pesantren terbaik di situbondo

5 Pesantren Terbaik di Bandar Lampung | Modern dan Tahfidz Quran

Posted by

Pesantren Terbaik di Bandar Lampung menjadi perhatian pencari pesantren di Lampung. Terutama pondok pesantren modern di Bandar Lampung. Hal ini karena banyak masyarakat mendambakan pendidikan terbaik untuk anaknya terutama memiliki nilai agama.

Oleh sebab itu kami akan mengulas pesantren terbaik berdasarkan pencarian kami, review, rating Google, dan pertimbangan subjektif lainnya dengan harapan bisa membantu para pencari informasi tentang pesantren yang bagus di Lampung. Nomor bukanlah ranking.

Pondok Pesantren Al Hikmah Bandar Lampung

Alamat lengkapnya di Sultan Agung Gang Raden Saleh Nomor 23 Way Halim, Kedaton, Bandar Lampung. Letaknya di kota. Pesantren ini memiliki sistem mirip dengan Islamic Boarding School dengan konsep pesantren modern. 

Tersedia pendidikan untuk putra dan putri dengan jenjang Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Pesantren ini di brosurnya memiliki nilai akrediasi B untuk masing-masing jenjang. Namun terlihat dari programnya pendidikan formalnya cukup bisa menjadi perhatian.

pesantren terbaik di Bandar lampung

Tandanya adalah setiap pendaftaran selalu habis sebelum akhir tahun pelajaran. Mungkin karena pendaftaran dibatasi, namun demikian secara pendidikan pesantren juga bagus. Terutama untuk pendalaman kitab kuning, khas pesantren salafiyah dengan bahsul kutub menjadi salah satu kegiatan utama. Model madrasah diniya ula, wustho, dan ulya. 

Di pesantren ini juga tersedia untuk tahfidz Quran, serta bahasa arab dan inggris, dan beberapa ekstrakurikuler yang menarik lainnya. Uniknya secara sistem dan fasilitas terlihat modern sehingga patut menjadi salah satu pesantren terbaik di Bandar Lampung. 

Adapun untuk biaya masuknya sekitar 6.9 jutaan, sedangkan aliyah di kisaran 7.1 jutaan. Adapun SPP-nya yang Tsanawiyah 775 ribuan, sedangkan yang aliyah 825 ribuan. Informasi lengkap bisa langsung kunjungi lokasinya. 

Pesantren Tahfidz Quran Miftahul Jannah

Alamatnya di Gg. Kutilang, Rajabasa Raya, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung. Pesantren ini lebih banyak fokus pada aspek tahfidz Quran sesuai dengan namanya. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Bandar Lampung. 

Memang pondok pesantren yang bagus di Lampung ini memiliki program formal tanpa pesantren. Ada pilihan seperti layaknya MAN 2 Kota Malang. Namun untuk yang asrama tersedia dua program menarik. Yang pertama adalah program reguler tahfidz, yaitu selama tiga tahun 30 juz. 

Ada juga program yang khusus untuk tahfidz Quran saja, tidak mengerjakan yang lainnya. Ditargetkan selama satu tahun sudah 30 juz, tanpa sekolah formal. Wow, cepat sekali jika dibandingkan pesantren lain seper Darul Hikam Mojokerto.

Santrinya baru ratusan, tidak terlalu banyak, gedung-gedungnya menurut kami juga standard. Untuk biaya masuknya sekitar 7.6 juta termasuk biaya seragam, asrama dan makan tiga kali. Sedangkan untuk SPP sebesar 750 ribuan. Untuk info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini.

Pesantren Anak Usia SD Al Quro

Ini adalah pesantren anak usia dini. Di Lampung sangat jarang pesantren demikian. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Bandar Lampung. Alamatnya adalah Jalan Sukarno Hatta, Resobandung, Kelurahan Labuan Ratu Raya, Bandar Lampung.

Pesantren ini didirikan oleh alumni pesantren Gontor, maka dari aspek keseharian sangat mirip dengan pola Gontor. Ini seperti pesantren tahfidz Quran Muqoddasah Ponorogo yang juga digawangi oleh kyai Gontor. 

Memang pesantren ini masih sangat baru, berdiri pada tahun 2019 yang diresmikan oleh pengasuh Yanbu’a Kudus. Namun meskipun baru pesantren ini berkembang begitu pesat dengan fasilitas seperti area berkuda dan memanah.

Yang membuat daya tarik lagi adalah, dari website ini diketahui jika santri akan mendapakan beasiswa dari muhsinin, pemiliki kelebihan harga. Bisa dikatakan ini merupakan pondok pesantren gratis di Lampung. Kita doakan semoga terus berkembang. 

Darul Fatah Sekolah Al Quran

Satu lagi pesantren dengan model Islamic Boarding School yaitu Darul Fatah dengan alamat di Jl. Kopi No.23 A Gedung Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung. Pesantren ini memiliki fokus dalam pendidikan Al Quran.

Namun demikian bukan fokus dua hal. Pertama adalah akademik formal, karena ketika pendaftaran ada jalur prestasi yang mana jika pernah menjuarai lomba seperti OSN mendapatkan jalur khusus. Sehingga santri berprestasi bisa tertarik di sini. 

Kedua adalah tahfidz Quran. Dari namanya sudah kita tahu bahwa salah satu tambahan program di sini adalah tahfidz Quran. Plus di sini santri juga digiatkan untuk qiyamullail, shalat tahajud, sehingga memupuk keimanan santri.

Sayangnya kami tidak mendapatkan informasi biaya masuk, hanya biaya pendaftarannya sebanyak 350 ribuan. Info lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di sini.

Pesantren Mahasiswa Darussa’adah

Sebenarnya pesantren ini tidak menyebut dirinya sebagai pesantren mahasiswa di Bandar Lampung. Namun demikian setiap yang nyantri bisa sambil kuliah. Oleh sebab itu kami menyebutnya dengan pesantren mahasiswa. 

Plus letaknya memang dekat dengan banyak kampus di Lampung seperti UNILA, UIN Raden Intan, UMITRA dan lain sebagainya. Alamat lengkapnya di Jln. Purnawirawan 7, Gg H Latif 1, Gunung Terang, Langkapura, Bandarlampung. 

Nah untuk pendidikan yang tersedia di pesantren ini lebih ke model pesantren yang fokus pada pendalaman kitab kuning. Seperti Nahwu Shorf, Fiqh, Tauhid, Tafsir, serta kegiatan seperti Barzanji, burdah dan lain sebagainya. Seperti pesantren di Yogyakarta.

Nah menariknya lagi, pesantren ini tidak memungut biaya, alias gratis. Inilah aspek yang paling istimewa sehingga menjadi salah satu pesantren terbaik di Bandar Lampung. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini.

Pesantren di Kemiling Dewan Dakwah Lampung

Satu lagi pesantren terbaik di Bandar Lampung yaitu pesantren Dewan Dakwah Lampung Tahfidz Quran. Alamat lengkapnya di Jl. Untung Suropati No. 70 RT/10, LK/01 Beringin Jaya Kemiling.

Pesantren ini belum lama berdiri, sejak tahun 2015, namun demikian sudah menghasilkan sekitar 19 hafidz Quran 30 juz di tahun 2019. Artinya secara pendidikan tahfidz Quran bisa menjadi pertimbangan.

Santrinya kurang lebih masih 200-an dari beragam kota di Indonesia. Khusus putra saja jenjang SMP dan SMAA. Kalau gedung-gedungnya terlihat baik dengan tata letak yang cukup nyaman. Ada Gazebo dan ruang terbuka yang cukup.

Biaya masuknya sekitar 8.2 juta, sedangkan untuk SPP setiap bulan sekitar 800 ribuan. Info lengkap bisa kunjungi langsung ke lokasi. 

Pesantren Yang Bagus di Lampung

Tentu masih banyak pesantren bagus lainnya di Bandar Lampung, namun karena keterbatasan informasi kami, maka yang dicantumkan hanya ini. Bahkan jika lembaga pendidikan Anda ingin diulas cukup mengirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *