sd islam terbaik di surabaya

11 SD Islam Terbaik di Surabaya beserta Biaya

Posted by

SD Islam terbaik di Surabaya menarik untuk diulas karena menjadi perbincangan hangat akibat biayanya yang selangit. Bahkan lebih mahal dari kuliah. Kami pun tergerak untuk bisa melihat satu persatu sekolah islam di Surabaya, terutama survey di Internet melalui website resmi sekolah.

Kriteria terbaik menurut kami tentu subjektif, hanya bisa dijadikan bahan pertimbangan saja. Jika ada kekeliruan biaya, bisa jadi karena yang kami cantumkan adalah tahun sebelumnya. Sehingga kami sebutkan biayanya dengan kata sekitar.

Kami juga mencantumkan kelebihan SD Islam tersebut. Semoga ulasan SD Islam terbaik di Surabaya beserta biayanya bisa bermanfaat. Nomor bukan berarti urutan yang terbaik.

1. SD Al Hikmah Gayungsari

SD Islam terbaik di Surabaya yang pertama kami cantumkan adalah Al Hikmah. Sekolah ini bisa dikatakan merupakan perintis sekolah Islam unggulan terpadu di Surabaya, bahkan Jawa Timur. Berdiri pada tahun 1991, SD Al Hikmah memiliki identitas kuat pada aspek kurikulum khas yang berbalut kurikulum Islam seperti Al Quran.

Memang salah satu kelebihan dari SD Al Hikmah adalah fasilitasnya yang sangat lengkap. Mulai dari perpustakaan, kantin, aula makan, lapangan futsal, basket, kolam renang, dan lain sebagainya, oleh sebab itu biayanya juga tergolong paling mahal di Surabaya.

Untuk prestasi, siswa SD Al Hikmah memiliki prestasi dari tingkat provinsi hingga internasional. Seperti lomba mendongeng di festival lomba literasi tingkat nasional. Juga kompetisi matematika nalaria realistik. Oleh sebab itu sekolah ini menjadi salah satu destinasi pendidikan Islam di Surabaya.

Biaya masuk SD Al Hikmah Surabaya sebesar Rp32.900.000-an. Tergolong paling mahal dibandingkan yang lain. Sedangkan biaya bulanan sekitar Rp1.900.000. Info lengkap bisa mengunjungi website Al Hikmah di sini.

2. Sekolah Alam Insan Mulia Sukolilo

Masyarakat Surabaya mengenal SD ini dengan sebutan SD SAIM, singkatan dari Sekolah Alam Insan Mulia Sukolilo. Ini sekolah unik, namanya saja sekolah alam, itu artinya lebih mendekatkan diri dengan alam, tidak terkekang dengan kelas.

Bahkan pwmu menyebut sebagai sekolah tanpa PR dan jadwal pelajaran. Di sekolah ini yang ada adalah proyek yang harus dikerjakan oleh siswa. Seperti layaknya sekolah-sekolah di luar negeri untuk tingkat sekolah dasar. Fokus pada penyelesaian tugas dan tanggung jawab.

Uniknya lagi sekolah ini setiap kelas selalu didampingi oleh satu guru laki-laki dan satu guru perempuan. Seperti menemukan sosok ayah dan ibu di sekolah. Ruang kelas pun disusun dengan sangat berbeda, seperti ruangnya upin ipin. Intinya anak di sekolah merasa senang.

Biaya masuk SD SAIM kisaran Rp27.000.000-an. Sedangkan untuk SPP perbulan di angka Rp1.700.000-an. Info lengkap bisa membuka websitenya di sini.

Baca: Pesantren Terbaik di Surabaya

3. SD Al Falah Darmo

Tahu masjid Al Falah Surabaya? Pasti kenal. Depan kebun binatang Surabaya. SD Al Falah merupakan bagian dari masjid tersebut. Letaknya persis di sebelah masjid Al Falah yang mana merupakan salah satu masjid terbaik di Indonesia. Inilah mengapa SD Al Falah namanya dikenal sebagai salah satu SD Islam terbaik di Surabaya.

Secara konsep SD Al Falah sangat mirip dengan SD Al Hikmah. Memiliki kurikulum khas, kemudian juga berdampingan dengan masjid sehingga pembelajaran seperti shalat berjama’ah, mengaji Al Quran bisa berjalan dengan optimal.

Prestasinya juga cukup bagus, seperti di tahun 2018 yang menyabet juara robotik di International Islamic School Robot Olympiad (IISRO) Malaysia. Juga beberapa prestasi lainnya. Taglinenya berakhlaq mulia dan berprestasi memang terlihat dari pendidikan yang dekat dengan masjid dan prestasi-prestasinya.

Sayang websitenya sulit diakses.

sd islam terbaik di Surabaya
Gedung SD Al Azhar Pakuwon City

4. SD Al Azhar 35 Pakuwon City

Sebenarnya SD Al Azhar di Surabaya tidak hanya satu. Ada juga SD Al Azhar 11, namun kami memiliki SD Al Azhar 35 Pakuwon City karena beberapa kelebihan. Salah satunya adalah lisensi resmi sebagai sekolah cambridge. Oleh sebab itu pembelajaran menggunakan bahasa Inggris menjadi salah satu unggulan.

Kurikulumnya tergabung dari tiga aspek, yaitu kurikulum khas Al Azhar dalam bentuk pengembangan pribadi muslim, kemudian kurikulum Cambridge, tidak lupa kurikulum nasional. Sehingga materi yang diajarkan kepada siswa bersifat global. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam SD Islam terbaik di Surabaya.

Prestasinya juga bagus, mulai dari tingkat nasional hingga internasional seperti top scorer World Scholar’s Cup Global Round di Malaysia yang diikuti oleh ribuan peserta dari 30 negara. Intinya dalam sudut pandang kami bahasa internasional menjadi unggulan.

Untuk biaya masuk SD Al Azhar Surabaya sebesar Rp34.000.000-an. Sedangkan SPP bulanan sebesar Rp1.700.000-an. Info lengkap bisa kunjungi websitenya di sini.

5. SD Luqmanul Hakim Keputih

SD Islam swasta di Surabaya selanjutnya adalah SD Luqmanul Hakim Keputih. Ini merupakan sekolah di bawah naungan Hidayatullah. Identitasnya adalah pendidikan keislaman yang kental. Karena Hidayatullah dikenal sebagai pesantren.

Fokusnya lebih kepada aspek tauhid siswa, kemudian berbasis Al Quran. Dua aspek ini bisa dikatakan menjadi keunggulan dari SD Luqmanul Hakim. Sehingga bagi yang ingin memiliki nilai keislaman lebih, SD ini bisa menjadi pilihan.

Prestasinya juga tidak kalah dengan SD yang lainnya, meskipun jika kami telisik dari websitenya, skalanya lebih banyak di tingkat provinsi. Oleh sebab itu SD Luqmanul Hakim Keputih menjadi salah satu sekolah dasar unggulan terpadu di Surabaya.

Untuk biaya masuk SD Luqmanul Hakim Anda harus merogoh kocek sebesar Rp26.000.000-an. Sedangkan untuk bulanan harus mengeluarkan biaya sebesar Rp1.250.000-an. Info lengkap di sini.

6. SD At Taqwa Wiyung

Jika Anda berada di wilayah Surabaya Barat, maka SD At Taqwa bisa menjadi pilihan. Dengan model sekolah Islam terpadu, memadukan antara kurikulum nasional dan kurikulum Islam sekolah ini menjadi salah satu pilihan SD Islam Terbaik di Surabaya.

Salah satu kelebihannya adalah, di antara sekolah yang lain SD At Taqwa Wiyung memiliki biaya yang lebih rasional. Hehehe, lebih terjangkau, sekitar Rp16.000.000-an. Dengan SPP perbulan sebesar Rp1.250.000-an.

Untuk program unggulan di sekolah ini bentuknya adalah pendidikan keislaman, praktek shalat, Al Quran menggunakan metode Qiroati, hafal Juz Amma, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu SD At Taqwa selalu diminati banyak calon siswa untuk wilayah Surabaya, khususnya di Wiyung.

Adapun untuk prestasi, kami belum berhasil mengeksplorasi lebih jauh, yang kami temukan di websitenya masih di tingkat Kecamatan dan Kabupaten. Info lengkap bisa mengunjungi websitenya di sini.

Sd Islam Terbaik di Surabaya Tahfidz Quran
Gedung SDIT Al Uswah Surabaya

7. SD Al Uswah Keputih

Lembaga pendidikan Islam lainnya di Surabaya yang dikenal menjadi salah satu SD Islam terbaik di Surabaya adalah Al Uswah. Lembaga ini memiliki banyak jenjang hingga SMA. Namanya dikenal sebagai Sekolah Islam Terpadu.

Jika dibandingkan yang lain, yang istimewa dari sekolah ini adalah tahfidz Qurannya. Jika sekolah dasar Islam lainnya rata-rata hafal juz 30, tidak dengan Al Uswah, biasanya lebih dari itu, bahkan ada yang mencapai lebih dari 3-4 juz. Oleh sebab itu banyak yang tertarik dengan sekolah dasar Islam unggulan tersebut.

Pembelajaran Qurannya sangat intensif, empat kali dalam satu pekan, semua tatap muka. Kemudian sebelum shalat akan diadakan murajaah dan evaluasi tahfidz. Bahkan anak-anak di rumah juga akan tergerak untuk menghafal Al Quran karena target.

Untuk biaya masuk SD Al Uswah sebesar Rp21.000.000-an. Sedangkan untuk SPP bulanan sebesar Rp850.000-an. Info lengkap bisa mengunjungi websitenya di sini.

8. SD Muhammadiyah Pucang

Muhammadiyah bukanlah nama asing di aspek pendidikan formal. Banyak sekolah terbaik di Indonesia berasal dari Muhammadiyah, juga universitas. Di Surabaya juga demikian. SD Muhammadiyah Pucang merupakan salah satu SD terbaik di Surabaya.

Jika terkait dengan aspek pendidikan keislaman, SD Muhammadiyah selalu berbasis tiga hal, Islam, Muhammadiyahan, dan Bahasa Arab. Salah satu yang menarik adalah pendidikan bergantian menjadi imam, dan pendidikan bergantian untuk kultum. Di tingkat SD ini sangat menarik.

Salah satu aspek yang menonjol memang prestasinya. SD Muhammadiyah Pucang meraih predikat The Most Leading Character Education Islamic School of The Year dari Indonesia Achievement Center (IAC). Di tingkat siswa juga meraih juara robotik nasional di tahun 2020. Juga meraih juara di Thailand dalam lomba International Mathematic Olympiad 2019. Dan lain sebagainya.

Untuk biaya masuk SD Muhammadiyah Pucang sekitar Rp15.000.000. Sedangkan SPP Bulanan berkisar Rp1.500.000-an.

sd termahal di Surabaya
SD Al Irsyad Surabaya

9. SD Al Irsyad Ampel

Jika berada di wilayah Surabaya Utara, maka ada satu pilihan SD Islam terbaik di Surabaya, yaitu Al Irsyad di jalan Sultan Iskandar Muda, dekat rumah sakit Al Irsyad. SD ini menyatu dengan masjid sehingga secara fisik terlihat jelas dari jalan raya.

SD Al Irsyad secara nasional memiliki banyak prestasi di beberapa tahun belakangan ini, seperti menjadi juara Lingkungan Sekolah Sehat tingkat nasional pada tahun 2017. Prestasi yang lain adalah juara budaya mutu tingkat kota Surabaya. Juara 1 lomba Adiwiyata tingkat kota Surabaya 2017. Oleh sebab itu SD Al Irsyad menjadi salah satu sekolah pilihan.

Keunggulan lainnya adalah sekolah ini memiliki lingkungan yang cukup asri. Ada kebun di tengah kota, flying fox, kolam ikan, dan lain sebagainya. Jika Anda masuk ke dalamnya bisa dipastikan akan betah.

Untuk biaya masuk SD Al Irsyad Ampel membutuhkan biaya sekitar Rp14.000.000-an dengan SPP setiap bulannya sebesar Rp890.000-an. Info lengkap bisa menghubungi websitenya di sini.

Unoficial Profil SD Al Irsyad Surabaya

10. SD Khadijah Wonokromo

Jika Anda ingat ormas besar Nahdhatul Ulama, maka salah satu sekolah bagus NU di Surabaya adalah Khadijah. Sekolah ini letaknya dekat Royal Plaza, di daerah Wonokromo. Gedungnya terlihat salah satu yang tinggi pinggir jalan tepat.

Mengkombinasikan tiga kurikulum, Diknas, Kemenag, dan Cambridge mengantarkan sekolah ini menjadi salah satu yang ditunjuk menjadi contoh pelaksanaan kurikulum K13 pada masa awal penerapan kurikulum tersebut. Artinya sekolah ini terbiasa dengan kreasi dan inovasi pada setiap muridnya.

Salah satu alasan mengapa banyak yang mendaftar di sekolah ini adalah biayanya yang standard, seperti Al Irsyad, biasa masuknya sebesar Rp14.000.000-an. Sedangkan untuk SPP bulanan sebesar Rp670.000. Info lengkap di sini.

Inilah beberapa SD Islam terbaik di Surabaya. Kami menyisakan satu SD agar mendapatkan usulan dari pembaca. Jika ada informasi yang kurang tepat mohon cantumkan di kolom komentar agar kami bisa segera perbaiki.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *