Pesantren Al Ihsan Baleendah Bandung | Sisi Menarik dan Biaya

Posted by

Pesantren Al Ihsan Baleendah Bandung merupakan salah satu pondok pesantren yang cukup terkenal di bumi Parahiyangan. Santrinya ribuan yang berada dari banyak daerah di Indonesia. Alumninya juga cukup banyak.

Oleh sebab itu kami akan membuat rangkuman informasi tentang ponpes Al Ihsan Bandung yang terdiri dari lembaga pendidikan, kurikulum di pesantren, fasilitas, dan biaya masuk yang bersumber dari website resmi pesantren.

Pesantren Al Ihsan Baleendah Bandung

Pesantren Al Ihsan Bandung memiliki sejarah yang cukup panjang. Berdiri sejak 1989 oleh tiga orang alumni Pesantren Gontor Ponorogo yang memang bercita-cita hadirnya pondok yang banyak aspeknya mengikuti pesantren Gontor.

Oleh sebab itu mulai dari pendidikan, pengajaran, sistem asrama, pola pembinaan santri, bahkan filasofis sangat identic dengan pesantren Gontor. Terutama kalimat “Berdiri di atas dan untuk semua golongan”. Yang artinya tidak berkiblat pada ormas tertentu.

pesantren al ihsan baleendah bandung

Pendidikan di Ponpes Al Ihsan Bandung

Utamanya yang seperti Gontor adalah dalam program lembaga pendidikan. Kurikulum yang digunakan adalah KMI yaitu singkatan dari Kulliyatul Mu’allimin Al Islamiyah. Ini adalah kurikulum yang sudah menggabungkan antara agama dan pendidikan formal dalam sistem kelas.

Durasi masa pendidikannya enam tahun. Dalam masa tersebut santri dituntut untuk memiliki kemampuan dalam berbasa arab yang baik, membaca kitab dengan baik, serta memiliki kemampuan ilmu formal yang baik. Selengkapnya tentang kurikulum KMI bisa dibaca di sini.

Kurikulum ini juga sudah diakui negara. Maka di pesantren Al Ihsan Baleendah Bandung sewaktu kelas tiga akan mengikuti ujian nasional setingkat MTs, atau SMP. Juga demikian ketika sudah kelas enam akan mendapatkan ujian nasional setingkat MA, atau SMA.

Kemampuan dalam pengetahuan Islam bagus, kemampuan dalam pengetahuan formal seperti Fisika, Biologi, Kimia, Matematika, juga didapat dengan layak. Maka Pesantren Al Ihsan Bandung menjadi salah satu favorit dan unggulan.

Sehingga ijazah yang didapatkan santri ponpes Al Ihsan Bandung berjumlah tiga, yaitu ijazah KMI seperti Gontor, ijazah Tsanawiyah, dan ijazah Aliyah. Nantinya ijazah ini bisa diterima baik di perguruan tinggi swasta, negeri, bahkan di luar negeri sekali pun.

Ekstrakurikuler Pesantren Al Ihsan Baleendah Bandung

Salah satu daya tarik pesantren Al Ihsan Bandung adalah kegiatan ekstra yang sangat melimpah. Ada lima belas jenis, yang masih terbagi ke beberapa bagian lagi. Kami sajikan beberapa yang menarik.

Di antaranya adalah komputer IT, ada juga tahfidz Quran, Taekwondo, kursus elektro. Ada juga kesenian yang terbagi ke banyak bagian seperti keyboard, nasyid, marawis, vocal, paduan suara, kaligrafi, juga ada seni baca Al Quran.

Ada juga khusus untuk putri seperti tata boga, tata busana, menjahit, bordir atau menyulam. Untuk wirausaha ada pertanian dan peternakan.

Di samping itu tersedia beragam olah raga seperti sepak bola, bulu tangkis, basket, dan masih banyak lagi. Jarang lembaga pendidikan memiliki banyak ekstra seperti Pesantren Al Ihsan Baleendah Bandung.

PanduanTerbaik.id

Keunggulan Al Ihsan Bandung

Menurut kami ada beberapa keunggulan yang dimiliki pesantren Al Ihsan Baleendah Bandung. Di antaranya adalah disiplin untuk santri. Ini ciri-ciri pesantren modern. Sehingga tidak ada yang namanya tinggal tidak di asrama.

Kedua, dalam aspek bahasa, ada bahasa arab dan inggris yang dibiasakan mulai di dalam kelas dan di luar kelas. Bahkan ada kegiatan latihan pidato yang menggunakan dwi bahasa tersebut. Bagus.

Terakhir adalah faktor geografis. Bandung dikenal sebagai wilayah dengan cuaca yang lumayan tidak terlalu panas, apalagi Baleendah. Meskipun jalanan memang macet, tapi udara masih cukup baik.

Pendaftaran Pesantren

Bagi yang ingin masuk pesantren Al Ihsan Baleendah Bandung maka ada dua gelombang pendaftaran, yang biasanya dimulai dari Oktober, dan berakhir pada bulan Juni. Tanggal tepatnya bisa dilihat di website resmi.

Santri bisa juga mendaftar melalui online. Jadi cukup mudah, tidak perlu repot-repot. Atau bisa datang langsung ke pesantren. Atau bisa tanya dulu via wa ke Ustad. Naufal Andhika di 0838-1606-2746 atau ke Ustadzah Pupu Rohilah 0895-0549-0736.

Biaya Masuk Al Ihsan Bandung

Untuk biaya masuk Pesantren Al Ihsan Bandung tingkat MTs putra Rp13.450.000, sedangkan yang putri sebesar Rp13.550.000. Untuk jenjang Aliyah sebesar Rp14.150.000 untuk putra dan Rp14.250.000 untuk yang putri.

Biaya PutraRp13.450.000
Biaya PutriRp13.550.000
Biaya Putra 4 KMIRp14.150.000
Biaya Putri 4 KMIRp14.250.000
BulananRp960.000
Biaya Tahun2023-2024

Untuk SPP setiap bulan sebesar Rp960.000 sudah termasuk makan tiga kali sehari, SPP, asrama dan lain-lain.

Biaya ini menurut kami standar wilayah Bandung. Bisa dibandingkan dengan pesantren lain di sekitarnya di link ini. Sudah kami sajikan dengan biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Alamat lengkap pesantren berada di Jl. Adipati Agung No. 40 Baleendah, Kabupaten Bandung. Jika bingung bisa ikuti Google Maps yang kami sajikan di bawah ini. Tinggal klik saja.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pesantren Al Ihsan Baleendah Bandung bisa kunjungi website resminya di sini. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi pertimbangan orang tua santri.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *