Menariknya Pesantren Assaidiyah Sampang – Tahfidz Quran dan Biaya

Posted by

Pesantren Assaidiyah Sampang adalah salah satu lembaga pendidikan terbaik di Madura. Jika berkunjung ke kota Sampang Madura, maka Anda akan menemukan sebuah lokasi yang menjadi pusat belajar bagi anak-anak pencinta Al-Qur’an. 

Kurang lebih 200 meter dari monumen Trunojoyo Sampang berdiri Pondok Pesantren Bustanul Huffadz Assaidiyah beberapa tahun silam. prioritas utama pesantren ini adalah mencetak santri yang mencintai dan menghafal Al-Qur’an, sesuai dengan namanya Bustanul Huffadz. 

Yuk, simak ulasan lengkap tentang Pesantren Tahfidz Qur’an Bustanul Huffadz Assaidiyah Sampang, mulai dari kurikulum, identitas, hingga biaya masuk dan pendaftaran. Kami rangkum dari banyak sumber.

Profil Pesantren Bustanul Huffadz Assaidiyah 

Pesantren Assaidiyah Sampang didirikan oleh R.K.H Mohammad Sa’id Ismail, yang akrab disapa Kiai Is’mail. Beliau lahir dan besar di Saudi Arabia. Meski lahir dan besar di Arab, namun Ayah beliau berasal dari Sampang, Madura.

pesantren assaidiyah sampang

Diriwayatkan bahwa Kiai Is’mail telah hafal Al-Qur’an sejak usia 10 tahun. Kemudian pada usia 15 tahun, Kiai Is’mail dititahkan oleh ayahnya untuk kembali ke Madura.

Kembalinya Kiai Is’mail ke tanah Madura tidak lain adalah untuk mengamalkan ilmu agama, terutama di Sampang kota kelahiran sang ayah. Di kota Sampang inilah Kiai Is’mail mulai merintis sebuah Pondok Pesantren yang berbasis Tahfidzul Qur’an. 

Sebelumnya nama pesantren ini hanya Bustanul Huffadz, kemudian untuk menghormati pendiri sekaligus pengurus pertama pondok ini maka ditambah kata “Assa’idiyah”. Oleh karena jumlah santri terus bertambah banyak, maka dibangunlah sebuah Pesantren yang lebih besar hingga sekarang. 

Saat ini, pesantren ini dikelola oleh KH Aunur Rofiq Mansur yang merupakan penerus dari generasi ketiga.  Kemudian di tahun 2015, KH. Aunur mendirikan program pendidikan formal yaitu SMA Tahfidz Assaidiyah. 

Didirikannya SMA sebagai pendidikan formal di pesantren ini tidak lepas dari harapan KH. Aunur. Beliau berharap agar para santri tidak hanya fasih ilmu agama, tetapi juga punya bekal pengetahuan umum.

Sistem Pendidikan Pesantren 

Pesantren Assaidiyah Sampang memiliki fokus pada tahfidz Quran. Maka demi menjaga hafalan Al-Qur’an para pengurus pesantren mewajibkan para santri untuk menyetorkan hasil hafalan setiap hari. Seperti umumnya pesantren tahfidz layaknya Pesantren Singosari Malang.

Terdapat tiga program pendidikan yang dapat dipilih oleh santri saat awal pendaftaran, antara lain, Program Tahfidz Al-Qur’an, dengan ketentuan wajib masuk pendidikan madrasah diniyah, yaitu pendidikan untuk pendalaman pengetahuan Islam.

Kedua, Program Sekolah Formal (SMA dan MTs), bagi santri yang memilih untuk mengikuti program ini  wajib masuk dalam pendidikan diniyah. Ini seperti model di pesantren-pesantren umumnya, pagi sekolah soren madrasah.

Terakhir adalah Program Pendidikan Madrasah Diniyah yang terdiri dari Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah. Bagi santri yang memilih program ini tidak wajib masuk pendidikan yang lain karena hanya fokus pada pendalaman kitab. 

Jadwal Harian Santri 

Sebagai pesantren yang berbasis tahfidz Qur’an maka 75% kegiatan harian dari pesantren Assaidiyah Sampang adalah murojaah hafalan serta setoran hafalan. Selain kegiatan tersebut, para santri juga melakukan pengajian kitab salaf selepas sholat Ashar. 

Bagi santri yang mengikuti program sekolah formal maka pada jam 7 pagi hingga 12 siang, mereka melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah. 

Selain kegiatan rutin, para santri juga diberikan kegiatan ekstrakurikuler seperti nasyid, sains club, sains qur’ani, baca kitab, marawis, beladiri, dan pramuka. Selain itu para santri juga diberi tambahan kursus Bahasa Arab dan Inggris. Model demikian juga dilakukan di Pesantren Darul Hikam Mojokerto.

Pesantren Bustanul Huffadz Assa’idiyah juga mempunyai agenda rutin dua tahunan yaitu mewisuda para santri yang sudah tamat hafalan Al-Qur’an. Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi bagi segala usaha para santri saat menghafalkan Al-Qur’an.

Prestasi Pesantren Assaidiyah Sampang

Banyak prestasi yang telah diukir oleh para santri Pesantren Assaidiyah Sampang. Salah satunya adalah pernah masuk 10 besar dalam ajang lomba hafalan Al-Qur’an yang diadakan di Mekkah tahun 1991 lalu. Lomba yang bertajuk Musabaqoh Hidzil Qur’an merupakan lomba hafalan Qur’an tingkat internasional. 

Salah satu faktornya menurut kami adalah pengurus di pesantren Assaidiyah Sampang ini rata-rata sudah hafal Al Quran 30 Juz. Sehingga menjadi contoh para santri dan juga memotivasi para santri untuk bisa mengikuti pengurusnya. 

PanduanTerbaik.id

Beasiswa di Pesantren Sampang Gratis

Untuk menjaga keseriusan santri dalam mempelajari dan menghafal Al-Qur’an, pengurus pesantren tidak segan-segan memberikan beasiswa dan gratis SPP. Dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Bebas biaya SPP hingga 1 tahun jika hafal Al-Qur’an 10 juz
  • Gratis biaya SPP hingga 2 tahun apabila hafal 20 juz Al-Qur’an
  • Bagi yang menginginkan gratis SPP hingga 3 tahun maka harus lolos tes hafalan 30 juz Al-Qur’an
  • Untuk santri yang meraih peringkat 1 maka dapat kesempatan untuk memperoleh beasiswa gratis SPP selama 6 bulan
  • Selain itu, beasiswa juga diberikan kepada santri yang kurang mampu. 

Selain program beasiswa dan prestasi santri yang berderet, kegiatan wisuda santri selalu dihadiri oleh ulama-ulama besar. Pernah suatu kali, pesantren ini kedatangan Ustad Ahmad Al-Habsyi. 

Biaya Masuk dan Pendaftaran Pesantren

Biaya yang harus dilunasi oleh santri Pesantren Assaidiyah Sampang ada dua jenis, yaitu :

  1. Biaya sebesar Rp. 870.000  harus dibayarkan oleh santri yang tidak megikuti program formal. Biaya ini meliputi uang administrasi, uang pembangunan, seragam, Kartu Tanda Santri. Selain itu, biaya ini juga sudah termasuk untuk uang syahriah 6 bulan serta kitab Maj’mu. 
  2. Santri yang mengikuti program pendidikan formal MTs/ SMA dikenai biaya sebesar Rp. 1.380.000.  Di mana dana sebesar Rp. 870.000 untuk biaya pesantren dan sisanya untuk seragam, atribut sekolah serta SPP 6 bulan. 

Info bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pesantren. 

Alamat Pesantren

Pesantren Bustanul Huffadz Assa’idiyah berada di Jl. KH Hasyim Asyari No. 42 Sampang- Madura.  Dan saat ini sedang pembangunan untuk Gedung baru yang beralamat di Jl. Bukit Setingil Kel. Dalpenang, Kab. Sampang. 

Untuk informasi lebih lanjut tentang pendaftaran santri sila kunjungi laman facebooknya di akun PP Bustanul Huffadz Assaidiyah di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *