Pesantren Gratis di Pemalang | Asy Syafiiyah Comal

Posted by

Pesantren gratis di Pemalang tidaklah banyak. Apalagi Pemalang belum dikenal sebagai kota pesantren seperti Jombang, Pasuruan dan lainnya. Namun ternyata ada satu pondok pesantren yang menarik kami.

Kami mendapatkan informasi dari pengelola yang menitipkan informasi ke masjid dekat rumah kami. Kami akan rangkum menjadi informasi tentang pesantren gratis di Pemalang, tepatnya di Comal. Wilayah yang berbatasan dengan Pekalongan.

Pesantren Asy Syafi’iyyah Comal

Namanya Yayasan Pendidikan Islam Asy Syafi’iyyah Pecangakan, Comal, Pemalang. Yayasan ini menyediakan pendidikan pesantren khusus bagi mereka yang yatim atau yatim piatu. Tapi khusus putri, bukan untuk putra.

Kalau dilihat dari beberapa unsurnya, ini merupakan pondok pesantren yang benar-benar tulus ingin membantu pendidikan bagi santri-santri di wilayah Pemalang, Tegal, dan Pekalongan. Sehingga menjadi pesantren gratis di Pemalang.

Pesantren Gratis di Pemalang

Pendidikan Pesantren Gratis di Pemalang

Meskipun kami sebut sebagai pesantren gratis di Pemalang, namun demikian pendidikan yang diberikan tidak ala kadarnya. Pertama tersedia pendidikan formal mulai dari PAUD, MI atau setara SD, Madrasah Tsanawiyah atau setara SMP, juga Madrasah Aliyah atau setara SMA.

Oleh sebab itu pendidikannya cukup lengkap. Bahkan untuk pendidikan pesantren juga cukup bagus. Pertama adalah menyediakan program hafalan. Untuk tahun pertama yang ditargetkan adalah hafalan Juz Amma, Yasin, Al Waqiah, Al Mulk. Menurut kami surat-surat penting ini sudah cukup bagus.

Kedua juga ada hafalan tahlil, asmaul husna, aqoid seket, rukun Islam, rukun Iman, 25 nabi, dan 10 malaikat dan ihsan. Kalau dilihat ini khas pesantren nahdlatul ulama ahlus sunnah wal jama’ah. Sesuai kebutuhan masyarakat.

Yang peling menarik adalah nantinya dalam jangka waktu empat tahun memiliki target hafalan 30 juz Al Quran dan hadist arbain nawawi. Padahal ini pesantren gratis di Pemalang lho. Tapi bisa hafalan sampai 30 juz. Bagus sekali.

Pendidikan Diniyyah

Belum cukup dengan hafalan, masih ada lagi pendidikan diniyyah, atau juga dikenal dengan pendidikan pesantren, seperti tajwid, tauhid, fiqh, hadist, nahwu, shorof, tarikh, akhlaq, juga pembelajaran kitab kuning.

Pendaftaran

Bagi yang ingin mendaftar harap disiapkan surat keterangan dari desa bahwa putrinya merupakan yatim. Sehingga statusnya menjadi jelas. Karena pesantren gratis yang satu ini hanya menerima dari kalangan yatim.

Namun bagi yang ingin daftar namun bukan dari kalangan yatim, maka akan dikenakan biaya yang sangat minim. Sayangnya tidak disebutkan berapa biaya masuk. Untuk informasi lebih lengkap bisa hubungi nomor 0823 0011 0354.

Pesantren Gratis Lainnya

Bagi yang ingin mondok di wilayah Tegal, kami sudah menyediakan opsi pondok pesantren lainnya. Dari yang biayanya murah hingga mahal di link berikut ini. Sehingga ada pilihan.

Namun bagi yang ingin pesantren gratis, kami juga sudah mengulas lengkap khususnya di wilayah Pekalongan di link ini, karena pilihan pesantren gratis di kota batik cukup banyak. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *