15 SD Islam Terbaik di Bekasi beserta Biaya

Posted by

SD Islam swasta terbaik di Bekasi menjadi pilihan bagi orang tua yang sibuk selain pesantren di Bekasi. Terutama bagi mereka yang berangkat pagi pulang magrib. Sekolah islam full day school memberikan pilihan siswa tetap dididik meski ditinggal lama.

Sebenarnya sangat banyak sekali SD Islam Swasta Terbaik di Bekasi. Namun kami hanya memilih 15. Landasan kami adalah review, informasi website, ranking Google, juga pertimbangan lainnya yang tentu saja sangat subjektif. Harapan kami apa yang kami berikan memberikan informasi lengkap bagi orang tua yang menginginkan perbandingan antara satu sekolah dengan yang lainnya.

Inilah SD Islam swasta terbaik di Bekasi beserta biaya masuk dan spp dari beragam sumber. Nomor urut bukan berarti peringkat.

1. SD Islam Salsabila

SD Islam Salsabila merupakan salah satu sekolah ternama di Bekasi Timur. Sekolah ini memang lahir dari banyaknya kelas menengah atas di wilayah tersebut yang menyekolahkan di sekolah umum, sehingga pendidikan Islamnya dirasa kurang. Oleh sebab itu SD Islam Salsabila berusaha menjadi mata air.

Pendidikannya khas sekolah Islam di perkotaan. Menggunakan kurikulum formal, namun dipadukan dengan kurikulum khas sekolah seperti Al Quran. Tahsin, tahfidz, menggunakan metode UMMI, yang nantinya di akhir tahun akan diwisuda.

Untuk prestasi sekolah kami lihat belum banyak yang dipublikasikan, yang kami dapatkan rata-rata tingkat kota Bekasi. Hal ini patut menjadi pertimbangan. Karena memilih sekolah Islam biasanya berbasis tiga hal, kurikulum, prestasi, dan biaya.

Adapun biaya masuk untuk SD Islam Salsabila Bekasi sekitar Rp23.000.000. Sedangkan SPP bulanan sekitar Rp700.000. Termasuk kelas menengah untuk wilayah perkotaan. Website resmi di sini.

2. SD Full Day Islam Darussalam

SD Islam Darussalam merupakan salah satu SD Islam yang terkenal di Bekasi. Letaknya ada dua, di Pekayon dan Cikunir. Konsepnya sama. Keduanya merupakan full day school. Sekolah ini bangunannya cukup baik, luas, dan representatif.

Sekolah ini memiliki konsep kurikurul tematik, beda ya dengan mapel. Salah satu target siswa adalah mampu hafal juz 30 Al Quran. Target rata-rata sekolah dasar Islam di perkotaan. Kemudian pendidikan keislaman lainnya adalah pembelajaran shalat, akhlaq dan lain sebagainya.

Bisa dikatakan sekolah ini cukup luas, ada kolam renang, ada juga lapangan futsal, basket, dan lain sebagainya. Adapun biaya masuk untuk SD Islam Darussalam Pekayon sebesar Rp18.000.000-an, sedangkan yang di Cikunir sebesar Rp21.500.000. SPP bulanannya Rp820.000-an.

3. SDIT Al Marjan Duta Indah

Sekolah ini cukup besar untuk ukuran sekolah dasar. Bangunannya juga terus tumbuh, berusaha menjadi SD Islam terbaik di Bekasi. Hebatnya sekolah ini adalah pendaftaran yang cepat sekali habisnya. Jika Anda ke sekolah ini tiga bulan sebelum tahun ajaran baru, dijamin sudah tidak ada kursi.

Yang kedua, bangunannya memang indah. Arsitektur Islamnya bagus, plus nuansa anak-anaknya terasa ketika di jenjang sekolah dasar. Sayang kami tidak mendapatkan informasi tentang prestasi di website, karena dari situ kita tahu kualitas proses pendidikan.

Untuk biaya masuk SDIT Al Marjan Duta Indah Rp20.000.000. Biasanya pembayaran pertama sebesar Rp15.000.000, sisanya pembayaran kedua.

4. SD Islam Al Azhar 23 Jati Kramat

Sekolah Al Azhar merupakan salah satu sekolah yang memiliki standard hampir mirip di setiap kota. Di Bekasi tidak hanya satu sekolah Al Azhar, ada beberapa. Namun yang kami tulis adalah SD Islam Al Azhar 23 Jati Kramat.

Salah satu kelebihan SD Al Azhar 23 Jati Kramat adalah kemampuannya dalam mendidik siswa berprestasi. Di tahun 2019 salah satu siswanya menjuarai lomba IMSO Matematika di Vietnam. Juga prestasi lainnya yang rata-rata biasanya tingkat kota dan provinsi. Oleh sebab itu sekolah ini masuk dalam SD Islam Swasta terbaik di Bekasi.

Ekstra kurikuler juga dikenal banyak, dari yang karate, sampai matematika. Untuk biaya masuk tergolong lumayan, kalau dengan formulirnya sekitar Rp26.000.000-an. Sedangkan untuk SPP bulanan sekitara Rp900.000-an.

sd islam terbaik di Bekasi
SD Islam Al Azhar 23 Bekasi

5. SD Iqro Jati Makmur Pondok Gede

Dari namanya sudah terlihat identitas kental dari sekolah ini, yaitu Al Quran. Pendidikan Al Quran di sekolah ini memang dikedepankan. Bahkan prestasinya pun sekolah ini lebih banyak di bidang Al Quran. Seperti juara MHQ tingkat kota Bekasi 2017, 2018.

SD Ini memiliki sistem pendidikan yang disesuaikan dengan Al Quran dan sunnah. Berdiri sejak 1993, sebelum maraknya fenomena SDIT, sekolah ini memiliki tema benar, pintar, dan segar.

Untuk fasilitas menurut kami cukup memadai, lapangan bermain, terutama masjid yang cukup dijadikan praktik untuk kegiatan shalat, pembelajaran Al Quran, gedung full ac, seperti layaknya sekolah-sekolah era modern.

Untuk biaya masuk sekitar Rp19.000.000-an.

6. SD Al Alaq Jatikramat Jatiasih

Kalau mau sekolah yang mayoritas indoor, sampai lapangan futsalnya juga indoor, agar tidak terkena debu, hehehe, maka Al Alaq bisa menjadi pilihan. Sekolah ini sepertinya sudah didisain dengan banyak ruangan yang indoor.

Dan memang kelebihan sekolah ini dari ruangan di setiap bagian. Kelasnya menggunakan meja satu, satu siswa satu meja. Kemudian ada ruangan kreasi, dan ruangan bermacam-macam. Bahkan satu murid akan mendapatkan satu locker, untuk tas, buku, dan macam-macam seperti di film-film sekolah.

SD Ini juga mempublikasikan sebagai SD yang bilingual, artinya ada muatan komunikasi menggunakan bahasa asing dalam keseharian. Untuk biaya masuknya sekitar Rp20.000.000-an. Sedangkan SPP-nya sekitar Rp1.100.000-an. Bisa menjadi salah satu pilihan sd unggulan di wilayah Bekasi.

7. SD Avicenna Bekasi Utara

SD Avicenna awalnya hanya sekolah kecil yang bertempat di ruko, di Pabelan. Namun ternyata animo masyarakat perlahan-lahan mulai membesar. Kemudian pindah ke Villa Indah Pemai Teluk Pucung Bekasi Utara.

Sekolah ini memiliki salah satu kelebihan outdor yang begitu luas. Jadi sarana bermain anak-anak SD. Sehingga terlihat senang dan riang. Juga siswa yang banyak. Terlihat animo masyarakat yang tinggi ke sekolah ini. Salah satu faktornya adalah biayanya yang tergolong standard, bahkan di bawah sekolah-sekolah unggulan Islam pada umumnya.

Prestasi sekolah ini lumyan. Rata-rata di wilayah kota Bekasi. Beberapa di provinsi Jawa Barat. Bahkan ada juara Matematika tingkat Nasional di UNJ 2019-2020. Oleh sebab itu SD ini masuk ke dalam SD Islam Swasta di Bekasi Terbaik.

Untuk biaya masuk SD Avicenna sekitar Rp8.000.000-an. Sedangkan SPP-nya sekitar Rp300.000-an. Bisa dijadikan opsi pembelajaran anak di Bekasi. Info lengkap di sini.

8. SD Al Husna Bekasi Selatan

Sekolah ini memiliki nilai akreditasi yang cukup tinggi, 98. Publikasi sekolah menyebutkan A+. Memang akreditasi dengan nilai 98 jarang. Biasanya rentang 90-95, ini sudah sangat bagus. Oleh sebab itu SD Al Husna menjadi salah satu SD Islam Swasta terbaik di Bekasi.

SD ini pernah menjadi finalis sekolah budaya mutu tingkat nasional di Yogyakarta pada tahun 2017. Gurunya pernah meraih juara guru berprestasi tingkat kota Bekasi, 2017. Tapi memang untuk perlombaan siswa justru tingkatnya lebih banyak juara di kota. Lebih banyak juaranya pada perlombaan PAI.

Di sekolah ini unggulannya adalah kegiatan literasi sebelum dimulai pelajaran. Tidak lupa juga pembelajaran pendidikan Al Quran secara intensif. Sehingga bisa menghasilkan siswa yang mampu membaca Al Quran sekaligus mampu menghafal beberapa bagian kecil darinya.

Untuk biaya masuk SD Al Husna sekitar Rp8.000.000-an. Sedangkan untuk SPP sekitar Rp260.000-an. Info lengkap bisa menghubungi Telp : 021-88964774, website di sini. Email : sdialhusna2012@gmail.com.

9. SD Lazuardi Medan Satria

Bagi orang tua yang tidak ingin ribet dengan PR anak di sekolah, SD ini menjadi pilihan. SD Lazuardi menggunakan sistem bermain yang menyenangkan. Tidak ada homework. Adanya sistem project. Seperti pengamatan cuaca, dll. Plus kelasnya warna-warni menyenangkan. Sesuai dengan anak-anak.

Kelebihan lainnya adalah sekolah ini memiliki lingkungan yang asri, sejuk, sistem moving class. Dari aspek kurikulum ada sisipan cambridge, plus penggunaan blillingual meskipun masih belum setiap hari. Belum sekelas internasional. Tapi sudah sangat pantas dengan biaya yang harus dikeluarkan.

Untuk biaya masuk SD Lazuardi sekitar Rp15.000.000-an. Sedangkan untuk SPP sebesar Rp1.300.000-an. Ini bisa jadi pilihan SD Islam favorit di Bekasi.

SD Islam swasta terbaik di Bekasi, sekolah alam sasi Bekasi
Sekolah Alam SASI Bekasi

10. Sekolah Alam SASI Bekasi Jatiranggon

Dari nama tidak disebut ada Islam, tapi kami melihat profilnya ini adalah sekolah Alam Islam di Bekasi yang representatif untuk pendidikan tingkat sekolah dasar. Bentuknya luas, terawat, rapi, seperti taman di tengah kota, bayangkan saja taman Surapati, mirip.

Karena sekolah alam, maka jaminannya adalah tempat bermain yang banyak. Kelasnya di saung, ada green lab untuk praktik menanam bunga dan buah-buahan, fasilitas komputernya cukup baik. Maka banyak kegiatan outbound ketika pembelajaran. Dijamin kalau anak SD masuk sini senangnya bukan main.

Hampir semua sekolah alam yang ditingkatkan adalah kreativitas dari siswa. Karena mereka akan bebas berkreasi untuk menemukan inovasi mandiri. Namun juga tetap berbasis pendidikan islam, atau aqidah yang lurus. Yang selanjutnya adalah penekanan pada akhlaq. Ini yang menjadi nilai utama.

Untuk uang masuk ke sekolah ini lumayan harus merogoh kocek sekitar Rp25.000.000-an, sedangkan untuk SPP-nya sebesar Rp850.000-an. Info di https://sasi.sch.id/

11. SDIT Insan Madani Kota Bekasi

SD ini menamakan dirinya sebagai sekolah model. Artinya jika sekolah model, maka posisinya lebih tinggi dari sekolah-sekolah sejenis lainnya. Kelasnya dihuni 25 orang. Dengan pendampingan dua guru. Pendampingan intensif seperti layaknya sekolah-sekolah islam terpadu di Indonesia.

Dalam pendidikan keislaman sekolah ini menargetkan hafalan dua juz. Cukup baik karena pada umumnya justru menerapkan satu juz. Tahsin bacaan Al Quran juga dilakukan rutin. Selain itu diterapkan pembelajaran seperti shalat dan pembiasaan akhlaq karimah. Tentu bahasa inggris juga selalu ditanam ke dalam pendidikan siswa.

Memang kalau dilihat dari tempatnya, tidak wah seperti sekolah-sekolah semacam SD Darussalam, apalagi seperti Al Azhar, atau Lazuardi, tidak demikian. Namun pola pendidikan indoor dan outdoor menjadi satu kesatuan untuk menciptakan pendidikan yang menyenangkan. Siswa sekolah ini pernah berprestasi menjadi finalis lomba sains Kuark tingkat nasional. Jadi cukup lumayan prestasinya.

Sayangnya kami belum mendapatkan informasi besaran pendaftaran untuk sekolah yang beralamat di Jl. Macem Telkom Rt.001/03 No.105 Pedurenan Mustika Jaya Bekasi. Telp. 021-82611116 021-82611117
Fax. 021-82606753. Website resmi di https://www.insanmadanibekasi.sch.id/

12. SD Al Azhar 44 Summercon City | SD Swasta Islam Terbaik di Bekasi

Siapa yang tidak kenal Summercon di Bekasi, ini merupakan kawasan yang dikembangkan oleh perusahaan properti. Kawasan elit dengan lingkungan yang nyaman. Maka hadirnya Al Azhar sudah bisa dipastikan memiliki siswa di kawasan elit tersebut.

SD Islam Swasta terbaik di Bekasi
SD Islam Al Azhar Summercon. Sumber: Internet

Al Azhar diciptakan dengan tata ruang yang sangat modern. Bisa dikatakan jika dibandingkan dengan SD Islam Favorit di Bekasi lainnya, SD Al Azhar mengambil tempat yang spesial. Paling modern, paling dinamis, dan berada di kawasan elit.

Untuk sistem pendidikan tidak perlu banyak dijelaskan. Al Azhar memiliki sistem yang baku. Yaitu pendidikan formal yang bagus, dengan nuansa pendidikan Islam untuk wilayah perkotaan. Jangan harap ada Al Azhar di kota-kota kecil. Selalu di kota besar plus metropolitan.

Untuk biaya masuk Al Azhar Summercon tergolong lumayan, sesuai tempatnya, Rp31.000.000-an. Sedangkan untuk SPP Rp1.700.000-an. Ini memang salah satu SD Islam Swasta terbaik di Bekasi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *