pesantren terbaik di Sulawesi

11 Pesantren Terbaik di Sulawesi | Gratis hingga Khusus Putri

Posted by

Pesantren Terbaik di Sulawesi | Pulau yang dulu dikenal dengan nama Celebes ini merupakan salah satu pulau kesebelas terbesar di dunia. Terdiri dari enam provinsi di dalamnya, pulau Sulawesi menyimpan berbagai sejarah emas keislaman.

Banyak sekali raja-raja muslim yang mendakwahkan ajaran Islam pada masyarakat Sulawesi kala itu, salah satu kerajaan Islam terbesar di Sulawesi adalah kerjaan Gowa.

Tak heran, perkembangan pendidikan Islam di Sulawesi cukup pesat, hal ini juga ditandai dengan semakin menjamurnya sekolah berbasis pesantren di Sulawesi. Berikut informasi pesantren-pesantren terbaik di Sulawesi untuk kamu versi PanduanTerbaik.id. Nomor bukanlah urutan peringkat.

Gontor 7 Riyadhul Mujahidin

Bagi kamu yang tinggal di pulau Jawa tentu tidak asing dengan nama besar Gontor. Yap, pesantren yang berpusat di Ponorogo ini terus mengembangkan sistem pendidikannya hingga keluar Jawa. Salah satunya adalah dengan mendirikan Pondok Gontor ke 7 di Kendari.

Sistem pembelajarannya pun sama dengan Pondok Gontor manapun, ilmu agama dan ilmu umum diajarkan secara seimbang. Tak lupa pula, santri dididik untuk selalu menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam keseharian. Gontor juga mengedepankan social life skill sebagai bekal para alumninya di masa depan.

Maka kemandirian santri yang dimunculkan juga cukup tinggi. Tidak lupa pesantren ini memiliki jaringan alumni yang sangat luas dan cukup kuat. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Sulawesi. Website resmi di Gontor.ac.id

Pondok Pesantren IMMIM Makassar

Senada dengan Pondok Gontor, Pondok IMMIM Makassar juga mengedepankan kurikulum modern dalam pesantren. Keseimbangan kurikulum agama dan umum dikedepankan oleh pesantren yang berdiri pada tahun 1975 ini.

Program baru yang kini sedang digencarkan adalah hafalan dan tahsinul Quran, tentu dengan harapan para alumni IMMIM dapat memiliki kecakapan berdakwah sehingga syiar Islam terdengar lebih luas lagi.

Pondok IMMIM Makassar telah meluluskan ribuan santri yang kini telah aktif berkontribusi di masyarakat. Pondok yang menjadi icon Kota Makassar ini juga memiliki fasilitas yang sangat memadai untuk para santrinya lho, kamu tertarik mondok di IMMIM??

Biaya pendaftarannya sebesar Rp11.300.000-an. Sedangkan untuk SPP sebesar Rp1.500.000-an. Website resmi bisa dikunjungi di sini, https://immim.sch.id/

Pesantren Terbaik di Sulawesi Shohwatul Is’ad

Tidak banyak pondok yang mau untuk berkolaborasi dengan teknologi di Sulawesi. Namun, salah satu pondok yang berada di kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan ini mencoba untuk memasuki dunia digital dalam berdakwah.

Hal ini mendapat sambutan yang cukup baik dari masyarakat. Pembelajaranpun dikemas dengan apik dan mengedepankan teknologi sebagai langkah utamanya.

Para pengajar, baik untuk ilmu agama maupun ilmu umum berasal dari berbagai perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri. Para santri pun kerap diingatkan pada misi pondok agar selalu bertindak aktif dan bereaksi positif terhadap perkembangan industri 4.0 dan segala konsekuensinya. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Sulawesi.

Pesantren Sulaymaniyyah Turki

Jika kamu mencari pondok pesantren yang memiliki kurikulum khusus di bidang tahfidzul Quran atau menghafal Al Quran, pesantren ini bisa menjadi salah satu rujukan. Bertempat di kabupaten Gowa, Sulawesi, pondok ini telah memiliki ratusan santri penghafal Al Quran.

Pondok yang dibangun dengan kerjasama salah satu yayasan dari Turki ini mewajibkan santri-santrinya untuk minimal memiliki ijazah SMA/MTs sebelum masuk. Selain itu, kamu juga harus memiliki hafalan, setidaknya pada juz 30 dan mampu membaca Quran dengan lancar.

Bila syarat-syarat tersebut sudah terpenuhi, maka dapat dipastikan kamu akan lolos masuk ke pondok pesantren Sulaimaniyah dengan bimbingan para ustadz dari Turki dan Indonesia. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Sulawesi.

Pesantren Al Khairat.

Pesantren Al Khairaat merupakan salah satu pesantren di Sulawesi yang paling berpengaruh. Santrinya mencapai puluhan ribu dan sudah mendirikan banyak cabang di Indonesia Timur.

Didirikan oleh Habib Syekh Idrus bin Salim Al Jufri, Al Khairaat merupakan pesantren terdepan dalam mengkaji ilmu salaf di Sulawesi. Selain berhasil mendirikan puluhan pondok salaf dan puluhan sekolah, Al Khairaat juga memiliki dua universitas yang telah meluluskan ribuan santri.

Selain kajian kitab salaf dan pembelajaran lainnya, pondok Al Khairaat juga memberikan pengalaman belajar berwirausaha pada santrinya. Beberapa diantaranya adalah pembangunan pasar religi untuk berdagang, extrakulikuler kerajinan bagi yang suka menganyam dan sekolah kejuruan untuk pertambangan. Wah, sangat lengkapn bukan?

pesantren terbaik di Sulawesi
Pesantren 77 Bone | Sumber fajar.co.id

Pesantren Darul Huffadz Bone

Ini merupakan pondok legendaris. Orang mengenalnya dengan pesantren 77 karena berada di desa Tuju-tuju, Kajuara, Kabupaten Bone. Pesantren yang berdiri pada tahun 1975 ini berkiprah tidak pernah berhenti hingga sekarang.

Salah satu aspek yang terkenal adalah sebagai pesantren tahfidz Quran terbaik di Sulawesi atau bahkan salah satu yang terbaik di Indonesia. Bahkan meraih anugerah sebagai pelopor kedua pesantren tahfidz Quran dari pesantren Darul Quran.

Pesantren ini memiliki sistem pesantren mirip Gontor dari pola pendidikan santrinya, karena dalam sejarahnya peran guru-guru alumni Gontor cukup banyak. Materi pelajaran juga banyak yang mirip.

Namun demikian yang difokuskan adalah aspek tahfidz Quran. Hal ini wajib untuk seluruh santri yang berjumlah lebih dari 1.300-an. Uniknya lagi, setiap santri tidak dipungut biaya sepeserpun. Gratis. Sehingga santrinya tidak hanya berasal dari Indonesia, tapi juga banyak dari luar negeri seperti Malaysia.

Pesantren Darul Aman Gombara Makassar

Berdiri pada tahun 1991, pesantren ini menjadi ikon kota Makassar sebagai usaha untuk menjadi kota santri. Pesantren ini fokus pada jenjang selepas SD dan SMP, atau pindahan dari sekolah yang lain.

Faktor unggulan yang dimiliki adalah lingkungan yang terintegrasi dengan sistem tahfidz Quran setiap harinya. Juga mampu menghafal hadist-hadist pilihan. Santri juga dituntut untuk bisa berbahasa arab dan inggris sekaligus.

Pesantren dengan santri ratusan ini juga mampu melahirkan hafidz Quran di wisudanya. Ibadah intensif juga ditekankan seperti qiyamullail, shalat dhuha, puasa, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu pada tahun 2019 terpilih sebagai pesantren unggulan wilayah Indonesia Timur oleh BI. Sehingga kami masukkan sebagai salah satu pesantren terbaik di Sulawesi.

Biaya masuk pesantren ini sebesar Rp13.9 jutaan dengan SPP 1 jutaan. Adapun website resmi bisa dikunjungi di sini, https://www.darulaman.sch.id/.

Pesantren Darul Istiqomah Maros

Pesantren ini khusus putri. Meskipun awal diberdirikannya untuk putra dan putri. Namun justru karena hal itu pula pesantren ini dalam sudut pandang kami berkembang dengan baik.

Pesantren ini memiliki fokus pada tiga hal, pendidikan umum di SMP IT dan SMA IT. Kedua adalah tahfidz Quran. Ketiga adalah kurikulum Mar’atus Shalihah. Kurikulum kewanitaan.

Bahkan ada satu program unik di pesantren ini, yaitu TILAWA (tidur lebih awal). Dari tilawa ini santri memaksimalkan untuk kegiatan bangun malam.

Bahkan Abha University Arab Saudi memberikan beasiswa pendidikan untuk 30 santri untuk melanjutkan studi tanpa biaya yang besar (republika.co).

Tentu hal ini merupakan pengakuan yang membanggakan. Oleh sebab itu pesantren ini kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Sulawesi. Website resmi bisa dikunjungi di sini, https://www.spidi.sch.id/

Pesantren Ummul Mukminin

Pesantren terbaik di Sulawesi selanjutnya adalah Pesantren Ummul Mukminin. Pesantren ini khusus untuk putri. Ini yang jarang di pesantren-pesantren. Umumnya putra dan putri. Sehingga pesantren di kecamatan Biringkanaya ini menjadi salah satu pesantren khusus putri terbaik di Sulawesi.

Pesantren ini berbasis Muhammadiyah, sehingga banyak hal dari ormas besar tersebut menjadi aspek penting dalam pesantren. Berdiri pada tahun 1982, pesantren ini kini memiliki santri kurang lebih 1050-an.

Kurikulumnya perpaduan antara agama dan umum. Agama meliputi pesantren, muhammadiyahan, pendidikan Islam. Sedangkan umum yang terangkum dalam kurikulum pendidikan.

Ciri khas pesantren ini pada aspek Bahasa Arab, Inggris, tahfidz Quran, kajian kitab Tarjih Muhammadiyah, dan kajian kitab klasik lainnya. Untuk biaya masuk sebesar Rp15.000.000-an. Sedangkan untuk SPP sebesar Rp1.300.000-an. Website resmi bisa dikunjungi di http://www.ppum.sch.id/.

Inilah beberapa pesantren terbaik di Sulawesi. Beberapa nomor kami kosongkan agar mendapatkan usul dari pembaca. Jika ada kekurangan informasi juga bisa diusulkan melalui kolom komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *