sd islam terbaik di yogyakarta

9 SD Islam Terbaik di Yogyakarta beserta Biaya

Posted by

SD Islam terbaik di Yogyakarta cukup menyita perhatian, terutama karena biaya masuk dan juga prestasinya. Seperti di kota-kota besar lainnya, Bandung, Surabaya, SD Islam menjadi salah satu destinasi pendidikan anak bagi ibu muslim masa kini.

Kali ini panduanterbaik.id akan mengulas beberapa SD Islam terbaik di Yogyakarta berdasarkan analisa kami yang bersumber dari review, rating goole, prestasi, dan banyak pertimbangan lainnya yang tentu saja belum bisa mewakili semua aspek.

Namun harapan kami SD Islam terbaik di Yogyakarta yang kami sajikan bisa menjadi bantuan untuk ayah dan ibu yang ingin menyiapkan masa depan bagi anak-anaknya. Nomor urut bukanlah peringkat. Biaya bisa jadi berbeda karena tahun ajaran, sehingga kami cantumkan kata sekitar dan dibulatkan angkanya.

1. SD Bina Anak Sholeh (BIAS)

Sekolah ini berada di bawah naungan Yayasan Bina Anak Sholeh yang memiliki sekolah di beragam kota di Jawa Tengah. Yogyakarta merupakan pusat pergerakan dari yayasan tersebut. Sehingga SD BIAS menjadi salah satu yang menurut kami pantas untuk masuk ke dalam SD Islam terbaik di Yogyakarta.

Salah satu yang menjadi keunggulan adalah lingkungan yang nyaman. Semua dikondisikan. Kalau Anda ke SD yang beralamat di Giwangan ini akan merasakan indahnya. Sehingga pada akhirnya tumbuh perasaan senang dari siswa dan muncul gairah tanpa beban.

Keunggulan lain adalah program Islamnya yang memiliki target hafalan Quran juz 30 dan juz 1. Biasanya untuk SD Islam Terpadu hafalannya hanya juz 30 saja. Tapi justru sekolah ini sangat berbeda. Oleh sebab itu bisa menjadi salah satu SD unggulan Islam di Yogyakarta.

Untuk biaya masuk SD Bias Yogyakarta sebesar Rp14.000.000-an. SPP bulanannya Rp1.300.000. Website resmi di sini.

2. Al Azhar 31 Sinduadi

Al Azhar di kota-kota besar selalu hadir. Salah satunya di Yogyakarta. Nomor di belakang nama Al Azhar yaitu 31 berarti urutan pendirian dari pusat. Seperti Surabaya dengan nomor urut 35. Al Azhar menjadi salah satu SD Islam terbaik di Yogyakarta.

Identitasnya selalu ada dua, pertama adalah fasilitas yang memadai. Gedung-gedungnya tergolong megah, dan biasanya berada di lingkungan yang strategis. Mudah dijangkau di perkotaan. Bisa dilihat dari agenda akhir sanah yang seperti resepsi wedding yang istimewa.

Tidak hanya persoalan fasilitas, siswa Al Azhar juga memiliki prestasi, baik tingkat provinsi atau nasional. Kami mendapatkan data dari website resminya di tahun 2017 yang meraih medali perak di Olimpiade Sains Kuark. Al Azhar 31 juga dikenal sebagai sekolah adiwiyata nasional.

Biaya masuk SD Al Azhar 31 sekitar Rp18.500.000-an dengan SPP bulanan sebesar Rp680.000-an. Website resmi di sini.

sd islam terbaik di yogyakarta

3. Muhammadiyah Condongcatur

Di setiap kota sekolah Muhammadiyah selalu menancapkan namanya sebagai salah satu SD Islam terbaik. Salah satunya di Yogyakarta. Pilihan kami jatuh kepada Muhammadiyah Condongcatur.

Alasannya adalah prestasi sekolahnya bisa menjadi cermin. Di antaranya juara sekolah pangan aman tingkat nasional. Juga juara sekolah sehat berkarakter tingkat nasional 2019. Padahal prestasi sekolah lebih sulit dari prestasi individu.

Dengan prinsip fun school, maka salah satu yang menyedot perhatian adalah beragam ekstrakulikuler yang dimiliki sekolah. Sangat banyak, dari pramuka, bermain gitar, berenang, memanah, dan lain sebagainya. Inilah yang membuat siswa menjadi berkembang.

Untuk biaya masuk sebesar Rp14.000.000. Sedangkan untuk SPP sebesar Rp570.000-an. Website resmi di sini.

4. SD Afkaaruna Sleman

Ini sekolah berbeda dari yang lainnya. Sekolah ini basisnya adalah ide agar membuat siswa memiliki kemampuan global. Sehingga bisa bersaing di kancah internasional sejak dini. SD ini berdiri dengan tiga pijakan sistem, Islam, Internasional, dan budaya lokal.

Oleh sebab itu beberapa aspek menggunakan pola pembelajaran yang menyenangkan dan menyesuaikan budaya lokal. Namun dalam aspek pemikiran, atau arahan mindset selalu menuju global, bahasa Inggris menjadi salah satu unsur yang dikedepankan.

Bertempat di Sleman, maka pendidikan sangat dekat dengan alam. Wilayah pedesaan menjadi pendekatan tersendiri untuk menyegarkan jati diri siswa yang masih kecil-kecil. Pembelajaran juga menggunakan sentra-sentra, seperti sentra perpustakaan, sentra bahasa, juga banyak lainnya.

Dari website Momiesdaily kami mendapatkan informasi bahwa biaya masuk sekolah ini sebesar Rp17.000.000-an dengan biaya bulanan Rp1.000.000-an. Website resmi di sini.

5. SD Salman Alfarisi Sleman

Salman Alfarisi merupakan salah satu SD Islam Terpadu atau biasa disebut dengan SDIT. Bagi kami SD yang satu ini bisa dijadikan alternatif. Jika dilihat dari fasilitas biasa, luas tanahnya sekitar 2.600 meter persegi, kemudian prestasi juga demikian, program juga demikian.

Yang jelas penerapan progam keislaman berjalan. Seperti pelatihan shalat, adab, kemudian membaca Al Quran dan lain sebagainya. Sehingga siswa tidak hanya mendapatkan pendidikan formal, tapi juga pendidikan keislaman.

Untuk biaya dibanding yang lainnya tergolong masih standard. Biayanya sekitar Rp13.000.000-an. Sedangkan SPP sebesar Rp750.000-an. Namun yang menjadi catatan ada dua SD Salman Al Farisi, yaitu di Ngemplak, dan Mlati. Kami masih belum bisa menilai mana yang lebih unggul di antara keduanya. Biayanya juga ada perbedaan tipis.

6. SD Aisyiyah Bantul

Namanya memang bukan SD Muhammadiyah, tapi nama Aisyiyah sudah pasti berafiliasi dengan Muhammadiyah. Oleh sebab itu sekolah ini menjadi salah satu penyedia pendidikan terbaik untuk jenjang sekolah dasar.

Sekolah ini memiliki rombongan belajar yang cukup banyak, jumlahnya mencapai 730-an siswa. Ini menunjukkan animo masyarakat sangat tinggi terhadap sekolah ini. Padahal kelasnya bukanlah kelas kecil seperti sekolah favorit pada umumnya.

Dilihat dari prestasinya lumayan. Rata-rata siswanya berprestasi di tingkat provinsi. Plus, biaya pendidikan yang tidak semahal sekolah-sekolah unggulan, terpadu, atau SD favorit lainnya. Sehingga mampu menjangkau banyak kalangan.

Untuk biaya masuk SD Aisyiyah Bantul sebesar Rp5.500.000-an. Sedangkan bulanan Rp350.000-an. Bagi kami ini cukup bagus. Biaya murah kualitas wah.

sd masjid syuhada yogyakarta
Masjid Syuhada Yogyakarta

7. SD Masjid Syuhada Kotabaru

Jika Anda di Yogyakarta mungkin mengenal Masjid Syuhada. Masjid ini cukup dikenal karena kajian dan kegiatan-kegiatan positif lainnya. Masjidnya besar dan penuh sejarah. Oleh sebab itu ketika ada sekolah di dekatnya, maka banyak yang senang karena lingkungan masjid tersebut.

SD ini seperti SD Al Falah di Surabaya yang berbasis masjid. Kegiatan-kegiatan praktik keagamaan terjadi dengan rapi. Kegiatan ekstrakulikuler juga sangat banyak. Mulai dari karate, panahan, cinematografi, vokal, english club, renang, dai cilik, tahfidz Quran, dan masih banyak yang lainnya.

Adapun untuk prestasi, kami memeriksa di website resminya rata-rata berada di tingkat provinsi dengan bidang kreativitas dan seni. Seperti juara Kumite, juara pencak silat, pentas seni, dan lain sebagainya.

Biaya masuk SD Masjid Syuhada tergolong standard, Rp8.500.000-an. Sedangkan SPP sebesar Rp250.000-an.

8. SD Intis School Kotagede

SD Islam pilihan di Yogyakarta selanjutnya adalah Intis School. Intis berarti internasional Islamic. Fokus sekolah ini memang dua hal tersebut. Yaitu internasional dan lingkungan pendidikan yang islami. Yang unik adalah setiap kelas hanya terdiri dari 20 siswa dengan 2 siswa istemewa. Sehingga satu kelasnya terdiri dari 22 siswa saja.

Untuk pendidikan Al Quran menggunakan metode UMMI, salah satu metode Al Quran selain Tilawati dan lain sebagainya. Prestasinya kami periksa lebih banyak di tingkat kabupaten. Baik di bidang agama atau di bidang pengetahuan formal.

Sayangnya kami sulit mendapatkan informasi biaya masuk SD Intis School.

Kami menunggu usulan untuk SD Islam terbaik di Yogyakarta yang nomor sembilan untuk kami review dan analisa.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi ayah dan bunda yang mencari lembaga pendidikan terbaik, SD Islam favorit, SD Islam unggulan, SD Tahfidz Quran, SD Islam bilingual, SD Islam Internasional di kota Gudeg Yogyakarta.

Jika ada kekeliruan informasi, bisa cantumkan di kolom komentar agar kami segera perbaiki. Disclaimer on.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *