Pesantren Al Musyarrofah Cianjur | Biaya dan Sistem Pendidikan Modern

Posted by

Pesantren Al Musyarrofah Cianjur merupakan salah satu pesantren dengan sistem pendidikan yang tidak biasa. Ada unsur pengabdian satu tahun setelah selesai masa pendidikan. Oleh sebab itu menarik dan akan kami ulas lebih jauh.

Kami akan merangkum dari website resmi lembaga pendidikan, juga brosur, disertai komentar kami. Di antara yang akan kami bahas adalah profil Pesantren Al Musyarrofah Cianjur, sistem pendidikan, dan biaya masuk pondok pesantren di Cianjur ini.

Ponpes Modern Al Musyarrofah Cianjur

Namanya Pondok Pesantren Modern Al Musyarrofah Cianjur. Pesantren ini memiliki sistem pendidikan Kulliyatul Mu’allimin wal Mu’allimat Al Islamiyah. Atau kalau di Jawa Timur disebut dengan sistem KMI. Ini merupakan model pendidikan modern seperti di Gontor Ponorogo.

Model pendidikan ini menyatukan antara pendidikan pesantren, pendidikan diniyah, di dalam satu sistem terintegrasi. Sehingga pendidikan di asrama lebih difokuskan untuk peningkatan karakteristik santri dalam aspek disiplin dan lain sebagainya.

pesantren Al Musyarrofah Cianjur

Oleh sebab itu Pesantren Al Musyarrofah Cianjur dikatakan sebagai pesantren modern dengan beragam keunggulan dan kelebihan yang akan kami jelaskan selanjutnya.

Sistem Pendidikan Pesantren

Adapun sistem pendidikan di pesantren ini memiliki jenjang formal yang terdiri dari tiga kurikulum utama. Yang pertama adalah program belajar enam tahun yang nantinya disempurnakan dengan satu tahun pengabdian selepas lulus pesantren. Jenjangnya SMP dan SMK IT.

Kedua adalah kurikulum formal dengan kurikulum pesantren. Yang artinya masih ada aspek pendidikan tradisional dengan model kajian. Santri yang lulus akan mendapatkan dua ijazah sekaligus, yaitu formal dan pesantren.

Yang ketiga adalah terkait SMK IT Al Musyarrofah di mana ada jurusan khusus yaitu keahlian Administrasi Perkantoran. Tapi yang istimewa adalah bahasa arab dan inggris sebagai bahasa resmi komunikasi.

Oleh sebab itu pendidikan di pesantren Al Musyarrofah Cianjur bisa dikatakan cukup lengkap. Inilah mengapa banyak santri yang berminat untuk hadir di pesantren modern yang satu ini.

Kelebihan Pondok Pesantren

Ada beberapa kelebihan yang bisa menjadi landasan keistimewaan pesantren ini. Di antaranya adalah banyak hal hampir mirip dengan sistem Gontor. Seperti adanya pendidikan enam tahun disertai dengan pengabdian satu tahun. Ada juga praktek mengajar yang disebut amaliyatut tadris.

Kedua pesantren ini masih mempertahankan sistem tradisional yang artinya pendalaman terhadap kitab kuning masih dilakukan dengan baik. Porsinya satu jam di waktu sore, yaitu nahwu sharf, fiqh, ushuluddin, dan mentoring akhlaq.

Bahkan di waktu pagi hari ada kajian khusus hadist akhlaq dan tafsir. Model pendidikan ini menjadikan akhlaq santri menjadi baik. Inilah yang dibutuhkan oleh umat saat sekarang ini. Pendidikan akhlaq.

Kelebihan pesantren Al Musyarrofah Cianjur selanjutnya adalah unsur bahasa. Di mana bahasa arab dan inggris menjadi kegiatan harian yang wajib diikuti. Setiap hari mendapatkan porsi 30 menit di pagi, dan 30 menit lagi di malam hari dengan bentuk praktek conversation.

Ekstra yang tersedia juga lumayan, terutama untuk pengembangan life skill seperti drum band, komputer, kesenian, silat dan lain sebagainya. Menurut kami sudah cukup.

Pendidikan Al Quran di Pondok Pesantren

Di pesantren Al Musyarrofah Cianjur, pendidikan Al Quran salah satu yang diperhatikan. Bentuknya adalah mengaji Al Quran rutin, juga ada tahfidz Al Quran. Targetnya minimal hafal 5 juz. Menurut kami sudah cukup baik untuk lulusan pondok pesantren.

Pendaftaran Pesantren Al Musyarrofah

Adapun pendaftaran pesantren Al Musyarrofah Cianjur 2021 yang kami lihat di brosur adalah sebagai berikut. Ketentuan administratifnya standard, seperti ijazah, foto, dan lain sebagainya.

Namun demikian ada beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi, di antaranya adalah tidak merokok dan tidak punya keterlibatan dengan narkoba. Ada juga test lulus baca Al Quran. Jika ada ijazah TPQ lebih baik disertakan.

Yang utama adalah setiap santri wajib tinggal di asrama. Tidak seperti pesantren-pesantren yang bisa menjadi santri kalong, atau tinggal di rumah, semuanya wajib mukim. Biaya formulirnya dua ratus ribuan.

Biaya Pesantren Al Musyarrofah 2021

Adapun biaya pesantren Al Musyarrofah Cianjur 2021 kami sajikan dengan tabel agar lebih mudah dilihat.

MI (berasrama)Rp4.000.000
SMPRp4.000.000
SMKRp4.300.000
SPP Bulanan SMPRp500.000
SPP Bulanan SMKRp600.000

Biaya masuk Ponpes Al Musyarrofah Cianjur bersumber dari brosur 2020-2021, bisa jadi ada kenaikan untuk 2021-2022. Untuk info lebih valid bisa kunjungi website resminya di sini.

Biaya ini menurut kami tergolong terjangkau, murah, bisa dibandingkan dengan pesantren lainnya di Cianjur. Kami sudah merangkum beberapa pesantren terbaik di Cianjur di link ini. Beberapa sudah kami sertakan biayanya.

Alamat Lengkap Pondok Pesantren

Alamat lengkap ponpes Al Musyarrofah Cianjur di Jl. Raya Sukabumi Kp. Pasantren No.Km.7, Ciwalen, Kec. Warungkondang, Kabupaten Cianjur. Untuk telepon bisa dihubungi di nomor 0263 266 946.

Jika ada kekeliruan bisa dicantumkan di kolom komentar. Kiranya ada lembaga lain yang ingin direview cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com, kami akan ulas sekolah Anda dengan baik.  

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *