Ponpes Al Furqon Gresik | Jenjang dan Biaya Pendidikan

Posted by

Ponpes Al Furqon Gresik bisa dikatakan sebagai salah satu pondok pesantren ternama di wilayah Jawa Timur. Pondok pesantren ini memiliki jenjang yang cukup lengkap dengan santri yang sudah mencapai ribuan.

Oleh sebab itu kami akan mengulasnya dengan singkat dengan cara merangkum brosur dan informasi dari website resmi pesantren. Di antara yang akan kami bahas adalah profil pesantren Al Furqon Gresik, jenjang pendidikan, dan biaya masuk pesantren.

Ponpes Al Furqon Gresik

Ponpes Al Furqon Gresik sudah melakukan kegiatan belajar mengajar sejak 1989 dengan model madrasah diniyah, yaitu sekolah yang khusus untuk pendidikan agama. Kemudian dengan beragam dinamika berkembang hingga sekarang dengan banyak santri.

Pesantren Al Furqon Sidayu memiliki fokus pada pendidikan diniyah dengan penguasaan ilmu alat, bahasa, pembiasaan ibadah sesuai tuntunan agama, serta dibekali dengan hafalan Al Quran. Asasnya adalah Al Quran dan hadist sesuai dengan pemahaman salaf shalih dalam aqidah.

ponpes al furqon gresik

Kalau di website ini masuk dalam kategori pesantren sunnah. Jenjang pendidikannya dari anak-anak hingga dewasa, kami akan jelaskan satu persatu disertai dengan kelebihan masing-masing.

Kelompok Bermain dan TK

Masa belajar kelompok bermain di pesantren Al Furqon Sedayu adalah satu tahun. Sedangkan untuk jenjang TK dua tahun. Yang hebat, targetnya adalah mampu membaca dan menulis Al Quran serta tulisan latin. Tapi sayangnya tidak ada asrama di pesantren. Jadi sistem pulang pergi.

SD Al Furqon Gresik MSUTQ

Namanya MSUTQ atau MITQ, tapi sebenarnya jenjang yang mirip dengan SD atau MI. Masa belajarnya selama enam tahun, baik untuk putra atau santri putri. Namun kalau yang putra akan dapat ijazah Salafiyah Ula atau yang dikenal dengan paket A.

Targetnya luar biasa, yaitu cinta Al Quran dan hafal antara 10-30 juz. Padahal non asrama. Inilah salah satu keunggulan SD Al Furqon Sedayu Gresik.

MSW/MMTW Ponpes Al Furqon Sedayu

Kalau yang ini setara dengan SMP atau MTs, masa pendidikannya tiga tahun untuk putra dan putri. Untuk khusus yang putra dapat ijazah paket B, yaitu salafiyah wustho. Target intinya tidak hanya pematangan hafalan Al Quran.

Tapi juga dasar bahasa arab. Inilah pijakan awal pemahaman keislaman dan ilmu alat di ponpes Al Furqon Gresik. Santri di jenjang ini mondok di asrama.

I’dad Lughoh Al Furqon Gresik

Artinya adalah persiapan bahasa. Jenjang ini hanya setahun. Tujuannya bagi siswa dari SMP yang ingin melanjutkan ke jenjang setara Aliyah di Ponpes Al Furqon Gresik. Tujuannya adalah penguasaan nahwu, shorf, dan komunikasi bahasa arab. Program ini di asrama.

MTs Al Furqon

MTs di pesantren Al Furqon bukan jenjang Tsanawiyah seperti umumnya, tapi ini jenjang setara SMA, Aliyah. Akreditasinya Universitas Madinah, penekanan pada ilmu-ilmu syar’I dan bahasa arab. Durasi tiga tahun. Ijazahnya kejar paket C (untuk putra).

Targetnya adalah mampu membaca kitab gundul, mampu berbahasa arab aktif, serta bisa diterima di perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri. Bisa untuk putra dan putri. Semuanya mondok dan diasramakan.

MTI Paska SMA

Namanya MTI, namun sebenarnya program ini diperuntukkan bagi lulusan SMA atau sederajat, minimal usianya 17 tahun atau lebih atas dari itu. Masa belajarnya dua tahun untuk putra. Sedangkan untuk putri adalah tiga tahun.

Pembelajarannya adalah ilmu syar’I dan khususnya bahasa arab. Targetnya adalah mampu membaca kitab gundul, serta bisa komunikasi aktif dengan bahasa arab. Bisa dikatakan ini seperti tingkat awal, namun untuk lulusan SMA.

Ma’had Ali Al Furqon

Ma’had Ali kalau di pondok pesantren seperti jenjang perguruan tinggi. Yaitu program bagi lulusan MTs dan MTI ponpes Al Furqon Gresik. Target utamanya adalah pendalaman tentang ilmu syar’I, terutama fiqh, aqidah, dan pembekalan dakwah sehingga siap terjun di masyarakat.

Pendaftaran Pesantren Al Furqon Gresik

Jika ingin mendaftar di pesantren Al Furqon Gresik, maka perlu diperhatikan ada ujian masuknya. Yaitu membaca Al Quran, pengetahuan agama dan bahasa arab tertulis, tidak lupa wawancara dan psikotes, serta lain sebagainya.

Cara daftarnya bisa online kok. Mengisi di link ini, https://psb.alfurqongresik.com, nanti ikuti saja petunjuknya. Syarat-syaratnya juga di website tersebut. Biasanya daftar ulang dilaksanakan dari tanggal 21 Ramadhan sampai 22 syawal.

Biaya Masuk Pesantren

Ada yang unik dalam biaya masuk pesantren Al Furqon Gresik. Dari jenjang MSUTQ, atau SD sampai jenjang MTi atau setara MA sama. Uang pangkalnya 6 juta rupiah. Sedangkan untuk spp setiap bulannya Rp750.000, kecuali MTI dan MA yang hanya Rp670.000. Biaya ini kami dapatkan di tahun 2021-2022.

Menurut kami biaya ini tergolong terjangkau. Bisa dibandingkan dengan pesantren lain di Gresik di link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing. Semoga bisa menjadi pertimbangan.

Alamat Lengkap Pesantren

Adapun untuk alamat lengkapnya di Desa Srowo, Kecamatan Sedayu, Gresik. Atau bisa ikuti Google Maps yang kami sediakan di bawah ini. Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi website resminya di alfurqongresik.com.

Semoga informasi ini bermanfaat terutama bagi Anda yang ingin mencari Lembaga pendidikan terbaik untuk anak-anak Anda di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *