Pesantren terbaik di Kuningan

9 Pesantren Terbaik di Kuningan | Khusus Fiqh hingga Tahfidz Quran

Posted by

Menulis pesantren tidak bisa melewatkan satu wilayah, Kuningan. Kota Kuda ini memiliki pesantren yang cukup banyak. Bahkan tergolong memiliki perkembangan sangat pesat dibandingkan dengan kota-kota lain di Jawa Barat.

Beberapa sebabnya adalah, Kuningan merupakan wilayah yang mayoritas berada di dataran di atas 150 mdpl. Maka udaranya lebih nyaman dibanding wilayah-wilayah sekitarnya. Terbukti dari banyaknya wisata yang ada di sekelilingnya. Letak kota ini juga mendukung. Tidak terlalu jauh dengan Bandung, Jakarta, dan Cirebon.

Tentu pesantren terbaik di Kuningan yang kami tulis adalah versi PanduanTerbaik.id yang mengandung subjektivitas. Namun kami menulis berdasarkan diskusi tim, review di internet, rating Google, dan banyak hal lain. Info kriteria pesantren terbaik bisa diklik di sini.

Inilah pesantren terbaik di Kuningan.

Husnul Khotimah Jalaksana

Pesantren Husnul Khotimah memang bukan yang pertama di Kuningan. Bahkan tahun berdirinya di tahun 1994. Artinya pesantren ini belum lama. Namun perkembangannya cukup baik. Hingga tulisan ini dibuat santrinya mencapai 4000 (Republika.co).

Kalau dilihat dari prestasinya yang banyak berkutat dengan pendidikan umum, pesantren ini menitik beratkan pada pendidikan formal di Mts dan MA dengan sistem asrama berbasis pesantren. Sehingga secara akademik cukup baik. Kurikulumnya berbasis Depag, khas pesantren, dan Tarbiyah.

Pesantren ini memiliki target pendidikan setiap santrinya memiliki bacaan Quran yang baik. Hafal dua juz Al Quran. Mampu berbahasa Arab dan Inggris. Pesantren ini juga menuliskan diri sebagai pesantren modern di Kuningan.

Namun biayanya cukup mahal untuk ukuran pesantren, tapi karena masih di bawah Rp20.000.000 kami tetap masukkan ke dalam kategori pesantren. Biayanya Rp19.700.000-an. Sedangkan SPP Rp1.500.000-an. Website resmi bisa dikunjungi di sini. https://husnulkhotimah.sch.id/

Ainurrofiq Cigandamekar

Pesantren terbaik di Kuningan lainnya adalah Anurrofiq. Pesantren ini berdiri pada tahun 1999 dengan semangat memperbaiki akidah. Pesantren ini memiliki ciri khas tradisional dalam pola kepengasuhan santri, tapi modern dalam sistem asrama dan pendidikan, sehingga orang sering menyebut tradisional modern.

Sisi unik pesantren di Kuningan ini adalah filosofi keramik. Yaitu bagaimana semua keramik di pesantren ini terdiri dari pecahan-pecahan yang kemudian disatukan. Filosofinya adalah kepingan keramik tetaplah keramik, namun dari serpihan itu justru menjadikan lebih indah dari keramik yang utuh. Ini menjelaskan tentang derajat yang sama di hadapan Allah.

Pesantren ini memiliki pendidikan formal, seperti jenjang menengah, dan jenjang atas. Pendidikan kitab kuning juga masih terjaga, tentu porsinya tidak sebesar seperti Lirboyo atau Sidogiri. Pedomannya adalah pendidikan Rohani, Akhlaq, Jasmani, dan Kewanitaan.

Untuk biaya masuk pesantren sebesar Rp8.000.000-an. Sedangkan untuk SPP sebesar Rp700.000-an. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini. https://ainurrafiq.sch.id/

Al Ikhlas Ciawi Gebang

Entah mengapa di setiap kota selalu ada pesantren Alumni Gontor. Begitu juga di Kuningan. Pesantren Al Ikhlas merupakan pesantren yang menggunakan sistem pendidikan mirip dengan Gontor yaitu TMI. Sistem pendidikan yang menggabungkan antara formal dan agama dalam satu kurikulum dalam kelas.

Berdiri pada tahun 1990, pesantren ini hadirkan pendidikan modern yang menyatukan antara pendidikan kelas dan luar kelas. Sehingga santri memiliki disiplin sekaligus kemandirian yang tinggi.

Karakter lain adalah dwi bahasa yang dijadikan bahasa komunikasi, yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris. Dua bahasa ini dijadikan alat komunikasi aktif dan pasif. Hingga saat ini santri Al Ikhlas sudah lebih dari 400-an. Sehingga menjadikannya sebagai salah satu pesantren terbaik di Kuningan.

Untuk pendaftaran dibutuhkan biaya sekitar Rp8.000.000-an. Sedangkan untuk biaya bulanan sebesar Rp800.000-an. Info lengkap bisa mengunjungi https://al-ikhlash.ponpes.id/.

Binaul Ummah

Kalau ingin mencari pesantren dengan nuansa khas NU, Binaul Ummah menjadi pilihan. Pesantren ini bergaya tradisional modern, yaitu menyelenggarakan pendidikan formal dengan sistem pesantren tradisional.

Pendidikan jenjang SMP dan SMA tersedia di pesantren ini. Jenjang pendidikan non formal tersedia pendidikan diniyyah, juga tahfidz Quran. Sehingga santri bisa mendapatkan pilihan. Bahkan ekstra kurikulernya cukup banyak, seperti khusus membaca kitab salafy, kitab kuning, hadroh, pramuka, beladiri, dll.

Saat ini santrinya sudah mencapai lebih dari 650. Cukup banyak. Sehingga menjadikan pesantren ini masuk pesantren terbaik di Kuningan. Untuk biaya pendaftaran sekitar Rp12.000.000-an. Sedangkan SPP bulanannya lumayan, Rp1.200.000-an.

As Shidqu Cilimus

Ini merupakan pesantren yang berdiri pada tahun 2010 dengan seorang habib sebagai tokoh sentral. Yaitu Habib Quraisy Baharun. Pesantren ini berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 10.000 meter persegi.

Kelebihan dari pesantren ini salah satunya adalah tempat yang sangat representatif. Bersih, kemudian memiliki ranjang dan suasana yang nyaman. Modelnya seperti boarding school dengan fasilitas yang cukup memadai. Gedungnya juga cukup bagus.

Program di pesantren ini bermacam-macam. Di antaranya adalah tahfidz Quran selama tiga tahun. Kemudian juga pembelajaran agama Islam melalui halaqoh-halaqoh yang tersusun enam tingkat. Dari kelas satu hingga kelas enam. Pendidikan formalnya adalah SMP dan SMA. Oleh sebab itu bisa dikatakan As Shidqu merupakan salah satu pesantren terbaik di Kuningan.

Sedangkan untuk biaya masuk sebesar Rp8.000.000-an. Sedangkan untuk SPP sebesar Rp1.250.000-an.

Madinatun Najah Cilimus

Pesantren ini memiliki keunggulan berada di kaki gunung Ciremai. Sehingga keadaan lokasinya cukup nyaman sebagai tempat untuk menimba ilmu agama. Dibangun di atas lahan seluas 2.5 hektar menjadikan Madinatun Najah sebagai salah satu pesantren favorit di Kuningan.

Pesantren ini memiliki cirikhas memiliki pendidikan formal tingkat SMP dan SMA, juga jenjang yang lain seperti SD. Setiap santri diwajibkan memiliki hafalan sesuai kadar jenjangnya, ada yang harus hafal minimum 3 juz dan lain sebagainya.

Ciri khas kedua adalah penguasaan bahasa asing. Di pesantren ini bahasa arab dan inggris menjadi salah satu karakter penting dari siswa. Sedangkan sistem asrama menggunakan pola disiplin seperti model pesantren modern.

pesantren terbaik di Kuningan
Ilustrasi: Pixabay.com

Pesantren Madani Pesantren Fiqh dan Hadist

Pesantren terbaik di Kuningan selanjutnya adalah Pesantren Madani. Pesantren ini santrinya sekitar 700-an, tapi memiliki kajian keilmuan yang spesifik. Yaitu dalam aspek Fiqh dan hadist secara mendalam.

Oleh sebab itu secara pendidikan keislaman begitu mendalam. Diawali dengan pendalaman bahasa arab, nantinya ada kajian fiqh, hingga ushul fiqh. Sedangkan di aspek hadist ada pendalaman hadist Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Abu Daud.

Pesantren yang didirikan pada tahun 1999 ini juga memiliki program tahfidz Quran. Ilmu lain yang dipelajari adalah akidah. Maka di pesantren ini kajian kitab, atau bahsul masail cukup sering terjadi.

Sedangkan pendidikan formal ada SMP, dan SMA menggunakan sistem kejar paket. Oleh sebab itu banyak santri Kuningan yang belajar di pesantren ini.

Al Kausar Cilimus

Ini pesantren yang berdiri pada tahun 1996. Pesantren ini memiliki karakter tradisional yang belajar menggunakan metode sorogan dan bandongan ke kyai. Polanya tapi unik tidak hanya mendengar saja, tapi melafalkan berulang-ulang.

Sehingga setiap santri seperti menghafal. Pola ini tidak hanya berlaku pada kitab kaidah nahwu sorf, tapi juga terhadap kitab fiqh, hadist, bahkan tauhid. Pola demikian juga berlaku di malam harinya. Sehingga menjadikan santri memiliki ingatan yang cukup baik terhadap pelajaran.

Dari sisi santri, pesantren ini tergolong cukup banyak, sampai 900-an. Terdiri dari santri putra dan putri. Untuk pendidikan kejar paket B dan C, sehingga setiap santri bisa mendapatkan ijazah untuk menjadi bekal selanjutnya.

Sedangkan untuk biaya, pesantren ini tergolong yang paling murah. Satu bulan 35.000 rupiah, perak. Bandingkan dengan yang puluh-puluh juta. Plus ditambang dengan enam liter beras. Oleh sebab itu kami masukkan Al Kausar sebagai salah satu pesantren terbaik di Kuningan.

Nurul Hadid Khusus SMA

Panduan terbaik sangat menyukai jika ada pesantren yang memiliki spesifikasi khusus. Salah satunya adalah pesantren Nurul Hadid. Pesantren ini khusus untuk Aliyah. Oleh sebab itu pola pendidikan yang disediakan juga sangat spesifik.

Di antaranya adalah pendidikan persiapan bahasa selama satu tahun jika dari non pesantren. Model ini dilakukan seperti layaknya pendidikan di luar negeri yang menyiapkan santrinya benar-benar siap untuk menempuh pendidikan panjang menggunakan bahasa asing. Santrinya pun tidak terlalu banyak.

Program khusus yang ada di pesantren ini dua. Yaitu program tahfidz Quran, Tripala, dan Komputer. Pesantren ini juga memiliki ciri menjaga sunnah dalam setiap amalan. Biaya masuknya sekitar Rp7.000.000-an. Sedangkan SPP setiap bulannya sebesar Rp700.000-an. Website resminya bisa kunjungi di sini. https://nurulhadid.sch.id/.

Inilah beberapa pesantren terbaik di Kuningan, jika ada usul atau perbaikan informasi bisa dicantumkan di kolom komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *