7 SD Islam Terbaik di Bogor | Identitas dan Biaya Masuk

Posted by

SD Islam terbaik di Bogor | Selain pesantren terbaik, Bogor memiliki banyak SD Islam terbaik. Sekolah Dasar Islam dipilih oleh sebagian orang tua karena diharapkan mampu memberikan pondasi pengetahuan agama Islam yang lebih kuat kepada anak.

Kota Bogor, misalnya, memiliki beberapa sekolah dasar Islam dengan kualitas terbaik. Rekomendasi yang kami berikan berdasarkan subjektifitas kami, rating Google, dan beberapa hal lainnya. Kami berharap hal ini bisa membantu masyarakat dalam mencari SD Islam terbaik di Bogor.

1. SD Insan Kamil

SD Insan Kamil ini adalah SD Islam terbaik di Bogor yang dibentuk oleh Majlis Al-Ihya Bogor pada tahun 1985, bersamaan dengan berdirinya Yayasan Pendidikan Insan Kamil. Sementara itu, Masjlis Al-Ihya sendiri sudah berdiri sejak 29 Januari 1978 oleh K.H.R. Abdullah bin Muhammad Nuh bin Muhammad Idris.

Majlis Al-Ihya terus mengalami perkembangan dan menjadi lembaga pendidikan yang memadukan keunggulan sistem pesantren dan keunggulan sistem sekolah, termasuk pada jenjang sekolah dasar. Dengan kurikulum gabungan tersebut, anak didik mendapatkan pelajaran yang seimbang antara agama dan pengetahuan akademiknya.

Selain itu, kegiatan ekstrakulikuler yang disediakan oleh Majlis Al-Ihya ini untuk para anak didik sangatlah lengkap, seperti ekstrakulikuler keagamaan (pendidikan dan seni membaca Al-Quran), seni (keyboard, biola, seni lukis), bahasa (Insan Kamil English Club, I K E Conversation, bahasa Arab, wartawan cilik), olahraga (futsal, taekwondo, karate, bola basket), hingga TI (komputer, desain grafis, dan robotik).

SD Insan Kamil ini tepatnya berlokasi di Jl. Raya Dramaga no.13, Ciherang, Kec. Dramaga, Kota Bogor, Jawa Barat.

Rincian biaya pendidikan di SD Insan Kamil (gelombang I) ini terdiri dari uang sodaqoh (USG) sebesar Rp9.000.000, uang jariyah pendidikan (UJP) per bulan sebesar Rp500.000, uang kaos olahraga Rp100.000, dan uang kegiatan Rp600.000. Untuk informasi lebih lengkap Anda bisa mengakses sdinsankamil.sch.id.

2. Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Aliya

SD Islam terbaik di Bogor berikutnya adalah SDIT Aliya yang resmi didirikan pada tahun 2001. SDIT Aliya ini dibentuk dari Yayasan Himma ‘Aliya yang sejak awal sudah menawarkan bentuk penyelenggaraan pendidikan terpadu. Selain SDIT, ada juga jenjang TKIT atau Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu.

Kurikulum yang digunakan di SDIT Aliya adalah kurikulum 2013 yang diperkaya dengan muatan lokal dan kajian Islam berbasis life skill, sesuai ciri khas sekolah, diantaranya seperti tahfidz, hadits, membaca Al-Quran metode UMMI, bahasa Sunda, bahasa Inggris, dan tentunya bahasa Arab.

Keunikan dari SDIT Aliya ini juga terletak pada pendekatan collaborative learning. Yaitu metode belajar yangberupa diskusi, debat, role playing, permainan, outodoor teaching, paparan interaktif, kegiatan berkelompok, praktek dan simulasi, audio/video presentasi.

SDIT Aliya ini beralamatkan di Jl. Gardu Raya, Kel. Bubulak, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor. Untuk mendaftar ke SDIT Aliya, Anda bisa mengisi formulir pendaftaran secara online yang disediakan di website resmi SDIT Aliya (sitaliya.sch.id).

sd islam terbaik di Bogor
Sumber : Media SD Aliya Bogor

3. Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insantama

SDIT Insantama masuk sebagai SD Islam terbaik di Bogor yang menerapkan konsep Islamic Boarding School. Resmi didirikan pada tahun 2001, SDIT Insantama tumbuh dan berkembang di 12 kota di Indonesia, dengan Bogor sebagai pusatnya.

Pada dua tahun pertama, SDIT Insantama bekerjasama dengan Yayasan Pesantren Falakiyah, dan terus berkembang hingga dibangun juga kampus untuk jenjang SMPIT.

Konsep keterpaduan yang digunakan oleh SDIT Insantama secara kuat dan khas terangkum pada 3 aspek. Pertama, adalah keterpaduan kurikulum kepribadian Islam, Tsaqofah Islam, dan ilmu kehidupan.

Yang kedua, keterpaduan pendidikan sekolah, keluarga, dan masyarakat. Yang ketiga, adalah keterpaduan sekolah, pesantren, dan masjid.

Keunikan dari SD Islam terbaik di Bogor ini terletak pada penerapan khithaban fikriyan dan talaqiyan fikriyan dalam kegiatan belajar mengajar yang diperkaya dengan teknik quantum learning dan active learning. Selain itu, SDIT Insantama juga menerapkan program sertifikasi Standard Kecakapan Umum dan Standard Kecakapan Khusus.

SDIT Insantama ini berlokasi di Jl.Hegarmanah IV No.47, Gunungbatu, Kec. Bogor Barat, Jawa Barat. Anda juga bisa mengakses website resminya di insantama.sch.id untuk mendaftarkan informasi lebih lengkap.

4. SD Islam Terpadu YZA (Yayasan Zelani Al-Mansyur)

Berdiri sejak tahun 2014, SD Islam Terpadu YZA menjadi salah satu SD Islam terbaik di Bogor dengan konsep pendidikan berbasis Islam dan modern. Selain jenjang SD, Yayasan Zelani Al-Mansyur yang sudah berdiri sejak 1983 ini juga membangun pendidikan untuk jenjang TK, SMP, SMA, dan SMK.

SD YZA Islam Terpadu ini menggunakan standard kompetensi yang dilengkapi dengan program-program dan fasilitas yang merujuk pada Appropriate Developmental Programs for Children (Program Perkembangan yang Sesuai untuk Anak) melalui Integrated Learning System.

Sedangkan kurikulum yang diberlakukan adalah kurikulum Diknas/Nasional, kurikulum YZA, dan kurikulum agama Islam sesuai dengan Departemen Agama.

SD YZA Islam berfokus pada pengembangan kecerdasan spiritual dan majemuk (multiple intelligent) pada periode emas anak. Untuk itu, banyak sekali kegiatan yang bisa diikuti oleh siswa didiknya, mulai dari perlombaan membaca iqra, ekstrakulikuler wajib (sejarah Islam, menyanyi lagu-lagu Islam, komputer, fun english, menggambar dan mewarnai), dan ekstrakulikuler pilihan (cooking, futsal, art & craft, music & movement.

SD YZA Islam berlokasi di Jl. Raya Ciawi KM 9, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat. Anda juga bisa mengakses yza.sch.id untuk memperoleh informasi lebih lengkap tentang sekolah ini.

5. Sekolah Islam Ibnu Hajar

SD Islam terbaik di Bogor berikutnya adalah Sekolah Islam Ibnu Hajar yang memulai kegiatan persekolahannya pada tahun ajaran 2010/2011. Karena animo masyarakat yang tinggi, sekolah ini berkembang dengan pesat hanya dalam beberapa tahun saja.

Desain kurikulum yang diterapkan di Sekolah Islam Ibnu Hajar ini diantaranya adalah Al-Quran dan Sunnah, Logika dan Akademika, Akhlak dan Leadership, serta Kewirausahaan Jenius Lokal.

Berbeda dengan yang lain, Sekolah Islam Ibnu Hajar berharap menghasilkan Local Talent Adventurer di mana siswa menyukai penjelajahan ragam profesi berbasis jenius lokal.

6. SDIT Anak Shalih Bogor Islamic School

SDIT Anak Shalih Bogor Islamic School menjadi SD Islam terbaik di Bogor selanjutnya yang menerapkan kurikulum pendidikan berbasis karakter dan proses. Fokus utama dari lembaga pendidikan ini adalah membuat siswa mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, baik makhroj, tajwid, maupun mutqin atau hafalannya.

Biaya pendidikan di SDIT Anak Shalih ini adalah Rp14.400.000 sebagai biaya masuk, Rp2.300.000 sebagai biaya kegiatan 1 tahun pelajaran (siswa baru), dan Rp1.050.000 untuk seragam putra atau Rp1.280.000 untuk seragam putri, serta SPP Rp1.200,000.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai SDIT Anak Shalih ini, Anda bisa mengakses ke website resminya di anakshalihbogor.sch.id.

SD Islam Terbaik di Bogor | SD Islam Favorit

Nah, itu tadi adalah SD Islam terbaik di Bogor beserta profilnya masing-masing. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin mencari sekolah terbaik untuk putra-putri Anda. Kami menunggu usulan yang terbaik nomor tujuh.

Jika sekolah Anda dirasa bagus dan belum masuk bisa komunikasi dengan kami di affany1986@gmail.com atau mengisi form berikut ini,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *