Pesantren di Payakumbuh | Rekomendasi Terbaik dan Biaya

Posted by

Pesantren di Payakumbuh bisa dikatakan cukup melimpah. Banyak juga pondok terbaik dengan model tradisional, modern, atau bahkan sudah bersistem boarding school. Santrinya juga berasal dari beragam daerah.

Oleh sebab itu kami akan mengulas beberapa pondok pesantren terbaik di Payakumbuh berdasarkan brosur yang berhasil kami dapatkan. Kami sajikan informasi pendaftaran dan biaya masuk. Nomor bukanlah ranking.

Pesantren Ibnul Qoyyim Payakumbuh

Pesantren di Payakumbuh berikutnya adalah Ibnul Qoyyim. Dengan alamat lengkap di Jalan Masjid Simpang V Padang Kudo, Koto Tangah Payakumbuh, Sumatera Barat. Secara model, ini adalah pesantren sunnah.

Yang artinya banyak aspek penekanannya kepada sunnah. Untuk program pendidikan tersedia tingkat SMP dan SMA. Durasi pendidikan masing-masing tiga tahun. Tersedia untuk putra dan putri dengan gedung terpisah.

pesantren di payakumbuh

Adapun mata pelajaran yang diikuti adalah tahfidz Quran, aqidah, fiqih, hadist, bahasa arab, siroh, akhlaq, adab. Untuk umum tersedia bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Inggris.

Untuk ektrakurikulernya tersedia komputer, menjahit dan memasak khusus putri, sedangkan beladiri khusu putra. Adapun untuk fasilitas menurut kami sudah standard dan layak dijadikan tempat pendidikan.

Untuk biaya masuk sebesar Rp2.000.000. Belum termasuk uang seragam dua stel sebesar Rp500.000. Sedangkan spp setiap bulan sebesar Rp250.000. Biaya ini kami dapatkan di tahun 2022-2023.

Insan Cendekia Boarding School

Yang satu ini lebih ke sistem Boarding School di Payakumbuh, yaitu Insan Cendekia atau yang biasa dikenal dengan ICBS. Alamat lengkapnya di Jalan RA. Kartini, Padang Kaduduak, Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh.

Yang istimewa menurut kami unsur pendidikan formal. Di mana jenjangnya adalah SMP dan SMA dengan nilai akreditasi yang sudah A. Artinya memiliki standard yang bagus.

Adapun keunggulannya adalah, hafalan 30 juz. Menerapkan kurikulum nasional dipadukan dengan kurikulum khusus yang diadopsi dari luar negeri. Serta kombinasi keseharian bernafaskan Islam.

Sisi lain yang menjadi kelebihan menurut kami adalah unsur fasilitas. Mulai dari ruang belajar yang representatif, asrama yang asri, masjid, laboratorium yang sangat lengkap, Fisika, Kimia, Biologi, hingga Komputer.

Namun demikian biaya masuknya tergolong sangat tinggi. Di tahun 2023-2024, biaya masuk sebesar Rp14.800.000. Sedangkan biaya bulanan termasuk laundry sebesar Rp1.700.000. Nantinya jika mendaftar ada ujian tulis dan lisan.

Ponpes Khadimul Quran Payakumbuh Sumbar

Berikutnya adalah pondok pesantren Khadimul Quran. Alamat lengkapnya untuk putra di Jalan Dr. Ir. Sutami, Padang Cubadak, Kelurahan Kapalo, Koto Ampangan, Kecamatan Payakumbuh Selatan Kota Payakumbuh.

Sedangkan yang putri beralamat di Jalan Zainuddin Hamidy No. 9 (Simpang BLK), kelurahan Padang Tinggi Piliang Kecamatan Payakumbuh Barat. Sesuai dengan namanya pondok pesantren ini fokus kepada aspek Al Quran.

Secara kurikulum menggunakan sistem modern. Di mana pendidikan formal dan diniyyah tidak lagi terpisah. Yaitu TMI. Lulus SD menempuh masa pendidikan selama enam tahun, sedangkan lulusan SMP akan menempuh masa pendidikan empat tahun. Nantinya kalau lulus ada masa pengabdian satu tahun.

Secara fasilitas menurut kami masih cukup sederhana. Namun sudah memadai untuk menghafal Al Quran. Adapun biaya masuknya di tahun 2023-2024 sebesar Rp5.250.000 untuk putra dan Rp5.745.000 untuk putri.

Al Furqon Boarding School Payakumbuh

Berikutnya adalah Islamic Boarding School bernama Al Furqon Payakumbuh. Alamat lengkapnya di Jalan Tan Malaka No. KM 5, Koto Baru Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat.

Pendidikan yang disediakan di sini untuk putra dan putri. Kami lihat yang putri menggunakan cadar. Adapun standard kelulusan adalah memiliki tambahan hafalan Al Quran 5 Juz. Hafal Hadist Arbain Nawawi.

Bisa membaca kitab standar. Memiliki kemampuan komunikasi bahasa arab dan inggris secara aktif. Memiliki keahlian minimal 1 bidang eskul yang diikuti. Tersedia jenjang SMP dan SMA.

Untuk fasilitas menurut kami sudah cukup baik. Gedung-gedungnya terlihat baru dan rapi. Adapun biaya masuknya tergolong lumayan, total sebesar Rp10.570.000. Sedangkan uang bulanan sebesar Rp1.500.000.  Biaya tersebut masih ada uang tahunan sebesar Rp2.170.000.

Inilah beberapa pondok pesantren di Payakumbuh rekomendasi terbaik dari kami. Semoga bisa menjadi pilihan dan bahan pertimbangan untuk pendidikan terbaik sang anak.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *