Pesantren Binaul Ummah Kuningan | Keunggulan dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Binaul Ummah Kuningan mulai dikenal luas sebagai salah satu pondok pesantren pilihan di Jawa Barat. Terutama karena memiliki program pendidikan yang sangat beragam dan memiliki banyak keunggulan.

Oleh sebab itu kami akan mengulas Pondok Pesantren Binaul Ummah Kuningan dengan cara merangkum informasi dari website resmi, ulasan website lain, serta informasi lainnya agar menjadi rangkuman yang menarik. Kami juga akan membahas biaya masuk Binaul Ummah.

Pesantren Binaul Ummah Kuningan

Ponpes Binaul Ummah Kuningan berdiri pada tahun 2002. Di awal namanya adalah Yayasan Bina Umat Cipari. Namun kemudian seiring hadirnya Pondok Pesantren, maka namanya berubah menjadi Yayasan Pondok Pesantren Binaul Ummah Kuningan.

Bisa dikatakan pesantren ini menggabungkan antara sistem modern, salaf, berbasis dakwah dan tarbiyah. Serta begitu fokus dalam pemberian pendidikan formal kepada santrinya. Sehingga menarik perhatikan masyarakat.

Pesantren Binaul Ummah Kuningan

Pendidikan di Pondok Pesantren Binaul Ummah

Pendidikan di pondok pesantren Binaul Ummah cukup lengkap, mulai dari jenjang RA, SD, hingga SMP, SMA, dan SMK. Namun yang ingin mondok, setahu kami tersedia untuk jenjang SMP, SMA, dan SMK seperti pondok pesantren pada umumnya.

Untuk jenjang SMP dan SMA sudah mendapatkan akreditasi dengan nilai A. Artinya sudah sesuai dengan standar pendidikan nasional. Sedangkan untuk SMK memiliki jurusan Teknologi Laboratorium Medik, dan Tata Boga. Adapun untuk jenjang SMA memiliki pilihan jurusan IPA dan IPS.

Kurikulum yang digunakan adalah diknas. Seperti umumnya sekolah jenjang formal SMP dan SMA, namun ada muatan lokal yang disebut dengan kepesantrenan. Seperti Al Quran dan Ilmu Quran, Hadist dan Ilmu Hadist.

Ada juga Aqidah Islam, Fiqh dan Ushul Fiqih, Tarikh, dan banyak lagi. Adapun untuk bahasa ditetapkan bilingual seperti umumnya pesantren modern. Yaitu Bahasa Arab dan Inggris. Sehingga Pesantren Binaul Ummah Kuningan memiliki pendidikan yang cukup lengkap.

PanduanTerbaik.id

Keunggulan Pesantren Binaul Ummah

Menurut kami ada beberapa keunggulan dari Pesantren Binaul Ummah Kuningan yang patut dipertimbangkan. Di antaranya ada tahfidz Quran. Uniknya absensi kegiatan akan dilaporkan kepada orang tua. Jadi meski di rumah bisa memantau.

Kedua, pesantren ini rutin menghasilkan prestasi, seperti juara 3 Musabaqah Hifdzil Quran tingkat Asean Wilayah Jawa Barat, juara 1 sekolah sehat tingkat kabupaten kuningan, juara 1 olimpiade PAI tingkat kabupaten Kuningan. Semua di tahun 2019-2020.

Ketiga, ekstrakurikuler yang tersedia cukup variatif. Seperti Pramuka, Paskibra, Futsal, Basket, Panahan, Pencak Silat, Marawis, semua ini membuat santri pesantren Binaul Ummah Kuningan akan merasa betah di pesantren.

Fasilitas Pesantren

Dengan santri putra dan putri yang berjumlah lebih dari 800 orang, dinamika pesantren ini berjalan cukup baik dengan hadirnya fasilitas dan sarana yang baik. Di antaranya fasilitas akademik lengkap seperti laboratorium IPA, Komputer, dan lainnya.

Untuk kamar modelnya seperti Boarding School, satu kamar hanya untuk empat santri. Cukup eksklusif sekali. Ada laundry, enam lapangan olah raga. Menurut kami sudah cukup lengkap. Jadi santri bisa nyaman.

Kegiatan Harian

Ada yang menarik dari kegiatan harian. Dimulai dari pukul 3 pagi, nantinya shalat lail, shalat subuh dan ma’surat. Selepasnya ada tahsin dan tahfidz Al Quran. Dari pukul 07:00-15:00 kegiatan belajar sekolah. Seperti full day school.

Selepas ashar ada ekstra. Baru selepas maghrib ada muraja’ah, ma’surat, dan tilawah. Jadi tahfidz cukup dominan. Selepas isya ada pemberian bahasa. Nantinya mulai 21:00 belajar mandiri. Pesantren Binaul Ummah Kuningan sudah mengondisikan dengan baik.

Pendaftaran Pesantren

Bagi yang ingin masuk, maka biasanya sudah dibuka sejak November hingga bulan April. Daftarnya bisa melalui online di website resmi. Link kami sajikan di bawah. Yang perlu disiapkan adalah tes masuknya.

Baik SMP dan SMA memiliki materi tes wawancara, baca Al Quran, kesehatan. Untuk SMP ada tes akademik seperti Matematika, IPA, dan PAI, sedangkan untuk SMA adalah Matematika, Bahasa Inggris, dan PAI.

Biaya Masuk Binaul Ummah

Adapun biaya masuk Pesantren Binaul Ummah Kuningan kami sajikan dengan tabel berikut, akan bisa dibaca dengan lebih mudah.

JenjangUang MasukSPP
SMPRp12.900.000Rp1.200.000
SMARp13.250.000Rp1.200.000
SMKRp12.150.000Rp1.200.000

Ini biaya masuk di tahun 2021-2022. Menurut kami biaya ini cukup standar dengan pendidikan dan fasilitas yang diberikan. Bisa disurvey dengan lembaga pendidikan lain di Kuningan di link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Alamat lengkap pesantren berada di Jalan Raya Cipari, Cigugur, Kuningan Jabar. Lebih mudah bisa ikuti link Google Maps yang kami sediakan di bawah ini. Tinggal klik saja agar perjalanan Anda dipandu.

Jika ingin informasi lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, atau hubungi saja layanan pesantren di 0811-2091-411 agar mendapatkan informasi yang lebih lengkap, update, dan valid. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *