pesantren terbaik di pati

5 Pesantren Terbaik di Pati Jawa Tengah

Posted by

Pesantren terbaik di Pati melimpah, bahkan tinggal pilih. Sayangnya kota Pati memang tidak begitu terkenal. Bandingkan dengan kota di sekelilingnya seperti Kudus, Jepara, atau Rembang, ketiganya jauh lebih terkenal. Maka pesantren di Pati pada akhirnya tenggelam dalam kesunyian.

Tapi Pati sebenarnya sangat layak sebagai kota pesantren, keadaannya sangat sunyi. Terkenal dengan sebutan Bumi Mina Tani, karena memang rata-rata adalah petani. Oleh sebab itu banyak pesantren yang layak sebagai pesantren terbaik di Jawa Tengah.

Bahkan kalau masuk di wilayah ini akan ditemukan banyak pesawahan. Sehingga kota ini disebut sebagai kota pensiun, karena banyak yang menghabiskan waktu tua. Seperti kota Bondowoso.

Oleh sebab itu kali ini kami ingin mengulas pondok pesantren terbaik di Pati.

Pesantren Mathali’ul Falah Kajen

Bisa dikatakan pesantren terbaik di Pati adalah Mathali’ul Falah. Ini adalah pondok klasik yang mashur di wilayah Jawa Tengah dan disebut dengan Mathole’. Pesantren ini seperti layaknya Sidogiri di Jawa Timur.

Pendidikannya adalah Pendidikan murni pesantren salaf. Yaitu pesantren yang fokus pada kajian pendalaman Islam melalui kitab kuning. Hafalan matan alfiah menjadi hal yang wajib dilakukan oleh setaip santri.

Jika Anda ingin nyantri, semua diterima. Tidak ada namanya ditolak. Mungkin karena kyai memandang niat anak tersebut mulia. Hanya masalah di kelas berapa menjadi hak pesantren. Oleh sebab itu banyak sekali santri di pesantren yang berdiri pada 1912 tersebut.

Pesantren Terbaik di Pati tanpa Ujian Nasional

Hal istimewa lainnya adalah pesantren ini menggunakan kalender hijriah, tidak ada ujian nasional. Kurikulumnya tetap tidak berubah, ya ngaji kitab kuning itu. Kabar gembiranya santri akan mendapatkan ijazah mu’adalah, yaitu ijazah yang Sudah melalui pengakuan pemerintah.

Maka jika Anda ke Pati sempatkan untuk bertanya, “Mathole”. Semua pasti tahu karena pesantren tersebut salah satu pesantren terbaik di Pati. Mathole adalah salah satu impian para pencari ilmu di pesantren karena siapapun yang masuk akan mendapatkan banyak bekal pengetahuan. link perpustakaan Mathaliul Falah di sini.

Pesantren Raudhatul Ulum

Pesantren Raudhatul Ulum lebih dikenal dengan pesantren Guyangan. Itu merujuk kepada nama tempat seperti Gontor, dan Tebu Ireng, juga pesantren lainnya. Pesantren ini lahir di awal tahun 1950-an. Berkembang hingga sekarang santrinya sudah mencapai lebih dari lima ribu.

Secara keilmuan pesantren ini memiliki identitas dengan Pendidikan formal. Ada MTS dan Madrasah Aliyah. Namun untuk kelulusan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Jenjang Diniyah, Tsanawiyah harus hafal Nahwu Wadih dan Sorof (amisat tasrifiyah). Jejang atas ada lagi dan seterusnya. Sehingga secara kualitas tetap terjaga seperti dahulu kala.

Bisa dikatakan Pesantren Raudhatul Ulum merupakan salah satu pesantren besar di wilayah Pati Jawa Tengah. Namanya akrab di kalangan masyarakat. Juga pencari ilmu. s

Untuk biaya, di Pati dikenal sebagai wilayah pesantren berkualitas namun sangat murah. Untuk biaya awal hanya sekitar 750.000, sedangkan bulanan sebesar 310.000  (2020).

Pesantren Maslakul Huda

Satu lagi salah satu pesantren terbaik di Pati adalah Maslakul Huda. Pesantren ini berada di desa Kajen. Desa dengan segudang pesantren. Metode Pendidikan yang ada di dalamnya memiliki identitas khas kajian kitab kuning, namun secara sistem kesantriannya lebih modern.

Dari segi Pendidikan, pesantren ini memiliki kelebihan pada aspek ushul Fiqh. Ushul Fiqh adalah dasar dari ilmu fiqh yang menjadikan seorang ulama memahami mengapa diambil hukum yang demikian.

Bahkan di pesantren ini terdapat Ma’had Aly yang juga fokus pada aspek Ushul Fiqh. Maka banyak santri ke pondok ini yang ingin mendalami ilmu legendaris tersebut. Tentu kajian kitab kuning lain juga menjadi pokok pembahasan di pesantren tersebut.

Maka kami sebut sebagai pesantren unggulan di Pati, pesantren modern di Pati.

Pesantren UICCI Sulaimaniyyah

Pesantren Sulaimaniyah merupakan pesantren yang berafiliasi dengan Turki. Baik pola Pendidikan, pola pengajaran, sampai pengajar juga demikian. Atau dia lulusan Turki dari orang Indonesia.

Pesantren Sulaimaniyyah identic dengan pesantren tahfidz Quran. Jika ada di satu kota pesantren Sulaimaniyyah itu artinya bisa menjadi pilihan untuk Pendidikan tahfidz Quran yang baik.

Pesantren ini memiliki target hafalan yang kokoh dalam waktu 2-3 tahun. Tidak mementingkan kecepatan waktu yang harus satu tahun 30 juz. Bahkan ada juga yang butuh waktu empat tahun. Sehingga hafalannya kuat.

Keistimewaan pesantren UICCI Sulaimaniyyah adalah pembiayaan. Di beberapa tempat gratis. Namun seleksinya sangat ketat. Oleh sebab itu pesantren ini bisa menjadi salah satu pesantren terbaik di Pati.

pesantren terbaik di Pati
Santri Raudhatul Falah – Sumber Laduni.id

PPATQ Raudhatul Falah Pati

Satu lagi pesantren terbaik di Pati adalah PPATQ Raudhatul Falah. Pesantren ini bukan untuk orang dewasa, ini adalah pesantren tahfidz Quran untuk anak-anak. Anda akan menemukan santri berusia di bawah sepuluh tahun.

Pesantren ini memang memiliki kelebihan sebagai pesantren tahfidz Quran khusus anak-anak. Lihatnya bisa nangis. Di Indonesia pesantren khusus tahfidz Quran yang anak-anak tidak banyak. Tidak banyak yang sanggup menangani rewelnya anak kecil.

Kini pesantren di desa Bermi kecamatan Gembong ini sudah memiliki santri di atas 500. Santrinya dari beragam daerah, tempatnya juga lebih modern dengan sistem yang sudah semakin tertata.

Inilah beberapa pesantren terbaik di Pati. Jika ada usulan bisa dicantumkan di kolom komentar. Kami akan review dan melakukan pendataan ulang setiap tahun.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *