Pesantren di Lima Puluh Kota | Rekomendasi Terbaik dan Biaya 50

Posted by

Pesantren di Lima Puluh Kota ternyata sangat banyak. Padahal wilayah ini memiliki penduduk yang tergolong sedikit jika dibandingkan dengan wilayah lain di Sumatera Barat. Oleh sebab itu sangat menarik.

Kami akan memberikan beberapa daftar Pondok Pesantren di Lima Puluh Kota, atau biasa juga ditulis dengan Limapuluh Kota. Kami sajikan berdasarkan brosur yang kami dapatkan. Nomor bukanlah ranking.

Pesantren Al Zamriyah Lima Puluh Kota

Pesantren di Limapuluh Kota yang pertama adalah Al Zamriyah. Alamat lengkapnya di Jl. Balai Rupih Nagari Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limpuluh Kota Sumatera Barat.

Pondok ini lebih condong ke Al Quran. Bahkan disebutkan belajar tilawah bersama Qori’ Internasional. Mulai dari Tahsin, Tahfidz, Seni Tilawah Al Quran dari mujawwad dan murattal, bahkan sampai Qiraat Sab’ah. Di Sumatera, jarang ada selengkap ini.

pesantren di lima puluh kota

Adapun untuk pendidikan formal tersedia SMP Quran. Kurikulumnya adalah Dinas Pendidikan, kurikulum dirasat Islamiyah, dan MTQ-an. Jadi sudah lengkap. Jika ingin mendaftar sudah dibuka sejak September.

Secara fasilitas menurut kami standard namun lengkap. Untuk biaya masuknya sebesar Rp5.000.000, sedangkan biaya bulanan sebesar Rp900.000. Masih ada uang laundry sebesar Rp100.000. Biaya ini kami dapatkan tahun 2020.

Insan Cendekia Boarding School ICBS

Berikutnya adalah Insan Cendekia yang lebih bermodel ke boarding school. Alamat lengkapnya di Jorong Lubuak Limpato, Nagari Tarantang Kecamatan Harau Kabupaten 50 Kota. Sistemnya berasrama modern.

Di antara keunggulan yang dimiliki adalah memiliki jenjang pendidikan SMP dan SMA diknas dengan nilai akreditasi A. Sehingga secara kualitas akademik tidak perlu diragukan.

Karena berbasis boarding school, maka fasilitasnya sangat lengkap. Laboratorium Fisika, Kimia, Biologi, Komputer. Masih ada gedung olah raga, ruang multimedia, mini market, masjid, dengan kualitas cukup oke.

Adapun keunggulan lainnya adalah memiliki pembinaan olimpiade. Namun secara biaya memang tinggi. Biaya awal pendidikan sebesar Rp14.800.000 dengan biaya bulanan sebesar Rp1.700.000. Ini tergolong boarding school terbaik untuk putra dan putri.

Ponpes Darul Funun Lima Puluh Kota

Pesantren di Lima Puluh Kota berikutnya adalah Ponpes Darul Funun. Alamat lengkapnya di Jalan Tanjuang Rongik, Padang Japang, VII Koto Talago, Guguak, Lima Puluh Kota Sumbar.

Pondok ini menyediakan untuk putra dan putri dengan model modern. Pendidikannya selama 6 tahun. Dengan program Tsanawiyah dan Aliyah berasrama. Yang menarik adalah muatan lokalnya.

Yaitu kajian kitab, tahfidz Quran, bahkan menyediakan komputer desain grafis, karya ilmiah, pendalaman fikih praktis, English Arabic camp. Fasilitas yang disediakan juga tergolong lengkap.

Mulai dari ruang laboratorium IPA, Komputer, training center. Kualitas standard. Bagi yang ingin daftar sudah dibuka. Biaya masuknya tergolong murah, Rp2.800.000. Adapun biaya asrama bulanan sebesar Rp700.000.

Pondok Ashhabul Quran Limapuluh Kota

Pesantren di Kabupaten Lima Puluh Kota selanjutnya adalah Ashhabul Quran. Alamat lengkapnya di Jorong Tanjung Simantuang – Situjuah Gadang Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Limapuluh Kota.

Ini pondok pesantren yang fokus pada pendidikan Al Quran sesuai dengan namanya. Adapun program unggulan yang disediakan adalah Tahfidz Quran dan hafalan mutun ilmiyah bersanad. Bahkan disini diajarkan 24 jam berbahasa arab atau inggris.

Adapun untuk program pendidikan selama tujuh tahun. Satu tahun program persiapan, kemudian setingkat SMP (I’dady) tiga tahun, selanjutnya setingkat SMA (Tsanawy) tiga tahun.

Adapun untuk biaya pendidikan di tahun 2023-2024 tergolong tinggi. Uang pangkal sebesar Rp9.000.000, uang SPP bulanan Rp1.400.000, sedangkan uang buku sebesar Rp600.000. Nantinya ada tes seleksi dulu sebelum masuk.

Nurul Ilmi Koto Kociak Sumbar

Pesantren berikutnya di Kabupaten Lima Puluh Kota adalah Nurul Ilmi. Alamat lengkapnya di Koto Kociak, Kecamatan Guguak. Pondok ini sederhana, tapi memiliki kegiatan yang cukup menarik.

Setiap bulan ada kegiatan Nonton Bareng (Nobar), masih ada lagi berenang. Hal ini menjadi daya tarik. Adapun kegiatan santri sehari-hari adalah shalat lima waktu, halaqoh Al Quran, shalat sunnah, dzikir pagi dan petang.

Ada lagi Arabic club, menghafal doa sehari-hari, membaca Hadist Arabin, kegiatan kajian dan belajar malam. Adapun secara fasilitas menurut kami sudah lengkap. Bahkan ekstrakurikulernya tersedia memanah, basket, boxing, dan lainnya.

Untuk biaya tidak terlalu mahal. Biaya masuk di tahun 2023-2024 sebesar Rp5.220.000. Adapun biaya bulanan sebesar Rp780.000. Ini salah satu pesantren rekomendasi terbaik di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *