbolehkan membawa smartphone dengan pengawasan yang ketat. Hal ini karena prinsipnya santri yang islami dan intelek, memiliki ketrampilan memadai seiring perkembangan teknologi.

Di pesantren ini ada tiga fokus pendidikan. Yang pertama adalah pembelajaran kitab klasik. Di sinilah santri memperdalam ilmu keislaman. Kedua adalah pendalaman bahasa asing seperti Bahasa Arab dan Inggris, dimaksudkan santri mampu menghadapi tantangan masa depan.

Yang ketiga adalah tahfidz Quran. Nah yang satu ini gedungnya khusus tidak bercampur dengan yang lain. Tentu agar mampu mencapai target yang sudah ditentukan. Oleh sebab itu pesantren ini menggabungkan antara tradisional dan modern. Untuk biaya masuk sekitar Rp3-4 jutaan. Biaya detil dan informasi lengkap bisa mengunjungi website resmi pesantren di sini. https://darussalampurwokerto.com/.

Pesantren Al Hidayah Karangsuci

Tidak berbeda dengan Darussalam, Al Hidayah Karangsuci merupakan lembaga pendidikan pesantren yang terletak di antara beberapa universitas, atau lembaga pendidikan tinggi, sehingga selain pesantren reguler, juga menerima pesantren mahasiswa.

Karakteristik pesantren Al Hidayah Karangsuci sebenarnya adalah pesantren tradisional, terutama dari model pendidikan berbasis madrasah diniyah dari ula, wustho, hingga ulya. Sehingga kemampuan yang paling dikedepankan adalah kajian kitab kuning, klasik yang membahas keilmuan Islam secara mendalam.

Baca: 7 Jenis Pesantren di Indonesia dari Modern hingga Salafiyah

Bahkan setiap hari ada tiga waktu pembelajaran agama, dari selepas ashar, magrib, dan selepas isya. Cara berpakaian juga khas pesantren salafiyah, berpeci putih dan sarung. Jumlah santrinya lebih dari 700, di antaranya adalah mahasiswa, sedangkan yang di internal rata-rata adalah santri jenjang SMK.

Untuk biaya masuk pesantren ini tergolong murah, yaitu Rp2.8 jutaan. Info lengkap bisa mengunjungi website resmi pesantren di sini, https://karangsuci.com/.

Pesantren At Thohiriyah Karangsalam

Kali ini pesantren terbaik di Purwokerto yang kami pilih adalah pesantren al Quran, yaitu Pesantren At Thohiriyah, Karangsalam. Pesantren ini memiliki fokus yang baik pada aspek hafalan Al Quran. Sesuai dengan sang Kyai, Toha Alawiy, beliau adalah hafidz Quran.

Di pesantren ini Al Quran menjadi nyawa kegiatan. Dari selepas subuh, tartilan Al Quran dan sima’an Al Quran bagi yang sudah hafal Al Quran. Sore juga kembali mendekati Al Quran, yaitu mengaji. Selepas magrib kembali bersama Al Quran. Hingga malam juga demikian.

Pendidikan Islamnya ada pada madrasah diniyah sekitar pukul delapan malam. Sedangkan waktu pagi lainnya untuk pendidikan formal hingga siang dan sore. Biaya pendidikan untuk pesantren cukup murah. Hanya Rp1.1 jutaan. Website resmi bisa dikunjungi di sini, https://www.thohiriyyah.com/.

Pesantren Khusus Putri Al Jamil

Santrinya sedikit, hanya ratusan, tapi yang membuat kami memasukkan menjadi salah satu pesantren terbaik di Purwokerto adalah kekhususannya dalam mendidik santri putri. Khusus putri saja. Alasannya sederhana, agar tidak ada fitnah.

Nama pesantren sendiri konon dari pendiri yang bernama KH. Abdul Jamil yang sudah membangun sebelum masa kemerdekaan Republik Indonesia.

Pendidikannya memiliki model tradisional dengan fokus pada pembelajaran kitab kuning. Pesantren beralamat di Mersi, Purwokerto Timur ini memiliki santri dari beragam daerah dari Jawa Tengah, hingga Jawa Barat.

Jika hadir bulan Ramadhan, maka kajian Al Quran diperbanyak. Tempatnya sejuk. Cocok untuk belajar. Pendidikan formalnya ada MTS dan Aliyah. Bagi perempuan yang ingin nyantri, pondok ini nyaman dan aman. Oleh sebab itu kami jadikan pesantren Al Jamil sebagai pilihan.

Pesantren Darul Abror Watumas

Berawal dari kegiatan masyarakat, semacam pengajian ibu-ibu, sekolah TPQ untuk anak-anak, kemudian berkembang menjadi pesantren di Purwokerto Utara. Namanya Darul Abror yang didirikan oleh Kyai Taufiqurrahman beserta masyarakat pada tahun 1997.

Memang pesantren ini ada kelemahan, yaitu tempatnya masih butuh sentuhan agar lebih baik lagi. Terutama karena animo santri yang lumayan. Apalagi pembelajaran di dalamnya cukup baik. Terutama dalam kaitannya dengan pendalaman ilmu Islam.

pesantren terbaik di Purwokerto
Pesantren Darul Abror | Sumber: Youtube

Ada tiga tingkatan di pesantren ini, dari kelas ula, hingga ulya, kelas 1 hingga kelas tiga. Salah satu targetnya adalah mampu membaca kitab kosongan, atau kitab kuning gundul. Hal ini tentu menjadi salah satu identitas pesantren yang patut dipertimbangkan.

Selain itu ada pula pendidikan tahfidz Quran untuk para santrinya. Sedangkan untuk ketrampilan santri akan dibekali dengan kewirausahaan. Oleh sebab itu pesantren tradisional ini bisa menjadi pesantren pilihan di Purwokerto.

Pesantren Mahasiswa Al Amin

Nama Al Amin sesungguhnya berasal dari sosok yang berjasa meninggalkan fondasi pesantren, yaitu Siti Aminah. Pesantren ini kemudian berkembang hingga kini memiliki santri berjumlah 300-an dari seluruh Indonesia.

Namun ada yang spesial dari pesantren ini. Dalam sudut pandang kami pesantren ini lebih banyak diisi oleh mahasiswa. Sehingga muatan pendidikan yang ada di dalamnya sudah disesuaikan dengan pendidikan untuk santri dewasa.

Yang dipelajari di pesantren ini adalah kitab-kitab klasik semacam Mabadi’ Fiqih, Jurumiyah, Hidayatus Sibyan, Aqidatul Awam. Jika diperhatikan, tujuannya adalah membekali mahasiswa dengan pengetahuan Islam yang mendasar agar menjadi bekal kehidupan di masa depan.

Inilah beberapa pesantren terbaik di Purwokerto versi PanduanTerbaik.id. Nomor 7 sengaja kami kosongkan agar mendapatkan usulan dari pembaca. Jika ada informasi belum lengkap mohon bisa disampaikan di kolom komentar agar bisa menjadi informasi lebih bermanfaat untuk para pencari informasi di dunia pendidikan, sekolah dan pesantren.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *