6 Pesantren Gratis di Serang Disertai Keunggulan Pendidikan

Posted by

Pesantren gratis di Serang ternyata cukup banyak dan lengkap. Mulai dari tahfidz Quran, kemudian pesantren kitab kuning, bahkan disertai pendidikan formal. Sehingga bisa menjadi alternatif pendidikan.

Kualitasnya juga bagus, tidak seadanya. Jadi bagi yang tidak mampu, atau bahkan yatim, jangan putus asa. Asal memiliki niat yang tulus bisa mondok dengan pengasuhan yang baik.

Pesantren An Nawawi Tanara

Kalau yang satu ini adalah pesantren gratis di Tangerang, tapi tidak sepenuhnya. Karena santri harus menanggung biaya makan sebulan. Namun demikian kalau bicara kualitas pendidikan dan fasilitas, yang satu ini cukup bagus.

Diasuh oleh KH. Ma’ruf Amin, pesantren ini berbasis kitab kuning, jadi kemampuan membaca kitab menjadi salah satu unsur yang wajib. Kemudian ada keilmuan bahasa yang merujuk kepada Gontor.

pesantren gratis di serang

Masih ada lagi kurikulum tahfidz Quran, sehingga minimal santri mampu menghafal sebanyak 15 juz. Menurut kami ini sudah cukup banyak. Apalagi dikombinasikan dengan pendidikan formal mulai dari SD, MTs, hingga Madrasah Aliyah dan Sekolah Tinggi Ilmu Fiqih.

Menurut kami fasilitasnya juga oke dengan gratis biaya masuk dan pendaftaran. Santri hanya perlu uang makan bulanan sebesar Rp350.000. Alamat pesantren gratis di Serang ini berada di Kampung Kemuludan, Desa Tanara, Kecamatan Tanara, Serang. Informasi lebih lengkap di sini.

Pesantren Tahfidz Gratis di Serang

Bagi yang menginginkan pesantren tahfidz Quran gratis di Serang maka Pesantren Al Aqso bisa jadi pilihan. Alamatnya di Jalan Tasikardi Banten Lama, Kampung Pegadingan, Kramatwatu, Serang.

Memang kalau dari segi fasilitas masih bertahap. Tapi bangunannya tiga lantai dengan kamar, kelas, yang cukup memadai. Di sini seluruh biaya gratis termasuk makan hingga biaya asrama.

Di sini memang fokus tahfidz Quran. Mulai dari tahsin, kemudian bin nadzor, hingga bil ghaib. Tidak jarang santri bisa menghafal hingga 30 juz. Bisa jadi pilihan.

Kini pesantren juga dilengkapi dengan pendidikan formal dari Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah. Santrinya total sudah lebih dari 350 orang dengan jumlah 25 pengajar lebih. Ini salah satu pondok pesantren tahfidz terbaik.

Ponpes Gratis Shofful Islam

Pesantren gratis di Serang berikutnya adalah Shofful Islam dengan alamat di Kampung Setu, desa Suka Jaya Kecamatan Pontang, Serang. Ini menggratiskan biaya dari mondok usia PAUD, sampai lulus kuliah. Wow.

Gratis di sini bukan hanya biaya pendidikan tapi juga makan, seragam, bahkan asrama digratiskan. Padahal luas lahannya sebesar 1.100 meter persegi. Santrinya berjumlah 60-an dengan rata-rata mualaf.

Fasilitasnya lumayan. Mulai dari aula, kamar untuk santri putra putri. Bahkan tersedia juga eskul seperti memanah, silat, marawis, qori, dan lain sebagainya. Jadi pendidikannya cukup lengkap sekali.

Sisi menarik lainnya adalah di sini tersedia pendidikan wirausaha, seperti beternak, bertani, dan beragam wirausaha lainnya. Oleh sebab itu bisa dijadikan pilihan pendidikan gratis di Serang. Untuk websitenya di sini.

Pesantren Tahfidz Sulaimaniyah Curug

Pesantren Tahfidz Quran Sulaimaniyah memang terkenal dengan beasiswa tahfidz Quran. Hampir di kota-kota besar tersedia, termasuk di Serang. Alamatnya di Jalan Syeich Nawawi Al Bantani, Gowok Kepuh, Sukajaya, Curug, Serang.

Yang istimewa dari pesantren tahfidz Quran Sulaimaniyah adalah kurikulumnya yang mengikuti standard Turki. Yang dikedepankan adalah melekatnya hafalan. Biasanya santri mampu menghafal sampai 30 juz dalam jangka waktu 2-3 tahun.

Bahkan santri akan mendapatkan beasiswa pendidikan lanjutan di ma’had Turki. Ini cukup menarik sekali. Sangat jarang pesantren gratis di Serang yang memberikan beasiswa pendidikan lanjutan.

Kelebihan berikutnya adalah secara fasilitas. Pesantren Tahfidz Quran Sulaimaniyah mengikuti standar eropa. Mulai dari tempat tidur, kelas, dan fasilitas lainnya. Info lengkap bisa hubungi 0815 1957 6611.

Pesantren Kitab Kuning Gratis

Pesantren gratis di Serang berikutnya adalah Al Jazirah. Alamatnya di Kamping Citaman, Desa Tamansari, Kecamatan Baros. Di sini yang penting niat ngaji, dan mengabdi ke guru. Tidak ada uang pendaftaran, bulanan, atau tahunan. Memang sudah niat untuk memberikan pendidikan bagi santri yang kurang mampu.

Pesantren di sini lebih fokus ke kitab kuning, atau bisa dikatakan salafiyah. Ngaji jurumiyah, Fiqh menggunakan Fathul Mu’in, Aqidah menggunakan Kifatul Awam, dan banyak kitab mashur lainnya.

Bisa dikatakan kalau Anda ingin nostalgia dengan pesantren tradisional zaman dulu, di sini tempatnya. Metodenya sorogan dan bandongan. Kalau dari segi fasilitas, menurut kami khas pesantren, yang penting tersedia tempat tinggal dan bisa untuk ngaji.

Pesantren Miftahul Ulum Pabuaran

Pesantren gratis di Serang berikutnya adalah Miftahul Ulum. Alamatnya di Kampung Benua Kidul Desa Sindangheula Kecamatan Pabuaran. Berdiri di tahun 2004, hingga kini santrinya sudah hampir ratusan. Bahkan ada yang berasal dari Bangka Belitung.

Pendidikan di sini terdiri dari tiga bagian. Pertama adalah pendidikan tahfidz Quran, bisa ditempuh dalam jangka satu sampai satu setengah tahun. Jadi cukup intensif sekali.

Pendidikan kedua adalah kitab kuning. Beberapa kitabnya adalah Jurumiyah, Safinatun Najah, Fathul Mu’in, Alfiah, dan lain sebagainya. Bagian tiga adalah ekstra tersedia seperti pidato, kemudian quro, dan masih banyak lagi.

Di pesantre ini semua gratis, yang penting niat belajar saja. Kalaupun ada yang mampu dan ingin belajar, infaq seikhlasnya. Oleh sebab itu menjadi salah satu pondok pesantren gratis di Serang yang cukup bagus.

Pesantren Gratis di Serang

Inilah beberapa pesantren gratis di Serang. Bagi yang memiliki informasi tambahan, atau pesantren gratis lainnya, bisa isi kolom komentar agar bisa kami review dan menjadi informasi penting bagi para calon santri.

Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan. Jika ingin pesantren berbayar di Serang bisa kunjungi link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *