Istimewanya Pesantren Sunan Drajat Lamongan | Sejarah Dalem Duwur

Posted by

Pesantren Sunan Drajat Lamongan dan Pesantren Dalem Duwur merupakan sejarah yang tidak terpisahkan. Oleh sebab itu kami akan mengulasnya satu persatu. 

Pesantren Dalem Duwur adalah salah satu pesantren tertua yang didirikan oleh Sunan Drajat. Lahir pada tahun 1470 masehi, nama asli Sunan Drajat adalah Abdul Qasim. 

Beliau adalah putra dari Sunan Ampel dan bersaudara dengan Sunan Bonang. Saat dewasa, setelah menguasai pelajaran dan dakwah tentang Islam, Sunan Drajat menyebarkan agama Islam di desa Drajat, Paciran, Lamongan. 

Asal Usul Sejarah Pesantren Dalem Duwur

Penjelasan singkat pada paragraf awal membuat siapa saja penasaran, bagaimana hingga akhirnya Sunan Drajat berhasil membangun pesantren Dalem Duwur Lamongan. 

pesantren sunan drajat lamongan

Setelah bermukim selama tiga tahun, Sunan Drajat mendapat ilham untuk membangun tempat berdakwah. Secara mantap, Sunan Drajat membangun lokasi dakwah diatas bukit yang agak agak tinggi, sehingga dikenal dengan nama Dalem Duwur yang berarti tempat yang tinggi. 

Artinya nama pesantren diidentikkan dengan tempat, seperti layaknya pesantren Tebu Ireng yang merujuk ke nama tempat, begitu juga dengan pesantren lainnya. 

Perjalanan Pesantren Dalem Duwur Sunan Drajat

Setelah sempat eksis pada masanya, Dalem Duwur pun sempat menghilang dari dunia dakwah Islam khususnya di kabupaten Lamongan. Hingga pada 7 September 1977, KH. Abdul Ghofur sebagai ulama setempat mendirikan Pesantren Sunan Drajat sebagai pengikat historis pesantren Dalem Duwur. 

Secara geografis, bangunan pesantren Sunan Drajat berdiri tepat diatas reruntuhan bangunan pesantren Dalem Duwur yang dulu sempat menghilang. 

Selain sebagai pendiri dan pengasuh dari pesantren Sunan Drajat, KH. Abdul Ghofur juga merupakan keturunan dari Sunan Drajat. Dengan demikian, nilai-nilai yang ada di pesantren Dalem Duwur dahulu dengan pesantren Sunan Drajat kini tidaklah jauh berbeda. 

Karena itu pula secara nama, saat ini lebih banyak yang mengenal pesantren Sunan Drajat Lamongan. Meskipun secara sejarah terikat dengan Pesantren Dalem Duwur Lamongan. 

Lembaga Pendidikan di Pesantren

Cukup banyak sektor pendidikan yang telah dibangun oleh pesantren Sunan Drajat, tidak hanya pendidikan formal, pendidikan non formal pun turut dibangun.

Pendidikan formal yang dibangun oleh pesantren Sunan Drajat antara lain: PAUD, TK Muawanah, MI Muawanah, MTs Sunan Drajat, MA Maarif 7 Banjarwati, SMK Sunan Drajat Lamongan, Madrasah Mualimin Mualimat dan Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan.

Adapun lembaga non formal yang telah dibangun oleh pesantren Sunan Drajat antara lain : Madrasah Quran, Madrasah Diniyah, Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA), Pengajian Kitab Salaf. 

Oleh sebab itu Pesantren Sunan Drajat termasuk salah satu pesantren terbaik di Lamongan karena beragam kelebihan yang dimilikinya, terutama kombinasi pendidikan antara modern dan salafiyah. 

Kegiatan di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan

Di Pesantren Sunan Drajat Lamongan, kegiatan belajar mengajar berlangsung seperti sekolah pada umumnya, terdapat juga berbagai extrakurikuler untuk mendukung kegiatan siswa di sekolah. 

Bagi santri dan santriwati yang bertempat di asrama, maka kegiatan sudah dimulai sejak pukul 03.15. Pada awal hari, santri akan sholat lail berjamaah dan melakukan jamaah subuh. 

Pengembangan bahasa dan pengajian subuh akan dilakukan mulai pukul 05.00. Sementara itu, bagi santri yang mengikuti sekolah formal, maka pada pukul 07.00 mereka akan berangkat ke sekolah. 

Lantas bagaimana dengan santri yang tidak bersekolah secara formal? Santri tetap akan melanjutkan pengajian demi pengajian hingga pukul 11.00. Setelah dhuhur, semua santri beristirahat untuk kemudian melanjutkan pengajian dan belajar hingga nanti pukul 21.45. 

Tak hanya bersifat harian, kajian mingguan dan bulanan pun ada. Dibaan, barzanji dan manakib adalah beberapa contoh pengajian mingguan. Sementara untuk kajian bulanan, ada manakib kubro, istighosah kubro, musyawarah kitab, hingga tadarus quran bil ghoib. Khas pesantren Jawa Timur umumnya. 

Pendidikan Formal di Pesantren Sunan Drajat

Bagi santri yang menghendaki bersekolah formal, maka ada yayasan pesantren Sunan Drajat juga memiliki sekolah formal tingkat SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi. 

Kegiatan di sekolah formal sangat beragam, santri MTs Sunan Drajat misalnya, selain belajar formal, mereka juga dapat mengkuti 16 extrakulikuler.

Sarana prasarananya pun juga sangat lengkap, perpustakaan Terakreditasi A, lab komputer, lab IPA hingga sarana olahragapun lengkap tersedia.  

Bagi siswa siswi SMK, ada 13 program keahlian yang tersedia, beberapa diantaranya adlah Teknik Permesinan, Teknik Bisnis dan Sepeda Motor, Teknik Kendaraan Ringan, Desain Bangunan, Akutansi, Tata Busana, Nautika Kapal, Holtikultura dan masih banyak lagi.

Pengembangan kompetensi siswa juga dilakukan dengan adanya kunjungan kerja industri dan praktik kerja industri. 

Sementara itu, untuk siswa MMA atau setingkat SMA, fokus dari yayasan pesantren Sunan Drajat adalah untuk melahirkan ulama yang intelek.

Penanaman agama begitu kental di MMA ini karena diharapkan lahir para kader agama yang tidak hanya faham soal agama saja, namun juga mumpuni dalam segi ilmu pengetahuannya. 

Jumlah Santri Pesantren Sunan Drajat

Oleh sebab itu jumlah santri pesantren Sunan Drajat Lamongan cukup banyak. Dari halaman setkab.go.id, santri pesantren ini tercatat sebanyak 12 ribuan dengan pendidik sebanyak 1.041. 

Ini termasuk pesantren dengan jumlah santri terbanyak di Indonesia selain pesantren Gontor di Ponorogo. Bahkan Pesantren Sunan Drajat Lamongan ini mampu mandiri dan memenuhi kebutuhan operasionalnya dari industri seperti air minum kemasan dan lain sebagainya. 

Biaya Masuk dan Pendaftaran Pesantren Sunan Drajat 2021

Untuk biaya pesantren Sunan Drajat Lamongan tidak mahal, sekitar 900 ribuan. Ini ciri khas pesantren yang meniatkan dirinya untuk mendidik santri sebanyak-banyaknya. Tidak mahal.

Pesantren dengan biaya demikian hingga kini terus besar seperti layaknya pesantren Langitan Tuban, Sidogiri Pasuruan, Al Anwar Sarang,  dan pesantren terbaik lainnya di Indonesia. 

Bagi anda yang ingin mendaftrakan putra putri anda ke berbagai lembaga dari yayasan Sunan Drajat, anda dapat mengakses website resminya di ppsd.or.id, dalam webiste tersebut, tersedia semua informasi yang anda butuhkan. 

Informasi ini dirangkum dari beragam sumber termasuk halaman resmi pesantren Sunan Drajat Lamongan. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *