Al Hikmah Depok | Keunggulan, Biaya SDIT dan SMPIT

Posted by

Al Hikmah Depok merupakan salah satu lembaga pendidikan yang namanya cukup mentereng di kalangan masyarakat wilayah Depok dan sekitarnya. Oleh karena itu, kami sangat tertarik untuk mengulas lebih jauh seperti apa Al Hikmah Depok.

Kami rangkum di antaranya profil sekolah, unit pendidikan, biaya masuk, hingga alamat lengkap sekolah. Yang semuanya bersumber dari brosur dan website resmi sekolah dan juga video youtube yang ada di internet. Semoga bermanfaat.

Profil Al Hikmah Depok

Sekolah Al Hikmah Depok berada dalam lingkup Yayasan Al Hikmah Cipayung Jaya Depok. Yang mana pendidikan di Al Hikmah Depok terintegrasi dengan segala aspek kemampuan dasar lengkap dan menyeluruh baik secara agama ataupun kurikulumnya yang terpadu dengan berbagai aspek.

Secara singkat, sekolah Al Hikmah ini adalah sekolah islam terpadu (SIT) dengan visi mewujudkan peserta didik yang bertaqwa (benar aqidah dan cinta Al-Qur’an), mandiri, berwawasan iptek, dan peduli lingkungan.

AL Hikmah Depok

Unit Pendidikan di Al Hikmah Depok

Adapun Al Hikmah Depok menyediakan berbagai tingkatan unit pendidikan untuk putra dan putri sebagai berikut. Pertama Taman kanak-kanak islam terpadu Al Hikmah sendiri mulai beroperasi pada tahun 2018.

Meskipun belum lama, program khusus pendidikan anak usia dini ini mempunyai berbagai program unggulan yang bertujuan memperkenalkan anak didik pada 6 aspek perkembangan anak baik dari segi agama, moral, sosial, emosional, kognitif, psikomotorik, seni dan bahasa.

Program unggulan tersebut di antaranya tahfidz Al-Qur’an, asmaul husna, pembiasaan ibadah harian, sistem sentra, dan outing class.

SDIT Al Hikmah

Nah, unit pendidikan kedua adalah sekolah dasar islam terpadu atau yang disingkat menjadi SDIT. Berbeda dengan TKIT, SDIT sudah cukup lama beroperasi, tepatnya kegiatan belajar – mengajar sudah dimulai sejak tahun 2003.

Sudah terakreditasi A, artinya untuk kualitas dan mutu pendidikan sudah baik. Program pengembangan siswa pun lebih kompleks dibandingkan TKIT.

Seperti gerakan literasi sekolah, berbagai kegiatan ekstrakurikuler, hingga pembinaan kemandirian lewat kegiatan korikuler sekolah.

SMPIT Al Hikmah

Unit pendidikan terakhir adalah sekolah menengah pertama islam terpadu (SMPIT Al Hikmah) yang berdiri pada 2008.

Yang menarik dari SMPIT Al Hikmah adalah para siswa dan siswi mendapatkan kegiatan korikuler tambahan, yakni pembelajaran bahasa arab dan bahasa inggris.

Bahkan dari brosur sekolah yang kami dapatkan, para siswa juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan kunjungan ke parlemen pemerintah seperti DPRD, MPR dan DPR RI. Wah, seru ya.

Sekolah Tanpa Batas

Selain tahsin dan tahfidz Al-Qur’an yang menjadi ciri khas Sekolah Al Hikmah Depok, kegiatan outing class juga menjadi hal yang tidak terlewatkan di setiap unit pendidikan.

Outing class di sini semata-mata bukan untuk rekreasi dan jalan-jalan saja, melainkan juga memberikan pengalaman sekolah tanpa batas.

Oleh karena itu, pihak sekolah bekerja sama dengan beberapa partner swasta. Mulai dari Ancol, Kidzania, TMII, Taman Safari Bogor, Museum Geologi, Istana Kepresidenan Cipanas, Taman Bunga Nusantara, PPIPTEK, dan masih banyak lagi.

Fasilitas Al Hikmah Depok

Al Hikmah menyediakan berbagai fasilitas. Mulai dari gedung sekolah yang milik sendiri, unit kesehatan siswa (UKS), laboratorium IPA dan komputer, masjid, perpustakaan, dan ruang kelas yang lengkap dengan pendingin ruangan.

Fasilitas lain yang menjadi keunggulan adalah semua unit pendidikannya yang berada dalam satu lokasi yang sama.

Jadi, Bapak / Ibu bisa menyekolahkan buah hatinya mulai dari TK sampai jenjang SMP di sekolah yang sama. Sekolah yang seperti ini memang menjadi favorit kebanyakan orang tua murid.

Pendaftaran dan Biaya Masuk 2022-2023

Adapun untuk pendaftaran siswa – siswi baru biasa dibuka pada bulan Desember. Dan dilakukan secara online. Formulir pendaftarannya bisa diakses melalui website resmi Al Hikmah.

Berdasarkan website resmi yang telah berhasil kami rangkum, biaya masuk tiap unit pendidikan berbeda-beda. Rinciannya sebagai berikut :

  • TKIT sekitar 5.9 juta dan SPP Rp. 300.000 ribu per bulan
  • TKIT (lanjutan) sekitar 16.5 juta dan SPP sekitar Rp. 300.000 ribu
  • SDIT dan SMPIT sekitar 13.6 juta dan SPP sekitar Rp. 550.000 ribu per bulan.

Biaya masuk tersebut sudah termasuk uang pangkal pendidikan, seragam siswa, buku paket, uang kegiatan siswa, biaya pengembangan pendidikan, ATK, dan uang komite 1 tahun.

Kalau dihitung – hitung, biaya yang dikeluarkan memang lumayan. Jika ingin survey lembaga pendidikan lain di Depok bisa kunjungi link ini. Kami sudah sajikan biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Al Hikmah Depok

Al Hikmah beralamat lengkap di Jl. H. Muhidin No 14 RT 01/02, Kelurahan Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung, Depok, Jawa Barat.

Kontak person bisa telepon ke nomor 021 7788 0788 atau whatsapp di +62 858 9033 6895. Website resmi klik di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *