Pesantren Al Iman Ponorogo | Pendidikan dan Biaya Lengkap

Posted by

Pesantren Al Iman Ponorogo merupakan salah satu lembaga pendidikan yang membimbing santri – santrinya baik dari segi ilmu agama, pengetahuan, hingga life skill yang mumpuni untuk masa depan santri.

Oleh karena itu kami tertarik untuk mengulas lebih lanjut mengenai pondok pesantren Al Iman, di antaranya yang kami bahas yakni profil pondok, model pendidikan, keunggulan, hingga biaya masuk.

Semua informasi kami rangkum berdasarkan website resmi, brosur pondok, dan video youtube.

Pondok Pesantren Al Iman Ponorogo

Cikal bakal pondok ini berawal dari sebuah rumah dan kost biasa milik (alm) KH. Mahfudz Hakiem Al Iman, hingga didirikannya Pondok Pesantren Al Iman pada tahun 1412 hijriah atau pada tahun 1991 silam.

pesantren al iman ponorogo

Secara identitas pondok ini adalah pondok modern yang mengintegrasikan antara physic quotient (PQ), spiritual quotient (SQ), intelegent quotient (IQ), dan emotional quotient (EQ) demi melahirkan generasi alim ulama yang mantap akidahnya, berakhlakul karimah, dan juga memiliki kecapakan iptek yang mumpuni.

Kini dengan santri yang jumlahnya ribuan menjadikan Al Iman Ponorogo terbagi menjadi dua kampus yang berbeda. Kampus pertama untuk santri putra sedangkan kampus dua khusus santriwati putri.

Pendidikan di Ponpes Al Iman Ponorogo

Sistem pendidikan di Pondok Pesantren Al Iman Ponorogo mengacu pada filosofi kurikulum KMI (Kulliyatu-I-Muallimin/at Al Islamiyah) Gontor dan dikolaborasikan dengan kurikulum salafiyah terpadu yang terintegrasi dengan spesifikasi ilmu keguruan serta orientasi dakwah.

Jenjang pendidikannya sendiri terdiri dari dua tingkatan. Yakni SMP /MTs dengan masa studi 6 tahun dan SMA / MA dengan masa studi 4 tahun. Selain itu, bagi santriwati yang tertarik dengan tata busana diperbolehkan untuk mengambil kelas SMK yang sudah terafilasi dengan pondok pesantren.

Yang istimewa dari pendidikan di Ponpes Al Iman Ponorogo yakni program kajian kitab kuning “uqudu liljaini” dan “nashoihul ibad” di pagi dan malam hari, sedangkan program tahfidz qur’an dilaksanakan setiap sore sebelum magrib.

Berwirausaha di Unit Pondok Pesantren Modern

Selain menimba ilmu dan memperdalam agama selama nyantri, pihak pondok pesantren Al Iman Ponorogo juga membimbing para santrinya untuk belajar berwirausaha melalui berbagai unit usaha yang dimiliki pondok. Di antaranya:

Al Iman Bakery. Toko roti yang dibangun sejak tahun 2016 ini memberikan ruang bagi santriwati putri untuk melatih kecakapannya dalam membuat dan menjual roti. Hasilnya selain membantu mengembangkan perekonomian pondok, juga memenuhi kebutuhan gizi santri. Keren, ya.

Koperasi Santri. unit usaha pondok selanjutnya adalah koperasi santri. sebuah usaha dalam bidang pemenuhan kebutuhan santri, guru, hingga masyarakat ini dikelola langsung oleh santri di bawah pengasuhan yayasan pondok, lho.

Perikanan (Pengembangan Budidaya Ikan Lele). Di unit usaha yang satu ini para santri putra diajarkan bagaimana proses budidaya ikan lele mulai dari cara merawat hingga panennya.

Selain beberapa unit usaha Ponpes Al Iman Ponorogo di atas, masih banyak lagi usaha lainnya. Seperti Al Iman laundry, tailoring, UNIPRO SMK Al Iman, mini market, dll.

Prestasi Santri

Menurut kami santri Al Iman memiliki sederet prestasi yang ciamik. Di antaranya juara umum marching band (delta marching festival sidoarjo) 2020, juara 3 IPA dalam KSMO tingkat MTs se-karisedenan madiun 2020, juara 2 lomba short movie dan juara 1 desain logo pramuka rover ranger INSURI 2019, dan berbagai prestasi lainnya.

Pendaftaran Santri

Jika tertarik untuk mondok di Al Iman bisa daftar secara online melalui website ini atau datang langsung ke pondok.

Pendaftarannya sendiri dibagi menjadi dua gelombang, gelombang pertama dibuka sekitar bulan Februari – April, dan gelombang kedua sekitar bulan Juni – Juli.

Adapun berkas yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • FC akta kelahiran
  • FC KTP orang tua
  • FC ijazah terakhir
  • Pas foto ukuran 3×4
  • Menyerahkan NISN dan SKHUN
  • Surat pindah dan rapor bagi yang masuk kelas 2 ke atas

Biaya Masuk Al Iman Ponorogo

Sedangkan untuk biaya masuknya sekitar 5.7 juta dengan rincian sebagai berikut.

PendaftaranRp3.320.000
SeragamRp1.085.000
PerlengkapanRp730.000
Almari dan OrganisasiRp650.000
TotalRp5.785.000

Biaya di atas sudah termasuk SPP syahriah / perbulannya sebesar Rp. 620.000 ribu rupiah. Ini tahun 2021-2022. Menurut kami biaya ini termasuk standar untuk ukuran pondok pesantren di Ponorogo.

Jika ingin opsi pesantren lainnya di Ponorogo bisa kunjungi link berikut ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.  

Alamat Lengkap

Pondok Pesantren Al Iman Putra berlokasi di Dsn. Ngambakan, Ds. Bangunrejo, Kec. Sukorejo, Kab. Ponorogo

Sedangkan kampus putrinya berlokasi di Jln. Raya Ponorogo – Madiun KM. 5 Ds. Pondok Kec. Babadan kab. Ponorogo

Informasi lebih lanjut bisa telepon ke nomor +62 821 3939 8252 (Mazuin Hamzah) atau klik laman website resmi di link ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *