Pesantren Gratis di Surabaya | Beasiswa Tahfidz Quran dan Yatim Dhuafa

Posted by

Pesantren gratis di Surabaya ternyata ada. Bahkan pesantren ini cukup bagus. Tentu hal ini menjadi angin segar di tengah banyaknya lembaga pendidikan dengan biaya yang fantastis. Oleh sebab itu kami tertarik untuk mengulasnya lebih jauh.

Sumber kami adalah website, juga informasi dari media di internet. Kami rangkum agar menjadi rangkuman yang dibutuhkan. Bagi Anda yang berniat menempuh pendidikan pesantren, tapi tidak memiliki kecukupan biaya, jangan putus asa. Berikut pesantren gratis di Surabaya.

Pesantren Gratis Al Insaniyah Gubeng

Pesantren gratis di Surabaya yang pertama adalah Al Insaniyah. Letaknya di tengah kota, yaitu di jalan Gubeng Kertajaya 1 C No 5 Surabaya. Pondok pesantren ini fokus memberikan pendidikan kepada tiga elemen, yaitu yatim, dhuafa atau keluarga kurang mampu, satu lagi adalah anak-anak terlantar.

Pendidikan di pesantren ini memiliki ciri khas pagi pendidikan formal, sedangkan sore diniyyah. Adapun malam untuk mengulang atau belajar pelajaran sekolah. Karakteristiknya mirip dengan pesantren salafiyah modern.

pesantren gratis di Surabaya

Pendidikan diniyyah yang diberikan juga cukup baik. Di antaranya adalah Jurumiyah, Imrithi, Alfiyah Ibnu Malik. Ini dikenal sebagai penguasaan ilmu alat. Juga ada Aqidatul Awam, Jawahirul Kalamiyah, Jawahirut Tauhid, Mabadiul Fiqh dan lain sebagainya. Oleh sebab itu dalam aspek pendalaman kitab kuning cukup baik. Padahal ini adalah pesantren gratis di Surabaya.

Namun demikian bagi yang ingin masuk ke pesantren ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Di antaranya adalah, bagi anak Yatim, baik PAUD, TK, SD, bahkan SMP harus menyertakan surat kematian ayah dan FC kartu keluarga, akta kelahiran, dan KTP Ibu. Tidak lupa nomor hp yang bisa dihubungi. Begitu juga dengan anak piatu, hanya diterima yang tidak mampu saja. Dan tidak menerima santri SMA.

Sedangkan untuk kalangan Dhuafa, maka adalah anak dhuafa yang tidak mampu. Tapi di sini hanya menerima jenjang PAUD, TK, SD. Santri jenjang SMP tergantung dari kuota. Tentu dengan menyertai surat tidak mampu dari desa setempat. Serta foto copy administratif seperti di atas.

Bagi yang ingin bergabung dengan pesantren gratis di Surabaya yang satu ini, bisa hubungi terlebih dahulu nomor (+62)081230245454. Atau jika ingin lebih update bisa kunjungi website resminya di sini, http://pesantrengratis.com/.

Beasiswa Pesantren Tahfidz Quran Sulaimaniyah

Berikutnya adalah pesantren Sulaimaniyah. Pondok pesantren ini adalah jaringan internasional Turki. Di Indonesia memiliki banyak cabang, salah satunya adalah di Surabaya dengan pendidikan khusus untuk tahfidz Quran.

Metodenya juga cukup terkenal, yaitu metode dari Turki. Di mana setiap santri menghafal satu halaman awal dari tiap juz. Hal ini konon lebih melekat. Kalau cepat, menurut kami standar. Karena rata-rata antara 2-3 tahun mampu menghafal 30 juz.

Pesantrennya juga memiliki fasilitas yang modern. Laiknya boarding school. Namun santrinya selalu dalam jumlah yang tidak banyak, sedikit saja. Cara berpakaiannya seperti orang Eropa mengikuti budaya turki. Kemeja, celana rapi, berkopyah. Bahkan ketika hafalanpun demikian.

Kami belum mendapatkan info terbaru, tapi biasanya untuk pesantren Sulaimaniyah diperuntukkan bagi siswa lulus SD dengan usia maksimal 14 tahun untuk derajat SMP, atau maksimal 17 tahun bagi derajat SMA. Ada syarat khusus, yaitu tidak boleh merokok. Seleksinya lumayan ketat.

Memang ada ketentuan beasiswa. Syarat dan ketentuan bisa kunjungi website resminya di sini. Namun salah satu aspek menarik lainnya adalah, banyak yang menempuh pendidikan lanjutan di Turki. Hal ini tentu sangat menarik.

Jika ingin tanya-tanya, kunjungi pesantrennya saja. Strategis, alamatnya di Jalan jemursari Timur III Blok. JK No. 1B Kel, Jemur Wonosari, Kec. Wonocolo. Kalau tanya di Jemursari, banyak yang tahu. Atau komunikasi ke +62 851-0015-8643.

Pesantren Gratis di Surabaya

Inilah menurut kami pesantren gratis di Surabaya dan beasiswa pesantren di Surabaya yang bisa Anda akses. Bagi yang berniat untuk menikmati pendidikan berkualitas namun beasiswa atau gratis, kami rekomendasikan dua pesantren ini.

Bagi Anda yang memiliki pesantren gratis di Surabaya dan ingin dipublikasikan, cukup kirimkan brosur, atau keterangan lengkap ke affany1986@gmail.com, kami akan membantu publikasi lembaga pesantren Anda. Semoga bermanfaat.

Jika ingin pendidikan pesantren terbaik di Surabaya dan berbayar, bisa kunjungi link ini. Kami sudah sajikan beberapa pesantren dengan keunggulan pendidikan dan biaya masing-masing.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *