Cerah Gelap Prospek Saham KBAG

Posted by

Prospek Saham KBAG | Kami sangat terkejut dengan jumlah transaksi saham KBAG pada awal Desember 2020, satu hari bisa mencapai 18 juta lot saham. Gila. Itu merupakan jumlah yang sangat besar. BJBR yang sedang hit saja hanya sekitar 900 ribuan lot. Maka kami penasaran.

Oleh sebab itu kami akan mereview saham KBAG dari beragam sumber, berita, dan lain sebagainya yang bisa dijadikan bahan rujukan. Terutama akan jelaskan prospek saham KBAG di tahun 2021 dan seterusnya.

Saham KBAG Bergerak di Bidang

Nama aslinya PT. Karya Bersama Anugerah Tbk. Kode sahamnya adalah KBAG. Jika Anda jarang mengulik saham di luar LQ45 atau Kompas100, maka perusahaan ini sangat jarang diketahui. 

Perusahaan ini juga tidak begitu dikenal karena kantornya bukan di Jakarta. Justru di Kalimantan Timur tepatnya adalah Balikpapan. Sehingga tidak semua mengetahui perusahaan ini. Plus fokusnya hanya di wilayah tersebut, tidak seperti perusahaan lain yang memiliki banyak cabang. 

Karya Bersama Anugerah Perusahaan Apa?

Pertanyaan paling banyak muncul adalah Karya Bersama Anugerah Perusahaan Apa? Ini masuk di sektor properti. Tepatnya adalah real estate, baik secara langsung atau melalui anak perusahaannya. Perusahaan ini masuk di IHSG pada Februari 2020. 

Perusahaan ini memulai kegiatan komersial pada tahun 2015. Perusahaan mengembangkan kawasan rumah di Balikpapan dengan nama Green Valley. Website khusus tentang kawasan perumahan tersebut bisa dilihat di sini. 

Analisa Fundamental KBAG

Sebelum membahas tentang prospek saham KBAG, kami akan mengulas sedikit tentang fundamental saham KBAG. Terutama dari sisi laba. Sumber kami adalah data IPOT.

Kalau dilihat dari pendapatannya di 2020, perusahaan ini naik cukup signifikan, padahal masa covid-19. Pada kuartal kedua 2020, naik dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Dari 2.94 milyar menjadi 5.88 milyar. 

Asetnya juga naik siginifikan, dari 251 milyar menjadi 472 milyar. Tentu ini perusahaan yang menarik karena bergerak di masa covid-19 yang mencekam bagi semua dunia usaha, terutama properti. 

Kuartal tiga tahun 2020 lebih kinclong lagi. Di tahun sebelumnya hanya mencatat laba 613 juta, tapi di tahun 2020 menjadi 11 milyar. Naiknya ribuan persen. Ada apa? Inilah yang akan kita jawab dalam review prospek saham KBAG.

Prospek Saham KBAG 2021 dan Seterusnya

Apa yang menarik dari saham KBAG menurut kami patut dipertimbangkan. Pertama, ini adalah saham properti. Paska covid-19, saham properti bergeliat luar biasa. Hal ini karena di waktu covid-19, saham sektor ini salah satu yang ambruk paling dalam. 

Di saham ada hukum kalau ambruk paling dalam, dia juga nantinya yang bangkit tinggi. Seperti ANTM yang pernah mencapai 300 perak, kini sudah mencapai 1.300-an. 

Kedua, ini yang paling menarik. Letaknya di Balikpapan. Balikpapan merupakan gerbang transportasi dan perdagangan untuk wilayah Kalimantan Timur. Ada bandara Sepinggan. Juga ada pelabuhan Balikpapan yang membuka jalur internasional direct call. Itu artinya Balikpapan benar-benar strategis. 

Ketiga, Balikpapan akan menjadi isu hangat seiring perpindahan ibu kota ke Penajam Paser. Karena menjadi kota pendamping. Bisa dilihat di peta. Ini seperti Sidoarjo untuk Surabaya, atau Bogor untuk Jakarta. Artinya seiring ibu kota dalam proses, geliat properti di wilayah tersebut akan menggila.

Keempat, tidak banyak perusahaan properti yang mencatatkan di papan saham yang berpusat di kota tersebut. Inilah keuntungan utama dari prospek saham KBAG. Oleh sebab itu mengapa pendapatannya di tahun 2020 naik drastis meski covid menghajar habis-habisan. 

Kelima, langkah PT Karya Bersama Anugerah sangat tepat. Mungkin banyak bertanya kenapa IPO di waktu kritis, pandemi. Tapi mereka butuh dana untuk perluasan lahan, atau istilahnya land bank untuk menghadapi ibukota baru. Sehingga harus di awal 2020.

Terbukti mereka mengakuisisi tanah berhektar-hektar untuk jangka panjang. Selanjutnya tinggal memasarkan.

prospek saham kbag
sumber gambar: Pixabay.com

Analisa Saham KBAG

Memang tidak ada saham yang sempurna, bahkan BBCA pun memiliki kelemahan. Kami pernah ulas di sini. Apalagi KBAG. Kelemahan saham KBAG yang paling jelas adalah Price Earning Ratio yang mencapai 31x. Meskipun juga lebih baik dari ANTM yang sudah mencapai 41 x saat tulisan ini dibuat. 

Di dunia saham PER biasanya kalah sama prospek saham ke depan. 

Kelemahan selanjutnya adalah Return on Equity yang hanya 2.8%. Biasanya saham istimewa di angka lebih dari 10% seperti PTBA. Atau minimal 5% seperti AUTO. Namun artinya saham KBAG tidak begitu istimewa dalam hal ini. Biasa, meski tidak buruk. 

Yang Istimewa dari Rasio KBAG

Tapi menurut kami patut dipertimbangkan beberapa hal yang istimewa berikut ini. Pertama adalah rasio hutang yang hanya sekitar 0.1%. Padahal di tahun sebelumnya mencapai 0.4%. Ini sangat bagus karena beban keuangannya kecil. Bisa bandingkan dengan perusahaan seperti BUMI, atau TOTL yang diproperti.

Kedua adalah price book value dari saham KBAG yang masih rasional. Di harga gocap 50 perak, posisinya PBV masih 0.9. Harga normalnya di angka 55. PBV-nya Lebih baik dari saham gocap seperti ANDI yang sedang banyak diakumulasi.

Tapi kalau melihat prospeknya kemungkinan mencapai PBV 2x sangat mungkin terjadi. Masa kalah dengan PPRO yang punya banyak hutang. Hehehe. 

Analisa Teknikal KBAG

Ini yang menurut kami cukup was-was. Kalau dilihat dari polanya, saham ini memang masuk golongan gorengan. Apalagi transaksinya super duper gila, jumlah lot yang terjual dan terbeli sangat besar. 

Pertama kali muncul harganya 130-an, tapi kemudian naik hingga 420-an hanya dalam waktu lima bulan. Selepasnya covid menghajar jatuh terus hingga berada di dasar jahannam 50 perak. Harganya sangat menarik.

Kalau ada yang menyangkut pautkan dengan Jiwasraya, Asabri atau lain sebagainya, kami tidak mengetahui. Tapi saham ini baru IPO di Februari 2020, sedangkan kasus Jiwasraya mencuat di akhir 2019 yang gagal bayar mencapai 12 triliun (sumber). Artinya memang jatuh karena covid-19.

Artinya saham KBAG masih aman kalau untuk investasi jangka panjang.

Panduanterbaik.id

Dugaan kami ini seperti KAEF yang dihajar dulu habis-habisan sebelum mendapatkan momentum. KBAG punya pola yang sepertinya mirip. Estimasi kami isu ibukota baru di 2021 akan sangat kencang. KBAG akan menjadi salah satu pusat dari sentimen tersebut. 

Apalagi di angka 50, harganya nanjak sampai 200 tidak begitu terasa. Apalagi perusahaan ini tidak tergolong buruk seperti perusahaan gocap lainnya. Meskipun memang biasa. Tapi secara prospek saham KBAG memang sangat menarik. Terbukti dari kinerja di 2020.

Kesimpulan Analisa Saham KBAG

Menurut kami kesimpulan dari analisa saham KBAG adalah prospek saham KBAG yang cerah. Tinggal seberapa kuat isu pemindahan ibu kota diberitakan surat kabar di tahun depan. Prediksi kami isu itu terus bergulir.

Penyebabnya adalah, pemerintah sekarang entah kenapa seperti ngotot memindah ibu kota. Tentu bagi investor adalah momentum yang membahagiakan. Sehingga sentimen ibu kota baru akan sering menghiasi surat kabar. 

Kalau rekomendasi kami beli. Ini perjalanan panjang. Tapi memang saham ini grafiknya gila, maka kalau yang belum stabil secara psikologis, lebih baik jangan beli saham ini. Hehehe.  Semua kembali ke masing-masing. 

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *