Pesantren Al Jumhuriyah Subang | Keunggulan dan Pendaftaran

Posted by

Pesantren Al Jumhuriyah Subang merupakan salah satu pondok pesantren berafilasi modern yang mendidik para santrinya baik secara amaliyah dan ilmiah dengan berbagai program unggulan yang dimilikinya.

Oleh karena itu, kami ingin menuangkan hal tersebut dalam artikel ini. Tentu cocok bagi para wali murid / santri yang sedang mencari informasi mengenai Al Jumhuriyah. Segala informasi kami rangkum dari brosur sekolah yang kami dapatkan di internet. Semoga bermanfaat.

Pesantren Al Jumhuriyah Subang

Menelisik sejarah pesantren, ternyata nama Al Jumhuriyah bukanlah sekedar nama saja. Melainkan diambil dari sang pendiri pesantren, Alfaqir Deden Muhammad Aljumhuri, S.H.I.

Pesantren yang didirikan pada tahun 2014 silam ini berada di bawah naungan Yayasan Al Jumhuri Pusat, yang santrinya kini sudah lebih dari 900 dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun.

pesantren al jumhuriyah subang

Bahkan, yang teristimewanya lagi pesantren ini berlokasi di tengah – tengah perkebunan teh Ciater – Subang. Selain memberikan pemandangan berlatarkan alam, faktor suhu yang sejuk tentu buat santri betah mondok.

Pendidikan di Pondok Al Jumhuriyah

Dari segi pendidikannya, Pesantren Al Jumhuriyah Subang menyediakan dua unit pendidikan. Yakni SMP Islam terpadu dan SMA Islam Terpadu yang keduanya menggunakan kurikulum kemendikbud dan kurikulum khas ponpes Al Jumhuriyah sendiri.

Sehingga pendidikan di pondok pesantren modern di Subang ini cukup lengkap. Bahkan ada beberapa keunggulan yang patu menjadi pertimbangan.

Program Unggulan Ponpes Al Jumhuriyah Subang

Yang pertama, adalah kajian kitab kuning (kutub tsurat) yang dilaksanakan tiap sore setelah sholat ashar. Kedua, tahfidz qur’an. Yakni program menghafal al qur’an yang disesuaikan dengan kemampuan santri.

Ketiga, public speaking atau pidato. Yang dalam bahasa arab dikenal dengan istilah muhadhoroh. Yang keren dari kegiatan public speaking di al jumhuriyah adalah bahasa yang digunakan santri.

Bukan berpidato dengan 3 bahasa saja, melainkan 4 bahasa. Yaitu bahasa inggris, bahasa arab, bahasa jepang, dan bahasa indonesia. Bisa dibayangkan bagaimana wass – wussnya para santri ketika sedang berpidato, kan?

Keempat, amaliyah ahlussunnah wal jam’ah. Program keempat ini merupakan program yang mencirikan Pesantren Al Jumhuriyah Subang dari segi salafiyahnya. Seperti kegiatan tawasul, marhaba, pengajian, istighatsah kubro, dan ziarah kubur. Kental khas salafiyah.

Prestasi Santri

Santri – santri Pondok Pesantren Modern Al Jumhuriyah memiliki prestasi yang cukup mentereng. Beberapa di antaranya juara 1 qira’at tingkat nasional 2019 (daarut tauhid), juara 2 MTQ golongan remaja se-kecamatan ciater 2019, juara 1 murottal se-kecamatan ciater 2019, juara 2 hadroh se-kabupaten subang 2018 dan masih banyak lagi.

Ekstrakulikuler Menarik

Pondok Pesantren Modern Al Jumhuriyah memiliki banyak kegiatan ekstrakulikuler yang beragam dan juga unik untuk para santrinya.

Jika pada umumnya kegiatan ekstrekulikuler sekolah – sekolah diisi dengan pramuka, basket, tennis, voli, dan lain sebagainya, Pesantren Al Jumhuriyah Subang lebih keren lagi.

Yakni tersedia ekstrakulikuler musik. Di antaranya beatbox group, perkusi, acapella, marawis, nasyid, kabaret, marching band, dan masih banyak lagi. Wah, berbeda dan unik sekali bukan?

Kegiatan Santri Al Jumhuriyah

Dalam kesehariannya, kegiatan santri dimulai sejak pukul setengah 4 pagi. Diawali dengan sholat tahajjud yang dilanjutkan dengan sholat subuh berjamaah, membaca surah al waqiah dan tahfidz al qur’an.

Sedangkan kegiatan belajar mengajar dilakukan pada pukul 7 pagi sampai 1 siang. dan diteruskan sholat dzuhur, makan siang, dan tidur siang.

Adapun kegiatan sore hari adalah tandzif (bersih-bersih), kajian kitab dan pelajaran sore sampai pukul 8 malam, yang diselingi sholat magrib dan sholat isya berjamaah.

Dan kajian kitab kuning dan penertiban disiplin menjadi kegiatan penutup hari santri di Pondok Pesantren Al Jumhuriyah Subang. Menurut kami sudah teratur dan baik.

Sarana dan Fasilitas

Untuk sarana dan prasarana, Pondok Pesantren Al Jumhuriyah Subang tidak memanjakan para santrinya dengan fasilitas yang mewah nan berbintang lima. Sederhana saja namun tetap memadai dan tidak kekurangan.

Di antaranya ada asrama, masjid, ruang belajar yang representatif, lab komputer, perpustakaan, lapangan, MCK, kantin, dan lain – lain. Alhamdulillah cukup lengkap.

Pendaftaran dan Biaya Masuk

Adapun untuk pendaftarannya, Pondok Pesantren Modern Al Jumhuriyah Subang membuka seleksi masuk menjadi dua gelombang. Gelombang pertama sekitar bulan Januari – Februari dan gelombang kedua dibuka sekitar bulan Maret – April.

Bagi calon santri yang ingin mondok di al jumhuriyah bisa mendaftar secara online. Sedangkan untuk persyaratannya adalah sebagai berikut :

  • Fc ijazah 3 lembar
  • Fc SKHUN 3 lembar
  • Fc kartu keluarga 2 lembar
  • Fc KTP
  • Fc akta kelahiran 2 lembar
  • Pas foto ukuran 3×4, 4×6 sebanyak 6 lembar (SMP latar biru dan SMA latar merah)
  • Surat pernyataan orang tua di atas materai 6000

Pesantren Al Jumhuriyah Subang sendiri hanya membuka kuota 300 santri per tahunnya. Yang artinya memiliki jumlah yang tidak banyak karena ada batasan.

Sayangnya biaya masuk Pondok Pesantren Al Jumhuriyah Subang tidak berhasil kami dapatkan. Nanti bisa hubungi pihak pondok pesantren modern ini saja.

Jika ingin alternatif pondok pesantren di Subang, bisa kunjungi link kami berikut ini. Kami sudah sajikan keunggulan dan biaya masing-masing agar menjadi pertimbangan.

Alamat Pondok Pesantren Modern Al Jumhuriyah

Pondok Pesantren Modern Al Jumhuriyah beralamat lengkap di Kp. Nagrog RT 20 RW 7 Ds. Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Atau bisa diklik Google Maps berikut ini.

Informasi lebih lanjut dan detil bisa hubungi bagian sekretariat di nomor telepon +62 838 2242 6515 (Ust. Andre Supriatna, S.Pd). Website resmi klik di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *