Pesantren Al Muhajirin Jakarta Utara | Keunggulan dan Biaya

Posted by

Pesantren Al Muhajirin Jakarta Utara atau juga dikenal sebagai Pondok Pesantren Teluk Gong, merupakan salah satu lembaga pendidikan yang banyak dicari masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Sebabnya, ini pesantren di tengah kota dengan pendalaman kitab kuning.

Oleh sebab itu kami tertarik untuk membahasnya merangkum informasi dari website resmi pesantren. Di antara yang akan kami bahas adalah profil pesantren Teluk Gong, pendidikan di Al Muhajirin, serta biaya masuk dan pendaftaran.

Profil Pesantren Al Muhajirin Jakarta Utara

Sebenarnya nama pesantren yang sama juga ada di Al Muhajirin Cikarang. Namun yang satu ini berbeda. Berdiri pada tahun 1990 di bawah naungan Yayasan Perguruan Tarbiyah Islam (YPTI), ponpes Al Muhajirin langsung mengadakan jenjang MTs dan MA untuk putra dan putri.

Pesantren Al Muhajirin Jakarta Utara didirikan oleh tokoh nasional, yaitu KH Abdul Rouf Syahid Hamim, imam shalat masjid nasional Istiqlal sejak 1972 hingga 1992. Beliau mengundurkan diri karena ingin fokus membina pesantren. Oleh sebab itu pondok pesantren Teluk Gong ini lahir dari sosok luar biasa.

Pesantren Al Muhajirin Jakarta Utara

Pendidikan di Pesantren Teluk Gong

Pendidikan yang diselenggarakan lebih cenderung kepada pendidikan formal di waktu pagi, kemudian mengaji di pagi dan selepas sekolah. Mirip dengan model pesantren Jawa Timuran. Artinya pendidikan formal tidak terganggu, pendidikan diniyah diadakan secara mandiri.

Bisa dikatakan pula dengan pesantren NU di Jakarta Utara. Beberapa tandanya adalah adanya kegiatan tahunan seperti haul, kemudian peringatan hari-hari besar Islam seperti maulid, muharrom, serta menekankan pada aspek dzikir dan shalawat. Sehingga unsur rohani terisi dengan baik.

Pesantren Al Muhajirin Jakarta Utara secara sederhana bisa dikatakan sebagai pondok pesantren yang seimbang antara intelektual dan penyiraman hati.

PanduanTerbaik.id

Akreditasi MTs dan MA Ponpes Al Muhajirin

Jika ingin melihat kualitas pendidikan formal bisa dilihat dari akreditasi. Untuk akreditasi lembaga formal, untuk MA mendapatkan akreditasi B. Sedangkan untuk MTs sudah mendapatkan nilai A pada tahun 2016. Menurut kami ini cukup bagus sekali.

Keunggulan Pesantren Al Muhajirin

Dalam sudut pandang kami yang utama adalah kajian kitab kuning yang cukup di pondok pesantren. Kitab kuning dikenal sebagai sumber pengetahuan keislaman.

Padahal rata-rata pesantren di perkotaan sudah mulai meninggalkan kitab kuning, dan justru banyak yang mengadopsi sistem boarding school yang menguatkan sisi formal saja. Di pesantren Al Muhajirin Penjaringan kitab kuning menjadi pendidikan penting.

Keunggulan lainnya adalah aspek dzikir untuk meningkatkan akhlaq, adab, dan tawadhu’ di depan makhluq Allah. Ada dzikir wajib harian, yaitu ratibul haddad, yasin, waqiah, ar Rahman, al mulk, doa fajar, doa imdad, dan lain sebagainya.

Terakhir jumlah santrinya masih sedikit. Sekitar tiga ratusan dari data yang kami baca di website resmi. Santri sejumlah demikian menjadikan pertemuan dengan kyai menjadi intensif.

Review Kegiatan di Pesantren

Kegiatan di pesantren akan dimulai dari qiyamul lail, selepas shalat subuh santri akan ngaji kitab. Barulah kemudian shalat dhuha dan masuk kelas formal, baik MTs atau MA.

Untuk siang setelah shalat dhuhur tersedia makan siang dan istirahat siang. Baru nanti sorenya ada ngaji kitab secara bandongan. Yang bingung sorogan dan bandongan bisa dibaca di sini. Ada juga eskul pesantren.

Malam hari nantinya diisi dengan ngaji kitab pesantren dan belajar mandiri. Dari sini terlihat yang dominan adalah ngaji kitab, pendidikan formal. Serta masih tersedia eskul untuk mengembangkan bakat santri.

Pendaftaran Pesantren PPDB 2021-2022

Untuk pendaftaran pesantren Al Muhajirin Jakarta Utara, PPDB, tersedia dua gelombang yang intinya dibuka sejak Januari hingga Juli. Cukup panjang. Bisa melalui datang langsung, atau via online di sini. Saran kami online saja karena masa pandemi.

Tapi ada tes yang harus dilewati, terutama baca tulis Al Quran, doa-doa, berhitung dan pengetahuan umum, serta ada wawancara. Biaya pendaftarannya hanya Rp250.000. Syarat-syarat administrasi bisa dilihat di website resmi di sini.

Biaya Pesantren Al Muhajirin Jakarta

Untuk biaya masuk pesantren Al Muhajirin Jakarta Utara terbagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama dari Januari sd April, gelombang kedua dari April sampai Juli. Masing-masing biayanya berbeda.

MA Gelombang I MukimRp2.900.000
MTs Gelombang I MukimRp2.800.000
MA Gelombang I Non MukimRp2.300.000
MTs Gelombang I Non MukimRp2.200.000
MA Gelombang II MukimRp3.900.000
MTs Gelombang II MukimRp3.800.000
MA Gelombang II Non MukimRp3.300.000
MTs Gelombang II Non MukimRp3.200.000
SPP Bulanan MukimRp600.000
SPP Bulanan Non Mukim MTsRp170.000
SPP Bulanan Non Mukim MARp290.000

Untuk biaya masuk sudah termasuk SPP satu bulan. Menurut kami biaya ini cukup terjangkau, atau bahkan pesantren murah dengan kualitas baik di Jakarta Utara. Bisa dibandingkan dengan pesantren lain di Jakarta di link ini. Kami sudah sajikan dengan biaya dan keunggulannya.

Alamat Lengkap Pondok Pesantren

Alamat lengkap pesantren Al Muhajirin Jakarta berada di Jl. D7 Jl. Teluk Gong Raya No.8, RT.7/RW.13, Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Kota Jakarta Utara. Jika bingung bisa ikuti Google Maps yang kami sediakan.

Jika ada pertanyaan bisa ditanyakan ke Ustdah Fatimah : 0878-8299-9228. Kiranya ada informasi yang kurang tepat bisa dicantumkan di kolom komentar. Atau ada lembaga pendidikan yang ingin direview cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *