Pesantren Al Hasan Ciamis | Keistimewaan dan Biaya Pendaftaran

Posted by

Pesantren Al Hasan Ciamis tergolong salah satu pondok pesantren tua di Jawa Barat. Sudah cukup mapan dalam menyelenggarakan pendidikan. Santrinya banyak, berasal dari banyak daerah. Oleh sebab itu cukup menarik untuk diulas.

Pada kesempatan kali ini kami akan merangkum informasi tentang Ponpes Al Hasan Ciamis yang bersumber dari website resmi. Di antara yang akan kami sajikan adalah informasi pendidikan, keunggulan, serta biaya masuk.

Profil Pesantren Al Hasan Ciamis

Pesantren Al Hasan Ciamis berdiri pada tahun 1967. Saat itu belum banyak pondok pesantren lahir. Namun KH. Hasan Bisri sebagai pendiri menancapkan sejarah manis. Tidak hanya bergerak dalam lembaga pendidikan, tapi juga dakwah dan lembaga sosial.

Pesantren Al Hasan Banjarsari Ciamis ini memiliki basis pendidikan salafiyah, atau yang lebih dikenal dengan kitab kuning. Namun sudah dikombinasikan dengan pendidikan formal serta memiliki sistem pondok dan fasilitas yang modern.

pesantren al hasan ciamis

Perkembangan inilah yang selanjutnya terus menarik perhatian masyarakat, dan menjadi salah satu pondok pesantren unggulan dan favorit di Jawa Barat, khususnya di Ciamis.

Pendidikan di Al Hasan Banjarsari

Pendidikan formal yang tersedia dua jenjang. Yaitu MTs, atau setingkat SMP yang merujuk kepada kemenag. Kemudian ada SMA Plus, dengan pelajaran seperti IPA, IPS, Matematika, Kimia, Biologi, Fisika, dan lain sebagainya.

Adapun secara kurikulum mengkombinasikan tiga aspek, pertama adalah kurikulum nasional, diknas, kedua adalah kurikulum kemenag, dan yang terakhir adalah kurikulum salafiyah yaitu pendidikan fokus agama.

Dari tiga kurikulum tersebut kemudian dikombinasikan dengan sistem pendidikan berbasis pesantren. Asrama, selama 24 jam. Yang penekanannya terletak pada akhlaq, yaitu budi pekerti. Ini memang fokus pesantren.

Kedua adalah Al Quran, Hadist, dan Kitab Kuning. Tiga kombinasi ini menghasilkan santri yang memahami Islam dengan cukup mendalam. Sehingga bisa menjadi bekal di masyarakat untuk masa depan.

Ketiga, unsur bahasa. Jika umumnya yang ditekankan hanya bahasa asing saja, atau Arab dan Inggris, di pesantren ini justru memiliki penekanan pada Arab, Inggris, Indonesia, Sunda, dan Jawa. Tidak banyak pesantren demikian.

Ditambah lagi dengan unsur teknologi, serta tidak melupakan pendidikan science. Karena itulah pendidikan di pesantren Al Hasan Ciamis menjadi salah satu rujukan bagi ponpes sekitar.

PanduanTerbaik.id

Pembelajaran Kitab di Pesantren Al Hasan

Karena pesantren Al Hasan Ciamis berbasis pendidikan diniyyah pesantren, maka kami akan jelaskan beberapa kitab yang dipelajari dari beragam keilmuan.

Materi yang dipelajari adalah Tafsir, Hadist, Tasawwuf, Tauhid, Nahwu, Shorf, Tarikh, Fiqh, Akhlak, dan lainnya. Beberapa kitab yang terkenal dan dipelajari adalah Aqidatul Awam, Fathul Wahab, Fathul Mu’in, Tuhfatut Thulab.

Ada juga untuk akhlaq adalah Akhlaq Lil Banin, Ta’limul Muta’alim. Ada juga Jurumiyah, Imrithi, Alfiyah, untuk tasawuf ada Bidayatul Hidayah, Ihya Ulumuddin, untuk tafsir mulai dari Tafsir Jalalain, Tafsir Yasiin, serta masih banyak lagi.

Kitab-kitab yang dipelajari di pesantren Al Hasan Ciamis ini menandakan kedalaman ilmu para santri, seperti pesantren kitab kuning besar lainnya di Indonesia yang pernah kami ulas lengkap di sini.

Fasilitas di Pesantren Al Hasan Ciamis

Pesantren Al Hasan Ciamis sudah cukup lengkap secara fasilitas. Apalagi sudah cukup lama berdiri. Mulai dari asrama putra dan putri, masjid khusus putra, mushola khusus putri. Yang tidak kalah penting adalah fasilitas akademik.

Dari mulai laboratorium IPA, Komputer, bahkan lahan pertanian juga sudah tersedia. Jadi santri terfasilitasi dengan baik. Apalagi berkaitan dengan sarana olah raga, seperti futsal, basket, volley, tenis meja, bulu tangkis, semua tersedia dan menjadikan santri betah.

Tapi menurut kami ada satu keunggulan utama yang jarang dimiliki pesantren lain, yaitu aspek geografis. Ciamis dikenal sebagai satu wilayah yang memiliki kenyamanan. Maka banyak pesantren di wilayah ini. Cuaca bisa mencapai 24 derajat. Juga bisa mencapai 30 derajat. Cukup nyaman.

Pendaftaran Al Hasan Banjarsari

Bagi yang ingin mendaftar sudah tersedia sistem online, tapi ada beberapa yang harus disiapkan. Di antaranya adalah syarat administrati. Kami sajikan beberapa yang pokok.

  • FC Salinan ijazah legalisir
  • NISN
  • Foto 3×4 berwarna
  • FC Akte Kelahiran
  • FC KTP Orang Tua

Nah yang paling penting adalah ketika mendaftarkan diri, atau datang harus bersama orang tua atau walinya. Biasanya kalau di pesantren klasik ada istilah sowan menyerahkan anaknya untuk dididik.

Biaya Masuk Pesantren

Untuk biaya masuk pesantren Al Hasan Ciamis rinciannya sebagai berikut. Kami sajikan di tahun 2021-2022 ya.

MTs Al Hasan PutraRp2.210.000
MTs Al Hasan PutriRp2.350.000
SMA Al Hasan PutraRp2.300.000
SMA Al Hasan PutriRp2.440.000
MTs Putra non MukimRp935.000
MTs Putri non MukimRp1.025.000
SMA Putra non MukimRp1.035.000
SMA Putri non MukimRp1.125.000

 Adapun biaya bulanan santri di pondok sebesar Rp400.000. Biaya ini sudah termasuk makan tiga kali sehari. Menurut kami biaya ini cukup terjangkau. Bisa dibandingkan dengan pesantren lain di Ciamis di link ini. Kami sudah sajikan biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Alamat lengkap pesantren Al Hasan Ciamis berada di Jln. Kawasen Dusun Sumanding Desa Kawasen Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis. Kalau bingung bisa ikuti Google Maps yang kami sajikan.

Informasi lebih lengkap, update, dan valid bisa kunjungi website resminya di https://www.alhasanbjrs.ponpes.id/, atau hubungi nomor 0813 2052 2425. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *