Pesantren Darussalam Aur Duri Sumani | Keistimewaan dan Biaya

Posted by

Pesantren Darussalam Aur Duri Sumani merupakan salah satu pondok yang cukup dikenal di wilayah Solok Sumatera Barat. Memang di wilayah ini pesantren tidak sebanyak di pulau Jawa. Oleh sebab itu menjadi tujuan masyarakat sekitar.

Oleh sebab itu kami akan membuat rangkuman informasi tentang pesantren Darussalam Aur Duri Sumani yang berasal dari brosur yang kami dapatkan di halaman Instagram pesantren. Di antara yang akan kami bahas adalah pendidikan dan biaya masuk.

Pesantren Darussalam Aur Duri Sumani

Pondok pesantren Darussalam Aur Duri Sumani berdiri pada tahun 1963. Tergolong pondok pesantren tertua di Solok. Pendirinya adalah Syekh H. Chatib Abu Samah Al Chalidy bersama sang istri Hj. Ummy Sa’adah Idris.

Pondok pesantren Darussalam Sumani kini tumbuh dan menjelma menjadi pesantren yang mengintegrasikan sistem modern dengan sistem tradisional. Di mana pendidikan formal sudah tersedia, dan pendidikan diniyyah juga disediakan dengan baik.

Pesantren Darussalam Aur Duri Sumani

Pendidikan di Pesantren Darussalam Aur Duri

Di pesantren Darussalam Aur Duri Sumani tersedia banyak jenjang pendidikan, mulai dari TK, hingga Madrasah Tsanawiyah (MTs), setingkat SMP, dan Madrasah Aliyah (MA), setingkat dengan SMA. Jadi bisa dipilih sesuai usia.

Adapun kurikulum yang berlaku adalah kombinasi antara dikbud, kemenag. Jadi ada unsur sains seperti IPA dan IPS, ada juga unsur agama seperti Al Quran, Tauhid. Model pembelajarannya di kelas. Cukup baik.

Sedangkan untuk kurikulum pesantren menggunakan model kajian kitab kuning. Sehingga kemampuan bahasa arab siswa juga ditingkatkan dengan baik. Seperti ilmu nahwu, sharf juga diajarkan di pesantren Darussalam Aur Duri Sumani.

PanduanTerbaik.id

Program Unggulan

Adapun program unggulan yang tersedia di antaranya adalah tahfidz Quran. Yang dimulai dari tahsin, atau perbaikan hafalan, baru kemudian kepada tahfidz Quran. Dibimbing oleh ustadz dan ustadzah.

Adapun program ekstra di antaranya adalah olah raga seperti sepak bola, pramuka, futsal, volley ball, takraw, tenis meja, dan drumb band. Jadi santri akan betah karena banyak kegiatan di ponpes Darussalam Solok.

Prestasi Santri Darussalam

Di Kabupaten Solok, pesantren Darussalam Aur Duri sering berprestasi. Contoh  pernah menjuarai lomba kitab kuning, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Inggris, Pencak silat, dan lain sebagainya. Rata-rata tingkat kabupaten dan provinsi Sumatera Barat. Cukup bagus.

Kegiatan Harian

Adapun kegiatan harian di dalam pesantren dimulai dengan shalat tahajud, 04:00, nantinya dilanjut dengan shalat subuh dan baca Al Quran. Ada juga wirid yang harus dilakukan. Jadi hatinya dibersihkan dulu.

Uniknya sebelum masuk kelas ada shalat dhuha dan tadarus Al Quran. Barulah selepasnya, 07:45, dilaksakanan kegiatan belajar mengajar hingga ashar. Santri shalat berjamaah dan wirid.

Sore dimanfaatkan untuk kegiatan ekstra dan olah raga. Untuk malam selepas magrib digunakan untuk mengkaji kitab. Bahkan selepas isya juga demikian. Jadi kegiatan di pesantren Darussalam Solok ini cukup variatif.

Pendaftaran Pesantren

Kalau ingin mendaftar maka siapkan beberapa syarat. Di antaranya adalah fotocopy ijazah dan skhun empat lembar. Ada juga pas foto 2 x 3 sebanyak 3 lembar, dan ukuran 3 x 4 sebanyak tiga lembar. Fotocopy KTP, KK, dan Akte Kelahiran cukup satu lembar.

Tapi harus siap-siap tes baca Al Quran. Jadi tidak langsung masuk. Biasanya pendaftaran bisa sampai tanggal 31 Juli. Nanti komunikasi saja dengan pihak pesantren. Tersedia untuk putra dan putri jenjang MTs, dan MA.

Biaya Masuk Darussalam Solok

Untuk biaya masuk pesantren Darussalam Solok yang kami lihat untuk tahun ajaran 2020-2021 adalah sekitar 6.5 jutaan. Sudah termasuk dengan peralatan seperti baju, peci, sajadah, almari, dan kasur. Adapun bulanannya sekitar 800 ribuan.

Menurut kami biaya ini sudah cukup standar. Bisa dilihat dari pesantren lain di wilayah Sumatera. Kalau di Medan di link ini, kalau di Padang di link ini. Kami sudah sajikan biaya dan keunggulan masing-masing. Jadi bisa jadi bahan pertimbangan.

Alamat Lengkap

Untuk alamat lengkap berada di Jalan Lintas Sumatera KM 9 Aur Duri Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Bisa melihat link Google Maps di bawah ini. Nanti kalau ingin bertanya-tanya hubungi saja nomor 0852 633 1972.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi saudara di Solok Sumatera Barat. Terutama bagi mereka yang ingin mendapatkan pendidikan pesantren terbaik bagi anak-anaknya. Bagikan pengalaman Anda di pesantren Darussalam Solok di kolom komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *