Madrasatul Quran Jombang | Pesantren Tahfidz Juara Nasional

Posted by

Madrasatul Quran Jombang memang pesantren penuh prestasi, di antaranya adalah juara 1 hifdzul Quran 5 juz nasional pada tahun 2019. Oleh sebab itu pesantren ini merupakan salah satu pesantren favorit dan unggulan di Jombang.

Sehingga kami tertarik untuk mengulasnya berdasarkan brosur resmi pesantren yang berada di website MQ Tebu Ireng Jombang. Di antara yang kami ulas adalah program pendidikan, pendaftaran madrasatul Quran 2021, serta biaya MQ Tebuireng.

Profil Pesantren Madrasatul Quran

Namanya masih terkait dengan Tebuireng Jombang, diantaranya memang hasil musyawarah dari Sembilan kyai dan pengasuh pesantren Tebuireng dengan latar belakang keinginan KH. Hasyim Asyari, dan KH. Wahid Hasyim untuk mendirikan lembaga pendidikan Al Quran.

Hingga kini, ponpes Madrasatul Quran Jawa Timur ini masih fokus dengan segala aspek Al Quran disertai dengan pendidikan formal yang memadai. Bahkan visinya jelas, hafal lafadznya, memahami maknanya, dan mengamalkan isi kandungan Al Quran.

madrasatul Quran Jombang

Berikut kami jelaskan beberapa program pendidikan yang tersedia di Madrasatul Quran Diwek Jombang. Anda bisa memilihnya.

Khusus Tahfidz Al Quran

Pendidikan ini hanya khusus untuk menghafal saja. Jadi mayoritas kegiatan dalam setiap hari adalah menghafal Al Quran, mulai dari pagi hingga malam. Namun tidak semua bisa mengikuti pendidikan ini.

Pertama hanya untuk santri Madrasatul Quran yang sudah lulus Aliyah tapi ingin menyelesaikan hafalannya. Kalaupun santri baru, maka minimal sudah lulus SMA atau sederajat.

Unit Tahfidz Al Quran

Pertama adalah binadzar, maksudnya masih membaca Al Quran, bagi yang belum mampu membaca dengan baik, maka akan dibimbing menggunakan kurikulum khas Madrasatul Quran.

Kedua adalah tahfidz Quran. Inilah program inti dari menghafal jika sudah dinyatakan lulus program yang pertama. Atau santri baru yang sudah lulus tes dan dinyatakan berhak mengikuti langsung program tahfidz Quran.

Ketiga qiraah sab’ah, yaitu bagi santri telah selesai program kedua, boleh mengikuti program cara membaca mengikuti riwayat imam tujuh. Bagi Anda yang dirasa perlu menyempurnakan bisa mengambil program ini.

MTS Madrasatul Quran

Jenjang MTs yaitu diperuntukkan bagi lulusan SD dengan durasi tiga tahun sesuai kurikulum kemenag. Akreditasinya adalah B, sudah cukup untuk pesantren. Di sekolah ini juga disertai dasar materi kitab salafus shalih.

Adapun target lulusan MTS MQ Tebuireng Jombang adalah mampu menghafal 15 juz, disertai dengan kemampuan membaca kitab taqrib, plus menguasai nahwu dan sharof. Artinya bisa baca kitab.

SMP Al Furqan MQ

Jenjang berikutnya adalah SMP Al Furqan Madrasatul Quran. Yaitu sekolah formal yang berbasis diknas dengan akreditasi A. Jika di sini salah satu fokusnya adalah penguasaan sains dan teknologi.

Targetnya sedikit berbeda dengan Tsanawiyah, pertama adalah hafal 15 juz, kedua adalah bisa baca taqrib, dan selanjutnya ditambah satu lagi adalah menguasai sains.

Madrasah Aliyah MA Madrasatul Quran

Untuk Madrasah Aliyah MQ Tebuireng Jombang memiliki beberapa fokus, seperti keagamaan, IPA, dan sosial. Penekanan di Aliyah lebih kepada hukum Islam dan Ulumul Quran. Sehingga lengkap.

Target kelulusannya lebih lengkap. Di antaranya adalah hafal 30 juz Al Quran, bisa membaca kitab tafsir ahkam Rowaiyul Bayan, serta menguasi ilmu nahwu shorf, tafsir, hadist, fiqh dan lain sebagainya.

Fasilitas Pesantren Madrasatul Quran

Kalau model pesantrennya khas Jawa Timur, tidak seperti Islamic Boarding School. Namun demikian untuk santri sudah tersedia ranjang, Kasur dan almari, sehingga lebih tertata dengan rapi.

Makannya tersedia tiga kali dalam sehari, cukup nyaman. Ada juga disediakan laundry bagi santri, tidak perlu susah-susah mencuci baju. Plus suasana pesantren yang cukup luas dan nyaman. Kalau cuacanya di kisaran 30 derajat setiap harinya.

Pendaftaran Madrasatul Quran 2021

Jika Anda ingin mendaftarkan anak, atau ingin mendaftar untuk diri sendiri harus dicatat tanggalnya pada 07 Pebruari sampai dengan 07 Maret 2021. Artinya waktunya tidak cukup banyak.

Selanjutnya ada tes di antaranya adalah baca tulis Al Quran. Ada juga Matematika dan IPA, bahkan untuk MTs ada tes akademik dari akidah akhlaq dan lain sebagainya. Bahkan untuk Aliyah diuji pengetahuan kitab kuning matan taqrib.

Biaya MQ Tebuireng Jombang

Adapun untuk Biaya MQ Tebuireng Jombang di tahun 2021, atau PPDB Madrasatul Quran kami sajikan menggunakan tabel agar lebih mudah.

PendaftaranRp200.000
MTS & SMPRp7.800.000
AliyahRp8.500.000
Khusus TahfidzRp2.850.000

Kalau ingin alternatif pesantren lainnya di Jombang bisa kunjungi link kami 5 Pesantren Terbaik di Jombang. Kami sajikan berdasarkan rating Google dan pertimbangan kami.

Jika ingin alternatif pesantren khusus tahfidz Quran di Jawa Timur ada beberapa pilihan di antaranya adalah

Alamat Lengkap Pesantren Madrasatul Quran

Adapun alamat lengkap pesantren Madrasatul Quran Jombang adalah tepat di depan pesantren Tebu Ireng Jombang, atau depan maqam Gusdur. Jl. Irian Jaya No. 47 Tebuireng. Nomor yang bisa dihubungi 0321-852820

Jika ada kekeliruan informasi bisa mengisi kolom komentar agar kami perbaiki. Untuk info lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di https://mamq-tebuireng.sch.id.

Atau jika lembaga pendidikan Anda ingin diulas, cukup kirim brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com, kami akan membantu publikasi lembaga Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *