pesantren terbaik di NTB

7 Pesantren Terbaik di Salatiga | Agro Bisnis hingga Pesantren Murah

Posted by

Pesantren terbaik di Salatiga cukup menarik untuk diperhatikan. Salah satu sebabnya adalah kota Salatiga yang berada di antara tiga gunung, yaitu Merbabu, Gunung Gajah, dan Gunung Telomoyo. Bahkan di zaman Hindia Belanda kota ini menjadi salah satu favorit tempat tinggal bagi orang kulit putih, terutama karena keindahan kota dan juga kesejukannya.

Kota ini menjadi lintasan utama antara Solo dan Semarang. Sehingga masyarakat di dua kota tersebut seringkali mencari pesantren terbaik di Salatiga. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami ingin mengulas beberapa pesantren modern, klasik, NU, salaf, pesantren favorit, juga pesantren unggulan di salah satu kota terindah di Jawa Tengah.

Nomor urut bukanlah ranking. Kriteria kami tentang pesantren terbaik bisa dilihat di sini.

Pesantren As Surkati | Pesantren Tahfidz Quran Sains

Ini adalah pesantren tahfidz Quran di Salatiga. Pesantren ini memiliki model pendidikan modern namun tetap mempertahankan beberapa model klasik seperti kajian bersama tentang pembelajaran agama.

Uniknya pesantren ini hanya menerima satu kali masa pendaftaran 70 orang. Biasanya pesantren yang demikian karena memang gedungnya tidak mencukupi, atau pihak pesantren ingin fokus melahirkan pendidikan yang terbaik. Semakin banyak santri membutuhkan usaha lebih besar.

Pesantren ini memiliki jenjang khusus SLTA. Targetnya adalah hafal 30 Juz Al Quran, juga hafal 400 hadist, plus lulus UN untuk jurusan MIPA. Mirip dengan Isy Karima kalau di wilayah Solo. Pesantren ini pada akhirnya menjadi salah satu tujuan pendidikan bagi mereka yang ingin kualitas MIPA bagus, dengan tahfidz Quran yang mumpuni.

Untuk biaya pendaftaran di pesantren ini sebesar Rp15.000.000 (2019) dengan SPP setiap bulannya Rp1.400.000. Info lengkap bisa dilihat di website resminya di sini, https://mahad-assurkati.sch.id/

Pesantren Agro Nur El Falah | Unik

Pesantren ini bisa dikatakan salah satu pesantren unik di Salatiga, juga pesantren unik di Jawa Tengah. Di saat yang lain fokus pada bidang teknologi, MIPA, tapi pesantren yang satu ini justru fokus pada Agro Bisnis dan Agro Industri. Alasannya sederhana, karena hakikatnya Indonesia merupakan negara agraris.

Secara pesantren, model asrama digunakan mekanisme pesantren Gontor, ada latihan pidato dan penataan waktu yang teratur. Sedangkan secara pendidikan formal ada jenjang SMP dan SMA. Kemudian ada kajian kitab kuning seperti layaknya pesantren-pesantren klasik di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kelebihan lain dari pesantren Agro Nur El Falah adalah bagaimana biaya pendidikan menggunakan subsidi silang. Jadi yang mampu akan memberikan subsidi kepada yang tidak mampu dengan mekanisme yang diatur oleh pesantren. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Salatiga.

Pesantren Nazzalal Furqon

Pesantren ini punya sejarah yang menarik. Karena ternyata berawal dari cinta pendiri dengan istrinya. Keduanya dititipi satu anak yang kemudian menjadi cikal bakal pendidikan di pesantren. Dari satu anak itulah kini sudah mencapai 100 santri putra dan 200 santriwati.

Pesantren ini memang fokus pada pendidikan tahfidz Quran. Visinya saja menjaga Al Quran sampai mati. Sehingga hampir semua kegiatan pesantren penuh dengan kegiatan menghafal atau membaca Al Quran.

Sedangkan kegiatan mingguan lainnya berupa kajian kitab kuning seperti Fathul Qorib, Kifayatun Nisa, Sullamut Taufiq.

Secara metode menghafal standard, bahkan cenderung kepada bagaimana santri mampu memanfaatkan waktu. Jika sungguh-sungguh, maka akan menghasilkan santri yang hafal Quran. Dan Kyai selalu siap sedia di pesantren menerima hafalan. Jika ingin tahfidz Quran sekaligus membaca kitab kuning, Pesantren Nazzalal Furqon adalah salah satu pilihannya.

pesantren terbaik di salatiga
foto ilustrasi dari pixabay.com

PPTI Al Falah Salatiga

Pesantren Al Falah Salatiga merupakan salah satu pesantren tua di kota pensiun ini. Berdiri pada tahun 1986, pesantren ini lahir tidak hanya untuk mencerdaskan santri, tapi juga membantu membuat santri bisa mandiri.

Pesantren ini memiliki pendidikan entrepreunership melalui BUMP, yaitu badan usaha milik pesantren. Santri langsung praktik di unit usaha seperti laundry, perikanan, koperasi dan lain sebagainya.

Namun demikian pesantren ini rata-rata ditempati oleh santri yang memiliki pendidikan formal di luar pesantren. Seperti SMP di luar pesantren, juga ada santri mahasiswa, karena memang tidak ada ketentua usia. Hingga sekarang santrinya mencapai 400 santri.

Model pendidikan seperti madarasah, ada kelas Ula, Wustho, dan Ulya. Yang diajarkan seperti aqidatul awam, Sulam Taufiq, untuk nahwu seperti alfiah juga diajarkan.

Pesantren ini juga sering dikunjungi tokoh seperti Ganjar Pranowo, dll. Artinya memiliki kedudukan yang cukup penting. Untuk pendaftarannya sekitar satu jutaan, termasuk biaya bulanan selama tiga bulan. Sangat murah. Website resmi bisa dikunjungi di sini. https://pptialfalahsalatiga.com/

Pesantren Hidayatul Mubtadi’in

Pesantren Hidayatul Mubtadi’in bisa dikatakan sebagai salah satu pesantren tertua dengan sejarah dimulai sejak 1926 oleh KH. Isyma’il. Awalnya hanya dua orang santri lalu kemudian terus bertambah hingga masa keemasan di tahun 1990-an mencapai 400-an santri. Namun saat ini santrinya hanya sekitar 130-an.

Pesantren ini memiliki model pendidikan klasik. Kajian kitab kuning menjadi pendidikan yang sangat kental. Seperti Uqudul Juman, Jauharul Maknun, dan lain sebagainya. Targetnya adalah menguasai ilmu Fiqh, Tasawuf, Tauhid dan keilmuan lainnya.

Rata-rata yang mondok di pesantren ini dari kalangan menengah ke bawah. Sehingga pesantren ini memiliki biaya pendidikan yang tidak mahal. Bahkan cenderung murah. Hanya sekitar 30.000-an ribu. Jika Anda memiliki kelebihan dana, bisa disalurkan untuk santri-santri di pesantren ini.

Inilah beberapa pesantren terbaik di Salatiga. Dua pesantren lainnya masih dalam tahap seleksi. Pembaca bisa memberikan usulan pesantren terbaik di Salatiga di kolom komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *