MAN 1 Pati | Program Reguler dan Boarding School Menarik

Posted by

MAN 1 Pati merupakan salah satu sekolah yang cukup populer. Sekolah ini memiliki sistem pendidikan yang umum seperti lainnya, dan ada boarding school. Ini mengingatkan dengan MAN 3 Malang yang sangat terkenal.

Maka dari itu, simak baik-baik informasi lengkap mengenai sekolah ini yang tak boleh untuk anda lewatkan begitu saja. Informasi ini kami rangkum dari website resmi.

Profil MAN 1 Pati

Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati ialah lembaga pendidikan madrasah aliyah dibawah naungan Kementrian Agama yang setara dengan SMA/SMK. Lokasi sekolah ini berada di Jalan P. Sudirman KM. 03, Pati.

Pada awal berdiri bernama Madrasah Menengah Pertama Atas atau MMA Islam. Lalu, berubah menjadi MAN Semarang Filial Pati. Setelah itu berubah menjadi MAN 1 Pati hingga kini.

MAN 1 Pati

Pendidikan di MAN 1 Pati

Pendidikan dan pengajaran yang diadakan menggunakan kurikulum 2013. Dengan begitu harapannya Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati dapat mencetak generasi yang memiliki akhlakul karimah, berprestasi serta memiliki wawasan lingkungan.

MAN 1 Pati memiliki pendidikan yang fokus pada dua hal. Pertama adalah sains sebagai kebutuhan siswa di pendidikan formal. Juga ada muatan lokal yang bernuansa akidah islam dan akhlak yang mulia.

Inilah dua kombinasi yang sangat menarik, tidak hanya sains saja, tapi juga ada pendidikan rohani, cermin dari sebuah madrasah yang profesional. Ini model seperti di Insan Cendekia Serpong dan lain sebagainya. IMTEK dan IMTAQ.

Apalagi dikombinasikan dengan sistem boarding school. Maka banyak aspek sangat mungkin dilakukan secara simultan. Pendidikan di dalam kelas dan di luar kelas menjadi satu kesatuan.

Ekstrakurikuler dan Pengembangan Diri

Program lainnya yang menarik adalah minat bakat. Program ini bebasis potensis siswa. Seperti qosidah, IPA dan IPS club, Jurnalistik yang menerbitkan majalah insani, karya ilmiah remaja, music club atau band, PMR (Palang Merah Remaja).

Berikutnya ada seni tari, seni tilawatil qur`an, takhasus al-qur`an, pecinta alam. Kemudian dari segi bela diri ada pencak silat dan taekwondo. Lalu, dalam bidang olahraga ada bola voli, futsal dan sepak bola.

Dengan begitu maka potensi yang ada pada peserta didik dapat dimaksimalkan pengembangannya untuk mengikuti berbagai lomba supaya meraih prestasi yang gemilang.

Prestasi di MAN 1 Pati

Prestasi yang telah diraih ialah Juara 1 lomba dai/daiah tingkat nasional 2020 di UIN Sunan Ampel Surabaya, Juara 1 lomba dai bahasa arab tingkat propinsi 2020 di UNIMUS Semarang, Juara 1 kompetisi video pendek pemanfaatan alam tingkat nasional 2020 UIN Kudus.

Berikutnya MAN 1 Pati juga meraih Juara 1 lomba Ilmu Kebumian tingkat nasional ASO 2020, Juara 2 lomba tilawah tingkat nasional kategori SMA/SMK sederajat UNISSULA 2020, Juara 2 lomba tilawah tingkat nasional kategori SMA/SMK sederajat UNIMUS Semarang 2020.

Juara 1 lomba bahasa inggris basic science competition (BSC) tahun 2020 jenjang SMA/MA se-Indonesia. Serta masih banyak yang belum kami sebutkan satu persatu. Sehingga MAN 1 Pati menjadi salah satu sekolah favorit dan unggulan.

PanduanTerbaik.id

Syarat Pendaftaran

Syarat yang diberlakukan bagi calon peserta didik yang ingin mendaftar sekolah disini ialah beragam islam, memiliki ijazah SMP/MTs Negeri maupun swasta, umur maksimal 21 tahun, kemudian memakai seragam asal sekolah saat mendaftar.

MAN 1 Pati memiliki dua program yakni program reguler dan program boarding school. Bagi calon peserta didik yang memilih program reguler harus menyiapkan FC Ijazah SMP/MTs atau Surat Keterangan Lulus yang sudah dilegalisir sebanyak dua lembar.

Lalu, menyerahkan FC KK (Kartu Keluarga), Pas foto 3 x 4 sebanyak 6 lembar, FC piagam penghargaan bagi anda yang memilikinya, serta FC NISN.

Berikutnya bagi anda yang memilih program boarding school maka menyerahkan FC rapor SMP/MTs mulai dari Semester 1 sampai dengan Semester 5 yang telah dilegalisir serta menyerahkan pas foto ukuran 3x 4 sebanyak 6 lembar.

Waktu Pendaftaran

Bagi program boarding school tersedia dengan kuota sebanyak 144 putra/putri (dengan tahfidz putra minimal memiliki hafalan sebanyak 2 juz) melalui jalur raport.

Waktu pendaftaran untuk jalur raport biasanya dimulai dari Januari hingga Maret. Lalu, pengumuman pada April dan pelaksanaan daftar ulang mulai dari tanggal 5 hingga 10 April.

Berikutnya untuk program reguler tersedia dengan kuota sebanyak 216 putra/putri melalui jalur umum. Pendaftaran di MAN 1 Pati secara online bisa melalui

Atau secara offline langsung di lokasi MAN 1 Pati setiap pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin mendaftar di MAN 1 Pati.

Biaya Masuk

Sayangnya kami tidak mendapatkan informasi biaya masuk MAN 1 Pati. Apakah gratis atau ada biaya dan SPP bulanan lainnya. Informasi lebih lengkap, valid, dan update kunjungi website resmi di http://mansatupati.sch.id/.

Atau hubungi (0295) 383394 agar lebih jelas. Bagi yang ingin melihat pesantren pilihan di Pati bisa kunjungi link ini. Kami sudah sajikan biaya dan keunggulan masing-masing.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *