Pesantren Darussalam Tasik | Keunggulan dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Darussalam Tasik sebenarnya adalah pondok pesantren yang belum lama berdiri, namun demikian namanya banyak dikenal masyarakat luas dan menjadi salah satu ponpes modern unggulan dan favorit di Tasikmalaya.

Oleh sebab itu kami akan mengulas lebih jauh tentang Pesantren Darussalam Tasik berdasarkan website resmi dan brosur yang kami dapatkan. Di antara yang akan kami bahas adalah profil pendidikan, biaya masuk pesantren, serta kelebihannya. Semoga bermanfaat.

Profil Pesantren Darussalam Tasik

Nama Darussalam berarti tempat keselamatan, atau sering juga disebut dengan istilah kampung yang damai. Nama ini merujuk ke Pesantren Gontor Ponorogo yang juga bernama Darussalam. Ini memang pesantren alumni Gontor.

Oleh sebab itu secara profil pondok pesantren di Tasikmalaya ini memiliki model pendidikan seperti pesantren Gontor, yaitu pesantren modern, memiliki disiplin, serta adanya pendidikan yang terintegrasi antara dalam kelas dan luar kelas.

pesantren darussalam tasik

Pendidikan di Ponpes Darussalam Rajapolah

Adapun pendidikan di ponpes Darussalam Tasik juga dari Gontor, namun sudah disesuaikan dengan kondisi daerah tersebut di mana dikombinasikan dengan kurikulum nasional milik Kemendikbud.

Banyaknya aspek seperti Gontor karena pimpinan pesantren adalah Ust. Deni Rustandi, dimana beliau adalah alumni Pesantren Gontor Ponorogo di era 90-an. Sehingga cukup beralasan jika pesantren tersebut adalah salah satu miniatur Gontor di Tasik.

Kurikulum Gontor yang dimaksud tidak hanya di dalam kelas. Namun juga kurikulum pendidikan di luar kelas. Seperti di asrama, pengaturan waktu, cara menghukum santri agar menjadi pembelajaran. Serta lainnya.

Sedangkan untuk kurikulum nasional yang dimaksud adalah jenjang formal SMP dan SMA. Artinya pelajaran formal tersedia dengan baik di pondok pesantren modern di Rajapolah Tasikmalaya ini.

Uniknya dua kurikulum ini, Gontor dan Nasional, dikombinasikan juga dengan salafiyah, yaitu pembelajaran kitab turots para ulama terdahulu sebagai sumber agama Islam secara lebih mendalam. Jika pondok lain seringkali disebut dengan diniyyah. Shorf, tafsir, hadist, dan lain sebagainya.

Keunggulan Pesantren Darussalam Tanjungpura

Menurut kami ada beberapa keunggulan pesantren Darussalam Tanjungpura. Di antaranya adalah adanya tahfidz Quran. Meskipun tidak disebutkan di brosur berapa target hafalan yang dicapai, namun paling tidak hal ini sudah cukup baik untuk pesantren modern.

Pesantren ini cukup aktif dalam mengikuti beragam perlombaan di tingkat kabupaten Tasikmalaya. Serta berhasil meraih juara terutama dalam bidang non akademik, seperti juara I MTQ Kabupaten Tasikmalaya 2016. Juara satu kaligrafi dalam tingkat yang sama 2016. Dan lain sebagainya.

Aspek pembinaan bahasa di pesantren ini juga cukup baik. Terutama bahasa arab dan inggris aktif sebagai ciri khas dari pesantren modern di era sekarang. Plus tidak melupakan bahasa nenek moyang, yaitu sunda. Buktinya latihan pidato sampai empat bahasa, inggris, Indonesia, sunda, arab.

Dalam aspek pendidikan formal, pesantren Darussalam Tasik sudah memiliki akreditasi A. Baik jenjang SMP dan SMA keduanya berhasil meraih nilai yang sama. Itu artinya secara kualitas sudah standard nasional. Oleh sebab itu cukup baik.

PanduanTerbaik.id

Kegiatan Harian Santri

Adapun untuk kegiatan hariannya persis Gontor. Pagi hingga 15:00 pembelajaran di kelas. Selepasnya akan ada tadarus, kemudian sore harinya kegiatan ekstra dan olah raga. Selepas magrib kembali tadarus. Malam harinya belajar bersama. Bisa dikatakan cukup teratur.

Fasilitas Pesantren Darussalam

Menurut kami kalau dari segi fasilitas standard, khas pesantren, tidak terlalu bagus atau mewah seperti Islamic Boarding School. Namun demikian hal yang menarik adalah letak geografis.

Pesantren ini cukup indah dan sejuk. Plus ada sungai yang alirannya terdengar. Maka santri jadi betah di pesantren Darussalam Tasik. Lingkungannya juga lumayan luas dengan gedung-gedung bertingkat.

Pendaftaran Pesantren PPDB

Untuk mendaftar bisa dengan du acara. Pertama adalah cara manual, datang ke pihak pesantren. Kedua bisa melalui online. Nanti kami cantumkan alamat website resminya untuk pendaftaran santri baru, PPDB. Kuotanya 400-an. Cukup banyak.

Biaya Masuk Pesantren Darussalam Tasikmalaya

Adapun biaya masuk pesantren Darussalam Tasikmalaya sebesar Rp4.7 jutaan. Biaya ini sudah termasuk SPP bulanan pondok sebesar Rp665.000. Namun demikian masih ada biaya kebutuhan santri, dari buku hingga pakaian senilai Rp1.795.000.

Maka total biaya masuk sekitar Rp6.500.000. Menurut kami biaya ini masih standard. Bisa dibandingkan dengan pesantren lain di Tasikmalaya di link ini. Kami sudah sajikan dari keunggulan masing-masing dan biaya agar bisa menjadi pertimbangan calon santri.

Alamat Lengkap Pondok Pesantren

Alamat lengkap pesantren berada di Narunggul, Tanjungpura, Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya. Jika ada pertanyaan tentang pesantren bisa menghubungi nomor (0265) 24242292. Nantinya akan dilayani dengan baik.

Jika ingin informasi lebih lanjut tentang pendaftaran bisa kunjungi website resminya di link ini. Anda bisa mendapatkan informasi tes masuk, detil biaya lengkap, bahkan sampai gelombang pendaftaran.

Kiranya ada lembaga pendidikan lain yang ingin direview di website ini, cukup kirimkan brosur lengkap disertai dengan biaya ke affany1986@gmail.com. Kami akan bantu publikasikan dengan baik.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *