Pesantren La Tansa Banten | Santri Ribuan Biaya Menarik

Posted by

Pesantren La Tansa Banten merupakan salah satu pesantren besar di wilayah Serang. Pesantren ini bisa dikatakan juga cukup terkenal sehingga menyedot perhatian banyak masyarakat. Oleh sebab itu cukup menarik untuk diulas.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas beragam aspek dari pesantren La Tansa Lebak Banten yang bersumber dari website dan brosur resmi pondok pesantren agar menjadi rangkuman informasi bermanfaat. Di antaranya adalah Profil Pesantren, pendidikan di La Tansa, serta pendaftaran dan biaya masuk ponpes La Tansa.

Profil Pesantren La Tansa Lebak Banten

Ponpes La Tansa Banten berdiri sejak 1991. Sehingga sudah cukup matang sebagai sebuah pesantren di wilayah Serang. Didirikan oleh seorang tokoh KH. Drs. Ahmad Rifai Arif di atas lahan seluas kurang lebih 15 hektar. Oleh sebab itu cukup luas.

Dalam sudut pandang kami Ponpes La Tansa Banten memiliki model sebagai pesantren modern. Di mana antara pendidikan agama dan umum sudah menjadi satu kesatuan kurikulum.

pesantren la tansa banten

Kemudian cara berpakaian juga berdasi. Apalagi tertulis bahwa salah satu rujukannya adalah pesantren Gontor di mana menjadi kiblat pesantren modern di Indonesia.

Pendidikan di Pesantren La Tansa Serang

Pendidikan di pesantren La Tansa Serang memiliki tiga jenjang. Yang pertama adalah SMP dengan akreditasi A. Kedua adalah SMA dengan akreditasi A. Yang ketiga adalah SMK dengan akreditasi A. Artinya secara pendidikan formal memiliki nilai standard nasional yang sudah cukup bagus.

Namun demikian modelnya bukan pagi sekolah sore mengaji diniyyah. Di pesantren ini antara pendidikan formal dan diniyyah sudah tergabung menjadi satu kurikulum dalam kelas. Seperti kurikulum KMI Gontor.

Pembelajaran seperti Nahwu, Shorf, Tafsir, Hadist, Aqidah, serta pelajaran pokok diniyyah lainnya sudah masuk di dalam kelas. Sehingga jika masuk pesantren La Tansa Banten selepas SD, santri akan menikmati pendidikan selama enam tahun. Namun jika lulus SMP atau MTs akan masuk program empat tahun.

Perbedaan durasi masa pendidikan karena aspek pendidikan diniyyah yang berkaitan dengan pembelajaran syariah tidak bisa dipangkas. Kalau lulus SD normal enam tahun, kalau lulus SMP empat tahun, pendidikan SMP sudah tidak perlus, tapi diniyyah tetap dari nol.

Dengan kata lain kurikulum di pesantren La Tansa Banten sudah menggabungkan antara umum dan diniyyah menjadi satu kesatuan dalam kelas di pagi hingga ashar.

PanduanTerbaik.id

Pondok Pesantren La Tansa Wali Band

Banyak yang bertanya terkait Pondok Pesantren La Tansa Wali Band. Maksudnya personil Wali Band adalah alumni pesantren La Tansa, itu memang benar. Dari IDNtimes.com disebutkan bahwa vokalis Faank dan gitaris yaitu Apoy adalah alumni pesantren La Tansa Lebak.

Bahkan di brosur yang kami dapatkan Apoy gitaris Wali Band memiliki posisi penting di pesantren tersebut. Yaitu sebagai wakil pimpinan pondok. Oleh sebab itu pesantren La Tansa Serang dengan Wali Band memiliki kaitan begitu erat.

Keunggulan Pesantren

Menurut kami salah satu keunggulan utama adalah letak geografis. Pesantren La Tansa Banten berada di sebuah lembah yang akan terjepit oleh bukit dan pegunungan. Istimewanya lagi dikelilingi aliran sungai Ciberang. Sehingga cukup nyaman.

Kedua seperti laiknya pesantren modern di Banten, La Tansa Lebak memiliki ciri khas pembiasaan bahasa arab dan inggris dalam keseharian. Istilahnya orang menyebut dengan bilingual. Sehingga santri mampu berkiprah secara global.

Ketiga pesantren ini memiliki santri yang cukup banyak. Pada tahun 2019 sekitar 2.700-an. Dengan jumlah sedemikian banyak, maka ekstrakulikuler untuk menampung minat bakat santri juga melimpah. Sehingga santri nyaman.

Pendaftaran PPDB 2021-2022

Untuk pendaftaran pesantren La Tansa Banten dimulai sejak bulan November, nantinya tidak ada batas waktu khusus, hanya diinformasikan sampai kuota terpenuhi. Namun demikian ada beberapa tes yang harus dilewati.

Di antaranya adalah baca tulis Al Quran, praktek ibadah harian, pengetahuan umum, psikotes, matematika. Jika lulusan SMP ada tes tambahan yaitu bahasa inggris. Nah, beberapa aspek ini yang harus disiapkan ketika pendaftaran PPDB di ponpes La Tansa Lebak.

Biaya Masuk La Tansa Banten

Adapun untuk biaya masuk pesantren La Tansa Banten di tahun 2021-2022 kami sajikan dalam tabel agar lebih mudah dibaca.

Putra Lulusan SD/MiRp17.930.000
Putri Lulusan SD/MIRp17.985.000
Putra Lulusan SMPRp17.530.000
Putri Lulusan SMPRp.17.585.000

Sedangkan untuk SPP bulanan sekitar 1.4 juta. Di wilayah Serang Banten, biaya sedemikian untuk pesantren tergolong lumayan meski tidak terlalu tinggi.

Jika ingin membandingkan biaya dengan yang lainnya bisa kunjungi link kami di sini. Kami sudah sajikan beberapa pesantren terbaik di Serang Banten dengan biaya dan keunggulannya. Anda bisa memilah sendiri.

Alamat Lengkap Pondok Pesantren

Adapun alamat lengkapnya berada di Kampung Parakansantri, Banjar Irigasi, Lebakgedong, Kabupaten Lebak, Banten. Jika bingung cukup ikuti link Google Maps yang kami sediakan di bawah bisa diikuti.

Informasi lebih lengkap dan valid bisa kunjungi website resmi pesantren di sini. http://latansa.sch.id/. Kiranya ada kekeliruan bisa cantumkan di kolom komentar agar kami perbaiki. Jika ada lembaga pendidikan yang ingin direview cukup kirimkan brosur dan biaya ke affany1986@gmail.com. Kami akan bantu publikasi profil lembaga pendidikan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *