pesantren terbaik di Majalengk

7 Pesantren Terbaik di Majalengka | Muda dan Modern

Posted by

Pesantren terbaik di Majalengka | Kabupaten Majalengka adalah salah satu kabupaten yang cukup berkembang pesat di provinsi Jawa Barat. Selain sebagai daerah industri baru, kabupaten ini juga memiliki pertumbuhan pendidikan yang baik.

Meskipun belum menjadi salah satu kota pesantren, namun Majalengka mampu hadirkan pendidikan Islam yang bagus melalui pesantren. Beberapa sekolah termasuk pondok pesantren memberikan warna lain di Majalengka.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang beberapa pesantren yang berkembang pesat di Majalengka, berikut informasi beberapa pesantren terbaik di Majalengka.

Pesantren Nurul Fajri

Pesantren ini terkenal dengan modernisasinya, bukan lekat pada image pesantren salaf dan khalaf yang biasa ada di Majalengka. Diresmikan pada tahun 2011, Nurul Fajri memiliki keunikan sistem pendidikan.

Ilmu agama seperti kajian kitab kuning, pendalaman ilmu Al Quran, pembelajaran bahasa Arab dan Inggris tentunya menjadi nilai utama dari pendidikan di Nurul Fajri, selain itu pendidikan umum seperti sains dan matematika juga diajarkan.

Lantas, apa yang menjadi keunikan dari pondok berbasis modern ini? Nurul Fajri dengan misinya, mencetak santri mandiri, mengajarkan wirausaha dalam bidang peternakan. Santri belajar cara mengelola hewan, dari pakan hingga kandang. Wow, tentu menarik sekali bukan?

Uniknya, dari halaman website diketahui uang SPP di pesantren ini gratis, hanya uang makan satu bulan sekitar Rp500.000-an. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Majalengka.

Pesantren Al Mizan

Berdiri pada tahun 1992, Al Mizan memiliki sistem pendidikan yang lengkap mulai PAUD hingga sekolah menengah. Pesantren Al Mizan, sekalipun basicnya adalah pesantren salaf namun memiliki pemberdayaan santri dan masyarakat yang cukup intens sejak awal berdirinya.

Beberapa hal yang juga membudaya di masyarakat sekitar adalah ilmu pencak silat. Tak hanya santri yang menguasai ilmu tersebut, bahkan masyarakat sekitarpun turut belajar ilmu bela diri asli Indonesia ini. Dengan demikian kiprah Al Mizan makin melekat di masyarakat sehingga perkembangannya pun cukup pesat.

Adapun website resminya di sini, https://almizanjatiwangi.or.id. Jangan keliru dengan Al Mizan yang lain, karena nama Al Mizan sebagai pesantren cukup banyak.

Pesantren Annawawiyah

Salah satu lembaga Islam klasik yang sudah mencapai hampir puncak perkembangannya adalah Pesantren Annawawiyah. Didirikan pada tahun 1950, pesantren ini pada awalnya adalah rumah untuk anak-anak belajar mengaji. Seiring dengan banyaknya peminat dan dukungan, maka para pemuka agama disekitar mendirikan pesantren Annawawiyah.

Pondok pesantren yang mengedepankan pembelajaran kitab kuning ini memiliki beragam tingkat lembaga pendidikan. PAUD, MI, MTS hingga MA didirikan untuk memenuhi hasrat masyarakat sekitar untuk belajar agama.

Hingga kini, santri Annawawiyah tidak hanya berasal dari daerah Majalengka saja, santri dari berbagai daerah juga turut menimba ilmu disana.

Pesantren Mursyidul Falah

Pesantren dengan dasar pendidikan salaf dan khalaf memang marak di Majalengka. Pendidikan dasar kitab kuning dan berbagai kajian lainnya menjadi keharusan bagi santri dan santriwati yang ingin mondok di Majalengka.

Salah satu pesantren dengan kurikulum salaf terbaik di Majalengka adalah pesantren Mursyidul Falah. Bahkan santrinya sudah mencapai 850-an, hampir seribu.

pesantren terbaik di Majalengka
Pesantren Mursyidul Falah Majalengka

Didirikan oleh ulama kharismatik Majalengka, K.H Jaja Jamaluddin beserta istri, kajian kitab banyak diampu langsung oleh beliau dan santri-santri seniornya.

Beberapa kajian kitab yang intens dipelajari adalah Tafsir Jalalain, Fathul Bari, Riyadhus Sholihin, Ihya Ulumuddin dan lain sebagainya. Selain itu, pesantren yang rutin mengadakan Dibaan pada malam Jumat ini juga membuka program khusus tahfidzul Quran. Kamu tertarik?

Pesantren Daarul Ulum

Pesantren yang memulai langkah dengan mendirikan SGI (Sekolah Guru Islam) ini merupakan salah satu pesantren terbaik yang ada di Majalengka. Berdiri pada tahun 1909 dengan santri awal 6 orang, Daarul Uluum berkembang pesat dibawah naungan pendirinya K.H Abdul Halim.

Pondok pesantren yang memiliki motto “The Central Of Excellence” ini sudah mengembangkan sayapnya. Mts Daarul Ulum, MA Daarul Uluum dan Pondok Pesantren dengan SGI nya diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi agama, bangsa dan negara.

Adapun website resminya bisa dikunjungi di sini https://daarululuum.com/.

Pesantren Al Quraniyyah

Jika Anda menginginkan pesantren khusus Al Quran di wilayah Majalengka, maka pesantren Al Quraniyyah merupakan salah satu pilihan pesantren Al Quran terbaik.

Usia pesantren ini baru belasan tahun, namun pesantren ini sudah mampu melahirkan banyak penghafal Quran. Bahkan di pesantren ini juga sudah tersedia pendidikan formal, SMP. Sehingga santri tidak perlu sekolah di luar.

Salah satu targetnya adalah memiliki kemampuan menjadi imam shalat setelah beberapa tahun masuk pesantren di wilayah Majalengka Wetan.

Inilah beberapa pesantren terbaik di Majalengka. Jika ingin ke Barat sedikit, maka akan menemukan banyak pesantren terbaik di Bandung.

Kami sengaja mengosongkan nomor tujuh agar mendapat usulan dari pengunjung PanduanTerbaik.id. Jika ada kesalahan informasi mohon bisa cantumkan di kolom komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *